Samsung merupakan salah vendor ternama yang juga ikut serta memproduksi produk ponsel pintar (smartphone) untuk Indonesia. Samsung mencoba menawarkan berbagai produk dengan berbagai seri yang disesuaikan dengan pangsa pasar dan segmen yang mereka tuju. Mulai dari seri ponsel yang berbeda kelas dengan spesifikasi dan fiturnya masing-masing, sampai dengan penawaran harga yang bermacam-macam pula. Mulai dari target kelas bawah, kelas menengah bawah, kelas menengah atas, hingga kelas atas. Semua itu tidak lain adalah untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Samsung setiap tahunnya terus memproduksi ponsel pintar (smartphone) dengan berbagai spesifikasi dan fitur terbaru agar tidak tertinggal dari Kompetitor mereka. Begitu pula pada prosesor (chipset) yang mereka gunakan atau kembangkan, salah satunya dengan menggunakan prosesor MediaTek. Masing-masing prosesor tentu saja memiliki keunggulan masing-masing, sama halnya dengan MediaTek. Tapi kita di sini tidak membahas tentang kelebihan maupun kekurangan masing-masing prosesor melainkan ponsel Samsung yang menggunakan prosesor MediaTek. Lalu apa saja ponsel Samsung yang menggunakan prosesor MediaTek tersebut? Berikut daftarnya:

Selanjutnya: HP Samsung dengan Prosesor Exynos dan Harganya

Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G (2016)

Galaxy J2 Prime SM-G532G Beserta Harga dan Spesifikasi (Fitur) Terbaru

Galaxy J2 Prime SM-G532G – samsung.com

*Agustus 2018
> (1.5GB, 8GB) Harga: Rp 1.599.000

Galaxy J2 Prime SM-G532G merupakan produk smartphone Samsung yang dirilis pada November 2016. Berukuran 5.0 inci (126.4mm) dengan layar 540 x 960 (qHD) yang memiliki berat 160 gram dan beterai Li-Ion 2600 mAh (Removable). Ponsel pintar ini juga disertai memori internal yang berukuran 3.3 GB dan memori eksternalnya yang bisa mencapai 256 GB (MicroSD), dan mengusung model Dual Micro-SIM (2G, 3G, 4G).

Smartphone ini menggunakan chipset Mediatek MT6737T dengan OS Android 6.0 (Marshmallow) dan CPU Quad-Core (1.4GHz), yang didukung oleh RAM sebesar 1.5 GB dan ROM 8 GB. Dilengkapi pula oleh sensor kamera CMOS 8.0 MP untuk kamera utama, sedangkan kamera depan CMOS 5.0 MP untuk selfie atau foto diri.

Rilis: November 2016
Ukuran: 5.0 inci (126.4mm)
Resolusi: 540 x 960 (qHD)
RAM: 1.5 GB
ROM: 8 GB
Chipset: Mediatek MT6737T
OS: Android 6.0 (Marshmallow)
CPU: Quad-Core (1.4GHz)
Kamera Utama: CMOS 8.0 MP
Kamera Depan: CMOS 5.0 MP
Memori Int: 3.3 GB
Memori EKS: Up to 256 GB (MicroSD)
SIM Card: Dual Micro-SIM (2G, 3G, 4G)
Baterai: Li-Ion 2600 mAh (Removable)
Berat: 160 gram

Untuk desain sebenarnya tidak terlalu masalah, karena Galaxy J2 Prime sudah kokoh dan cukup nyaman di genggam. Dengan ukuran layar 5.0″, sudah cukup untuk menikmati video atau gambar, meskipun resolusinya tidak terlalu tinggi.

Untuk kamera memang tidak begitu besar, 8 MP untuk kamera utama, dan 5 MP untuk kamera selfie. Untuk mendukung kinerja kamera, tersedia LED flash yang berguna pada saat cahaya minim. Kemudian dengan fitur Quick Launch, mengaktifkan kamera akan lebih mudah hanya dengan menekan tombol “Home“, meskipun dalam mode “Sleep” sