DxOMark adalah standar industri tepercaya untuk pengukuran dan penilaian kualitas gambar independen dari kamera digital. Mereka memberi skor dan peringkat ponsel berdasarkan pada pengujian setiap kamera menggunakan proses yang sama dan ekstensif hingga 1.500 pengambilan gambar dan puluhan klip video dengan durasi lebih dari dua jam.

Pengujian ini melibatkan tim yang terdiri dari beberapa orang selama seminggu untuk masing-masing ponsel. Nilai untuk kualitas Foto dan Video diberikan secara terpisah, lalu menggabungkannya (skor keseluruhan) untuk melihat perbandingan cepat antara kamera ponsel-ponsel tersebut. Dan berikut 5 Hp yang menempati peringkat teratas di dunia dilihat dari segi teknologi kamera versi DxOMark yang kita bicarakan tadi:

1. Huawei P20 Pro (2018)

Huawei P20 Pro Salah Satu Hp dengan Kamera Terbaik di Dunia

Huawei P20 Pro – huawei.com

P20 Pro merupakan produk smartphone Huawei yang dirilis pada April 2018. Berukuran 6.1 inci dengan layar AMOLED FHD 1080 x 2240 pixel (408 ppi) yang memiliki berat 180 gram dan beterai Li-Po 4000 mAh (Non-removable). Ponsel pintar ini juga disertai memori internal yang berukuran <128 GB dan tidak dukung oleh memori eksternal, dan mengusung model Single/Dual Nano-SIM (2G, 3G, 4G), tergantung pada negara/wilayah dan operator.

Smartphone ini menggunakan prosesor Hisilicon Kirin 970 dengan OS Android 8.1 (Oreo) dan CPU Octa-core (2.4 GHz, 1.8 GHz), yang didukung oleh RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Dilengkapi pula oleh kamera utama 40 MP + 20 MP + 24 MP, dan kamera depan 24 MP untuk selfie atau foto narsis.

Rilis: April 2018
Ukuran: 6.1 inci
Resolusi: FHD 1080 x 2240 pixel (408 PPI)
RAM: 6 GB
ROM: 128 GB
Prosesor: Hisilicon Kirin 970
OS: Android 8.1 (Oreo)
CPU: Octa-core + micro core i7 (2,36 GHz, 1,8 GHz)
Kamera Utama: Triple Kamera dengan optik Leica
40 MP (RGB, f/1.8 aperture)
20 MP (Monochrome, f/1.6 aperture)
8 MP (Telephoto, f/2.4 aperture)
Kamera Depan: 24 MP (f/2.0 aperture) – Optik Leica
Memori Internal: Tidak didukung
Memori Eksternal: <128 GB
SIM Card: Single/Dual Nano-SIM (2G, 3G, 4G)
Baterai: Li-Po 4000 mAh (Non-removable)
Berat: 180 gram

HUAWEI P20 Pro memiliki layar OLED 6.1 inci dan gamut warna yang superior, dengan bodi yang terbuat dari panel kaca 3D melengkung yang tangguh, dengan presisi sehingga perangkat akan terasa nyaman meskipun hanya dengan satu tangan.

Ponsel ini memiliki peringkat IP67 untuk ketahanan percikan, air, dan debu di bawah standar IEC 60529 dan diuji di bawah kondisi laboratorium terkontrol. Splash, air, dan tahan debu bukan kondisi permanen dan resistensi dapat menurun seiring waktu dengan penggunaan normal. Oleh karena itu jangan mencoba mengisi daya saat basah.

Huawei P20 Pro adalah ponsel flagship dari salah satu produsen asal Tiongkok (China) yang menawarkan inovasi terbaru pada teknologi kamera smart phone. Ponsel ini sekaligus menjadi smart phone pertama di dunia yang memiliki tiga kamera belakang dengan optik Leica.

Berkat kecanggihan teknologi kamera tersebut, DxOMark, standar industri tepercaya untuk pengukuran dan penilaian kualitas gambar independen dari kamera digital, lensa dan telepon pintar,  memberi skor 109 poin untuk Huawei P20 Pro. Itu berarti ponsel ini telah mengalahkan saingannya seperti Apple iPhone X, Google Pixel 2, Samsung Galaxy S9 Plus, dan lain-lain, dari segi kualitas kameranya.

Ia memiliki kamera utama yang besar (1/1.78″), yang kira-kira dua kali ukuran chip Samsung Galaxy S9 (1/2.55). Sensor kamera utama menggunakan struktur Quad Bayer dengan jumlah piksel total 40Mp yang dapat menghasilkan data binned dalam 2 × 2 unit piksel, sehingga mampu menghasilkan foto/gambar 10Mp.

Dengan sensor tipe 1/1.7 inci, untuk fotografi cahaya rendah dan malam hari, akan tetap terlihat lebih terang dan jernih. Sensitivitas yang disesuaikan yang dapat mencapai IS0 102400, yang mampu menyamai kamera digital profesional.

Kamera 40 MP RGB yang menakjubkan yang memberikan ketajaman yang tak tertandingi, akurasi warna, fokus, dan kontras untuk setiap bidikan.

Berkat sistem lensa zoom Leica, yang memungkinkan kita untuk menangkap foto/gambar yang lebih detail dari sebelumnya. Bahkan HUAWEI P20 Pro dapat mencapai 5X Hybrid Zoom. Kita pun dapat dengan mudah merekam detail gerakan dan langsung menangkap momen-momen singkat.

Kemudian sensor monokrom kamera ponsel ini mampu meningkatkan kedalaman untuk efek bokeh simulasi, dengan detail yang lebih halus dan tingkat kebisingan yang rendah, dan meningkatkan kualitas gambar saat di-zoom maupun dalam cahaya rendah.

Perangkat ini juga sudah mendukung sensor Gravity, Ambient light, Proximity, Front fingerprint, Hall-sensor, Gyroscope, Compass, dan Colour Temperature. Dan tentu saja juga sudah mendukung NFC.

Dilengkapi pula oleh HUAWEI AI Image Stabilization yang memungkinkan kita untuk mengambil gambar dalam cahaya rendah menggunakan Mode Malam. Mode ini menyeimbangkan adegan kontras tinggi untuk foto yang jernih dan ringan di pengaturan apa pun.

Anda pun dapat mencoba mode video Super Slow Motion 960 fps untuk mengabadikan dan menikmati momen-momen hidup yang berharga.

Selain daripada itu kamera juga didukung oleh fitur 4D Predictive Focus untuk ketapan pada objek bergerak. Fitur Ultra Snapshot untuk pintasan kamera dengan menekan tombol volume bawah dua kali, perangkat hanya butuh waktu 0,3 detik meskipun dalam keadaan terkunci. Kecepatan tangkap dapat bervariasi tergantung pada kondisi pencahayaan lingkungan. kemudian Fokus Hybrid 4-in-1 Baru dengan Sensor Laser yang Di-upgrade untuk sebuah peningkatan jangkauan, dan akurasi fokus lanjutan.

Sementara di bagian depan tersedia kamera depan 24 MP, dengan teknologi pemodelan wajah 3D buatan AI untuk mengikuti kontur fitur Anda, menyesuaikan untuk selfie paling bagus. 3D Portrait Lighting juga menawarkan serangkaian efek pencahayaan berkualitas studio untuk mengubah selfie cepat menjadi potret yang mencolok.

Dengan dukungan AI, HUAWEI P20 Pro mampu mengidentifikasi, secara real-time, 19 kategori yang berbeda. Keterampilan fotografi profesional seperti pencahayaan dan pengaturan lainnya secara otomatis disesuaikan oleh AI.

Leica color dengan memanfaatkan AI bawaan pada level chipset, sistem fotografi di HUAWEI P20 Pro mampu mengenali adegan yang di-framing dan menyeimbangkan warna foto secara otomatis. Dan ketika kita mengambil sebuah foto, HUAWEI P20 Pro akan segera menawarkan saran tata letak yang cerdas untuk meningkatkan komposisi, membawa gambar ke standar profesional tanpa usaha ekstra.

Kemudian bagi anda yang suka bermain game, ponsel ini telah didukung oleh pemrosesan gambar yang revolusioner, akselerasi dengan Teknologi Turbo GPU, yang menawarkan pengalaman gaming yang mulus dan mengalir.

Kita pun tidak terlalu khawatir kehabisan waktu terlalu cepat karena daya. HUAWEI P20 Pro memiliki baterai yang sangat kuat yang mengisi baterai dengan aman dan cepat, dan mempertahankan daya yang tersisa menjadi lebih lama. Dengan HUAWEI SuperCharge baterai dapat mengisi daya dengan cepat.

[128GB] Cek Harga Official Store!

2. HTC U12+

HTC U12+ Salah Satu Hp dengan Kamera Terbaik di Dunia

HTC U12+ – htc.com

U12+ merupakan produk smartphone HTC yang dirilis pada Juni 2018. Berukuran 6 inci Super LCD 6 dengan layar Quad HD+ 2880 x 1440 pixel (18:9, 537 ppi) yang memiliki berat 188 gram dan beterai Li-Ion 3500 mAh (Non-removable). Ponsel pintar ini juga disertai memori internal yang berukuran <64/<128 GB dan memori eksternalnya yang bisa mencapai 512 GB (MicroSD), dan mengusung model Single/Hybrid Dual Nano SIM (2G, 3G, 4G), tergantung pada negara/wilayah dan operator.

Smartphone ini menggunakan prosesor Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 dengan OS Android 8.0 (Oreo) dan CPU Octa-core (2.8 GHz, 1.7 GHz), yang didukung oleh RAM 6 GB dan ROM 64/128 GB. Dilengkapi pula oleh kamera utama 12 MP (Wide-angle, ƒ/1.75) + 16 MP (Telephoto, ƒ/2.6), dan kamera depan 8 MP + 8 MP (ƒ/2.0, ƒ/2.0) untuk selfie atau foto narsis.

Rilis: Juni 2018
Ukuran: 6 inci Super LCD 6
Resolusi: Quad HD+ 2880 x 1440 pixel (18:9, 537 ppi)
RAM: 6 GB
ROM: 64/128 GB
Prosesor: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845
OS: Android 8.0 (Oreo)
CPU: Octa-core (2.8 GHz, 1.7 GHz)
GPU: Adreno 630
Kamera Utama: 12 MP (Wide-angle, ƒ/1.75)
16 MP (Telephoto, ƒ/2.6)
Kamera Depan: 8 MP + 8 MP (ƒ/2.0, ƒ/2.0)
Memori Internal: <64/<128 GB
Memori Eksternal: up to 512 GB (microSD)
SIM Card: Single/Hybrid Dual Nano SIM (2G, 3G, 4G)
Baterai: Li-Ion 3500 mAh (Non-removable)
Berat: 188 gram

HTC U12+ menghadirkan tampilan dinamis dengan teknologi Edge Sense 2.0 dan Pressure Sensitive Buttons (Tombol Sensitif Tekanan) yang membuat bagian ujung-ujungnya menjadi lebih hidup. Dengan mengusung warna Translucent Blue dibagian belakang ponsel terlihat desain tembus padang yang memungkinkan kita melihat sekilas ke dalam pengerjaan perangkat ini. Kaca 3D pada 18:9 memberikan batas-batas tipis dimana ponsel ini 2mm lebih sempit dari HTC U11.

Generasi Edge Sense terbaru yang di tanamkan dalam ponsel ini pun menawarkan fitur yang lebih berguna dan memberi kita kebebasan untuk menggunakannya dengan satu tangan atau kedua tangan. fitur baru yang lain berfungsi untuk melakukan sesuatu terhadap ponsel ini hanya dengan TAP and HOLD (tap dua kali dan tahan), dan SQUEEZE untuk memudahkan Aksesibilitas Talk Back. Dan Edge Sense 2.0 bekerja hampir pada semua aplikasi di Google Play Store.

Perlu dicatat bawa ponsel pabrikan Taiwan ini memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan percikan, air, dan debu di bawah standar IEC 60529 dan diuji di bawah kondisi laboratorium terkontrol. Meskipun Splash, air, dan tahan debu bukanlah kondisi permanen dan tentu saja resistensi dapat menurun seiring waktu dengan penggunaan normal. Oleh karena itu jangan mencoba mengisi daya saat basah.

Di bagian audio, ponsel ini menghadirkan fungsi HTC BOOMSOUND yang paling keras dan jelas melalui pemisahan woofer dan tweeter yang halus. Selain itu Earbud Digital HTC in-box dilengkapi pula oleh fitur Advanced Noise Cancellation yang bekerja secara otomatis. Itu terus memantau tingkat suara lingkungan dan dengan cepat menyesuaikan diri untuk mengkompensasi suara atau gangguan baru.

Untuk mendukung dual kamera utama, perangkat menyediakan beberapa fungsi canggih, mulai dari HDR Boost, 2 Optical Image Stabilization (OIS), Bokeh mode, Dual LED flash, AR sticker, Self timer, Face detection, Pro mode with manual control, 32 sec., long exposure dan RAW format support, dan Panorama.

Sementara untuk dual kamera depan Bokeh mode AR sticker, HDR Boost, Face unlock, Screen flash, Auto Selfie, Self timer, Live make-up (beautification mode), dan Selfie Panorama.

Sistem Ultraspeed Autofocus 2 dari HTC menawarkan pendeteksian fase dan autofokus dengan bantuan laser. Sedangkan untuk efek Bokeh, HTC U12+ menawarkan efek latar belakang lembut yang sangat alami dan artistik.

Dan kita pun bisa mendapatkan foto yang lebih halus, lebih tajam, lebih detail dengan lebih sedikit noise ketika lampu mati atau terlalu terang dengan HDR Boost 2 yang telah ditingkatkan.

Kemudian Stiker AR, untuk merangkai foto dan video Anda dengan menambahkan efek lucu dan stiker AR lucu secara real-time dengan fitur Stiker baru.

Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS) memungkinkan kita untuk mendapatkan gambar  yang jelas dan stabil saat Anda sedang bepergian. Kita pun dapat merekam video HD 1080p pada 240 frame per detik (fps) untuk video slow-motion yang menarik dan stabil.

Berkat kinerja kamera ponsel ini, DxOMark bahkan memberi skor 103 poin, yang itu berarti ia menempati posisi 2 teratas dari semua daftar kamera ponsel terbaik di dunia.

Perangkat juga sudah didukung oleh sensor terbaru seperti Ambient light, Magnetic, Proximity, Fingerprint, Motion G-sensor, Sensor Hub, Compass, dan Edge. Dan tentu saja kita sudah dapat menikmati fungsi Face Unlock di ponsel ini.

Cek Harga Official Store!

3. Huawei P20

Huawei P20 Salah Satu Hp dengan Kamera Terbaik di Dunia

Huawei P20 – huawei.com

P20 merupakan produk smartphone Huawei yang dirilis pada April 2018. Berukuran 5.8 inchi dengan layar OLED FHD 1080 x 2244 (428 PPI) yang memiliki berat 165 gram dan beterai Li-Po 3400 mAh (Non-removable). Ponsel pintar ini juga disertai memori internal yang berukuran <128 GB dan tidak didukung oleh memori eksternal, dan mengusung model Single/Dual Nano-SIM (2G, 3G, 4G), tergantung pada negara/wilayah dan operator.

Smartphone ini menggunakan prosesor Hisilicon Kirin 970 dengan OS Android 8.1 (Oreo) dan CPU Octa-core (2.36 GHz, 1.8 GHz), yang didukung oleh RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Dilengkapi pula oleh kamera utama 12 MP + 20 MP, dan kamera depan 24 MP untuk selfie atau foto narsis.

Rilis: April 2018
Ukuran: OLED 5.8 inchi
Resolusi: FHD 1080 x 2244 (428 PPI)
RAM: 4 GB RAM
ROM: 128 GB ROM
Prosesor: Hisilicon Kirin 970
OS: Android 8.1 (Oreo)
CPU: Octa-core (2.36 GHz, 1.8 GHz)
GPU: Mali-G72 MP12
Kamera Utama: Dual Kamera dengan optik Leica
12 MP (RGB, f/1.8)
20 MP (Monochrome, f/1.6)
Kamera Depan: 24 MP (f/2,0)
Memori Internal: <128 GB ROM
Memori Eksternal: Tidak didukung
SIM Card: Single/Dual Nano-SIM (2G, 3G, 4G)
Baterai: Li-Po 3400 mAh (Non-removable)
Berat: 165 gram
  • Perbedaan yang terlihat antara P20 dan P20 Pro adalah pada ukuran, resolusi, kamera utama, baterai, dan berat. Ukuran P20 Pro lebih besar 0,3 inci dari P20. Resolusi P20 sepertinya juga sedikit lebih besar dari P20 Pro (mungkin tergantung kepada regional dan negara). P20 Pro memiliki tiga kamera utama (40 MP + 20 + 8 MP), sedangkan P20 hanya memiliki dua kamera utama (12 MP + 20 MP). Dari segi baterai P20 Pro juga lebih unggul 600 mAh dari P20.

HUAWEI P20 dibuat melalui lapisan pelindung vakum ‘high-hardness‘ dan lapisan gradien optik nano-vakum. Permukaan ini sama kuatnya dengan yang ada pada produk HUAWEI lainnya, tetapi kemilau glossnya yang tinggi dapat menunjukkan sedikit tanda keausan dari waktu ke waktu. Kita sebaiknya melindunginya dengan casing yang terpasang dengan ponsel atau kotak pelindung lain yang sesuai.

Desain iluminasi Dengan bodi yang terbuat dari panel kaca yang melengkung dengan presisi yang nyaman meskipun dengan satu tangan. Presisi yang dirancang hingga ke piksel terakhir di layar RGBW 5,8 inci, menawarkan tampilan yang lebih cerah tapi dengan konsumsi daya yang lebih sedikit.

Dilengkapi fungsi tampilan Natural Tone, di mana layar secara otomatis menyesuaikan suhu warna berdasarkan pencahayaan sekitar untuk pengalaman menonton yang lebih baik.

DxOMark mengungkapkan bahwa, “Ini adalah smartphone terbaik ketiga untuk videografi yang kami uji, dengan sistem stabilisasi yang sangat efisien, autofocus yang tepat, dan rekaman detail yang layak dalam segala kondisi.” Mereka memberi skor 102 poin untuk kualitas hasil jepretan dari kamera ponsel ini. Itu berarti ponsel ini menempati urutan ke-3 setelah HTC U12+, dari daftar ponsel dengan kamera terbaik yang mereka buat.

Dengan lensa aperture yang lebar dan terkemuka di industri, perangkat ini menangani fotografi low-light dan malam hari secara langsung, sehinga mampu menghasilkan gambar yang indah, jernih, dan terang. Dan dengan HUAWEI AI Image Stabilization kita dapat mengambil gambar dalam cahaya rendah menggunakan Mode Malam. Mode ini menyeimbangkan adegan kontras tinggi untuk foto yang jernih dan ringan di pengaturan apa pun.

Sensor monokrom yang lebih besar (20 MP, f/1.6), memungkinkan kamera untuk meningkatkan kedalaman untuk efek bokeh simulasi, dengan detail yang halus dan tingkat kebisingan yang rendah. Mode ini tidak hanya berfungsi dengan baik dalam cahaya terang, tetapi juga dapat menangkap hasil yang layak dalam ruangan yang minim cahaya (indoor). Untuk yang ini, DxOMark menempatkan ponsel ini di posisi kedua teratas mengalahkan semua pesaingnya, dan hanya dikalahkan oleh saudaranya sendiri, P20 Pro.

Kita pun dapat dengan mudah merekam detail gerakan dan langsung menangkap momen-momen singkat. Fungsi 4D Predictive Focus akan membantu menangkap objek bergerak dan mendapatkan fokus dengan cepat.

Didukung oleh beberapa fitur keren, seperti Ultra Snapshot untuk pintasan kamera dengan menekan tombol volume bawah dua kali, perangkat hanya butuh waktu 0,3 detik meskipun dalam keadaan terkunci. Kecepatan tangkap dapat bervariasi tergantung pada kondisi pencahayaan lingkungan. kemudian Fokus Hybrid 4-in-1 Baru dengan Sensor Laser yang Diupgrade untuk sebuah peningkatan jangkauan, dan akurasi fokus lanjutan.

Anda pun dapat mencoba mode video Super Slow Motion 960 fps untuk mengabadikan dan menikmati momen-momen hidup yang berharga.

Untuk selfie perangkat menyediakan kamera depan CMOS 24 MP, dengan teknologi pemodelan wajah 3D buatan AI untuk mengikuti kontur fitur Anda, menyesuaikan untuk selfie paling bagus. 3D Portrait Lighting juga menawarkan serangkaian efek pencahayaan berkualitas studio untuk mengubah selfie cepat menjadi potret yang mencolok.

HUAWEI P20 mampu mengidentifikasi, secara real-time, 19 kategori yang berbeda dengan dukungan AI. Keterampilan fotografi profesional seperti pencahayaan dan pengaturan lainnya secara otomatis disesuaikan oleh AI.

Leica color dengan memanfaatkan AI bawaan pada level chipset, sistem fotografi di HUAWEI P20 mampu mengenali adegan yang di-framing dan menyeimbangkan warna foto secara otomatis. Dan ketika kita mengambil sebuah foto, HUAWEI P20 akan segera menawarkan saran tata letak yang cerdas untuk meningkatkan komposisi, membawa gambar ke standar profesional tanpa usaha ekstra.

Kemudian bagi anda yang suka bermain game, ponsel ini telah didukung oleh pemrosesan gambar yang revolusioner, akselerasi dengan Teknologi Turbo GPU, yang menawarkan pengalaman gaming yang mulus dan mengalir.

Kita pun tidak perlu terlalu khawatir kehabisan waktu untuk mengisi daya. HUAWEI P20 memiliki baterai yang sangat kuat yang mengisi baterai dengan aman dan cepat, dan mempertahankan daya yang tersisa menjadi lebih lama. Dengan HUAWEI SuperCharge baterai dapat mengisi daya dengan cepat.

HUAWEI P20 menggabungkan sistem suara Dolby Atmos® ke dalam audio smartphone, didukungan Premier 990 Kbps HWA, sehingga kita pun dapat menikmati audio Hi-Fi melalui Bluetooth (nirkabel).

Barang pasti tentu sudah didukung sensor Gravity, Ambient light, Proximity, Front fingerprint, Hall-sensor, Gyroscope, Compass, dan Colour Temperature.

Cek Harga Official Store!

4. Samsung Galaxy S9+ (2018) SM-G965F

Samsung Galaxy S9+ Salah Satu Hp dengan Kamera Terbaik di Dunia

Samsung Galaxy S9+ (2018) SM-G965F – samsung.com

Galaxy S9+ (SM-G965F) merupakan produk smartphone Samsung yang dirilis pada Maret 2018. Berukuran 6.2 inci (158.0mm) dengan layar Dual Edge Super AMOLED 2960 x 1440 (Quad HD+) yang memiliki berat 189 gram dan beterai Li-Ion 3500 mAh battery (Non-removable). Ponsel pintar ini juga disertai memori internal yang berukuran 50.3 GB dan memori eksternalnya yang bisa mencapai 400 GB (MicroSD), dan mengusung model Single/Dual Hybrid Nano-SIM (2G, 3G, 4G), tergantung pada negara/wilayah dan operator.

Smartphone ini menggunakan prosesor Exynos 9810 Octa dengan OS Android 8.0 (Oreo) dan CPU Octa-Core (2.7GHz, 1.7GHz), yang didukung oleh RAM 6 GB dan ROM 64/128/256 GB. Dilengkapi pula oleh kamera utama 12.0 MP + 12.0 MP, dan kamera depan 8.0 MP untuk selfie atau foto narsis.

Rilis: Maret 2018
Ukuran: Dual Edge Super AMOLED 6.2 inci (529 ppi))
Resolusi: 2960 x 1440 (Quad HD+)
RAM: 6 GB
ROM: 64/128/256 GB
Prosesor: Exynos 9810 Octa
OS: Android 8.0 (Oreo)
CPU: Octa-Core (2.7GHz, 1.7GHz)
GPU: Mali-G72 MP18
Kamera Utama: 12.0 MP + 12.0 MP
F1.5/F2.4 (Dual Aperture)
Kamera Depan: 8.0 MP (F1.7)
Memori Int: 50.3 GB
Memori EKS: Up to 400 GB (MicroSD)
SIM Card: Single/Dual Hybrid Nano-SIM (2G, 3G, 4G)
Baterai: Li-Ion 3500 mAh battery (Non-removable)
Berat: 189 gram

*Perbedaan yang nyata antara Galaxy S9 dan Galaxy S9+ terletak pada ukuran, kamera utama, baterai, dan berat. Galaxy S9+ lebih besar dibandingkan dengan Galaxy S9 (570 ppi), yaitu 6,2 inci (529 ppi). Galaxy S9+ memiliki dual kamera 12 MP + 12 MP F1.5/F2.4 (Dual Aperture), sementara Galaxy S9 hanya satu lensa kamera 12 MP saja. Baterai Galaxy S9+ juga lebih besar 500mAh daripada Galaxy S9. Serta baterai yang juga lebih besar 189 gram untuk Galaxy S9+. Sementara untuk fitur, sepertinya tidak ada perbedaan yang begitu berarti.

Desainnya juga ramping, layar Infinity dan bezel menyatu, sementara pemindai iris tersembunyi di dalam panel bagian atas untuk menyorot Display Infinity. Kameranya rata dengan bagian belakang sehingga sangat nyaman saat di genggam. Sementara sensor sidik jari ditempatkan secara ergonomis untuk memungkinkan Anda membuka kunci dengan satu gerakan mudah.

Didukung oleh sensor canggih seperti Iris, Fingerprint, HR, Pressure, Gyro, Proximity, Accelerometer, Geomagnetic sensor, RGB Light sensor, Barometer, dan Hall-sensor.

Perlu diingat, Galaxy S9+ juga sudah memiliki Peringkat IP68, dimana ponsel ini mampu bertahan pada perendaman hingga 1,5 meter di air tawar selama 30 menit. Jadi kita tidak perlu takut jika ponsel ini terkena percikan air dan debu.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan speaker stereo yang disetel oleh AKG, menawarkan suara murni yang lebih kuat 1,4x dari ponsel Galaxy sebelumnya. Terlebih juga terdapat fungsi Dolby Atmos dengan suara tiga dimensi seperti teater.

Untuk dual kamera utamanya ponsel ini mengandalkan kamera 12 MP + 12 MP dengan dukungan mode dual Aperture (F1.5 dan F2.4) yang dipasang di rear wide camera. Jika gelap, lensa terbuka ke mode F1.5 untuk menarik cahaya agar foto menjadi lebih terang dan jernih. Di siang hari, lensa bergeser ke mode F2.4 untuk membantu gambar menjadi lebih tajam. Dengan dua mode f-stop, Aperture Ganda yang menentukan kategori beradaptasi dengan cahaya terang dan cahaya super rendah secara otomatis.

Berkat kemampuan kamera dari ponsel ini, DxOMark memberi skor 99 poin untuk keseluruhan kinerjanya. Itu artinya, ponsel ini menempati urutan ke-4 dari daftar ponsel dengan kamera terbaik di dunia. *Nilai ini setara dengan Xiaomi Mi 8.

Setidaknya telah terdapat beberapa fungsi penting yang ditanamkan dalam perangkat ini, misalnya Dual OIS (Optical Image Stabilization), Optical zoom at 2x, Digital zoom up to 10x, Live focus with bokeh filters (background blur effect), dan Dual Capture.

Kita pun dapat memanfaatkan fungsi Super Slow-mo khusus untuk resolusi HD, dan terbatas hingga 20 pemotretan per video dengan sekitar 0,2 detik perekaman dan 6 detik pemutaran untuk setiap pemotretan. Dengan Super Slow-mo memungkinkan Anda melihat hal-hal yang mungkin Anda lewatkan dalam sekejap mata. Setel video ke musik atau ubah menjadi GIF perulangan, dan bagikan dengan ketukan.

Fitur Intelligent Scan, yang membuat dapat mengenali kita secara instan. Intelligent Scan adalah teknologi baru yang menggabungkan pengenalan wajah dan pemindaian iris untuk membuat pembukaan kunci menjadi sederhana meskipun dalam cahaya rendah.

Di Galaxy S9 tersedia pula fitur AR Emoji, yang bisa mengubah foto selfie menjadi emoji, yang dapat anda bagikan kepada yang orang lain. Kemudian fitur Live Translation, yang dapat membantu kita untuk menerjamahkan secara real-time melalui kamera.

Tak kalah penting fitur Multi Device Experience, dimana kita dapat membagikan layar ponsel Galaxy S9 dengan ponsel Samsung lainnya. Kita dapat membagikan data, video atau foto dengan mudah, dengan menyinkronkan perangkat melalui Akun Samsung.

Dengan daya 3500mAh semua aktivitas seperti Video playback dapat dilakukan sampai 18 jam, atau berselancar di internet selama 15 jam. Lagi pula ponsel ini juga mendukung Fast Charging pada kabel dan nirkabel yang kompatibel dengan WPC dan PMA, yang memudahkan Anda dalam pengisian daya kembali, tanpa menghabiskan waktu terlalu lama.

Cek Harga Official Store

6GB/64GB Coral Blue

6GB/64GB Midnight Black

6GB/64GB Lilac Purple

5. Xiaomi Mi 8 (2018)

Xiaomi Mi 8 Salah Satu Hp dengan Kamera Terbaik di Dunia

Xiaomi Mi 8 – mi.com

Xiaomi Mi 8 merupakan produk smartphone Xiaomi yang dirilis pada Juni 2018. Berukuran 6.21 inci – Super AMOLED dengan layar 2248 x 1080 FHD+ yang memiliki berat 175 gram dan beterai Li-Po 3400 mAh (Non-removable). Ponsel pintar ini juga disertai memori internal yang berukuran <64/<128/<256 GB tapi tidak terdapat slot untuk memori eksternal, dan mengusung model dual nano-SIM, tergantung pada negara/wilayah dan operator.

Smartphone ini menggunakan prosesor Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 dengan OS Android 8.1 (Oreo) dan CPU Octa-core (2.8 GHz, 1.8 GHz), yang didukung oleh RAM  sebesar 6/8 GB dan ROM 64/128/256 GB. Dilengkapi pula oleh dual kamera utama 12 MP + 12 MP (f/1.8, f/2.4), dan kamera depan 20 MP (f/2.0) untuk selfie atau foto narsis.

Rilis: Juni 2018
Ukuran: Super AMOLED  6.21 inci (402 PPI)
Resolusi: FHD+ 2248 x 1080
RAM: 6/8 GB
ROM: 64/128/256 GB
Prosesor: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845
OS: Android 8.1 (Oreo)
CPU: Octa-core (2.8 GHz, 1.8 GHz)
Kamera Utama: 12 MP + 12 MP (f/1.8, f/2.4)
Kamera Depan: 20 MP (f/2.0)
Memori Internal: <64/<128/<256 GB
Memori Eksternal: Tidak ada
SIM Card: Dual nano-SIM (2G, 3G, 4G)
Baterai: Li-Po 3400 mAh (Non-removable)
Berat: 175 gram

Bodi kaca yang melengkung pada empat sisi pada Xiaomi Mi 8 tercipta dari paduan 7000 seri aluminium. Meskipun memiliki layar AMOLED 6.21 inci, ponsel ini tetap terasa sangat tipis, ringan dan nyaman saat digenggam.

Terlebih ponsel ini memiliki kamera utama ganda berteknologi AI dengan zoom optik, dan memungkinkan untuk mengambil foto dengan cepat dengan auto focus dual pixel. Agar hasil gambar menjadi semakin menarik, ponsel ini juga menyediakan fungsi 7 Mode Pencahayaan Studio yang juga di berdayakan oleh AI, dan akan tersedia melalui OTA.

Kamera utama ini didukung oleh fungsi-fungsi canggih seperti Portrait mode with background blurring, Dual pixel autofocus, 4-axis optical image stabilizer, Single-tone flash, Low light enhancement, HDR imaging, Panorama mode, Burst mode, Face recognition, dan AI Beautify.

Mode Dot, sebuah pagi berangin yang dikelilingi oleh cahaya memantul menciptakan potret yang hidup. Mode Shutter, Sinar lembut bersinar melalui shaddows untuk menciptakan kontras yang kuat antara terang dan gelap. Mode Daun, sinar matahari melewati daun yang menggantung sehingga bintik-bintik bayangan dan cahaya berpotongan. Dan Mode Film, pencahayaan yang meniru film-film klasik dari masa lalu.

Kemudian tersedia juga fitur pengeditan video pendek yang berkualitas sinematik dan instan. Dan dengan 7 efek bertenaga AI, Anda dapat mengedit, menambahkan musik, dan mencampur warna untuk memberi nuansa trailer Hollywood pada video Anda.

Fotografi AI Scenecape secara cerdas mendeteksi dan membedakan 206 adegan yang secara otomatis menyesuaikan pencahayaan, saturasi, sehingga dapat mengoptimalkan waktu dan lainnya.

Oleh karena kemampuan kamera ponsel ini, DxOMark memberi skor Xiaomi Mi 8 sama dengan skor Samsung Galaxy S9+, 99 poin untuk keseluruhan kinerjanya. Itu artinya ponsel ini menempati urutan ke-5 dari daftar ponsel cerdas dengan kamera terbaik di dunia.

Sementara dibagian depan tersedia kamera 20 MP dengan Kemampuan analitik yang kuat berpasangan dengan teknologi piksel besar berukuran 1,8μm (4-in-1 Super Pixel). Dengan demikian kamera dari ponsel ini dapat menghasilkan selfie yang lebih jelas dan lebih terang. Terdapat pula versi terbaru 3D Beautify yang telah menggunakan AI untuk mengaburkan latar belakang dengan satu kamera (bokeh). AI menganalisis setiap fitur wajah dan membuat model 3D, yang digunakan untuk menyoroti fitur dan menangkap wajah dengan baik. Ia bahkan dapat mendeteksi sudut bidikan untuk memastikan bahwa selfie Anda selalu alami.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan dual-frekuensi GPS (ganda) dengan menggunakan kedua sinyal L1 dan L5 dalam koordinasi, sehingga Navigasi menjadi lebih akurat.

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah IR face unlock, fitur terbaru yang berfungsi untuk membuka kunci ponsel atau aplikasi yang bahkan mampu melakukannya di kegelapan. Kemudian Rear fingerprint sensor dan NFC multifungsi.

Cek Harga Official Store!


Ref: dxomark.com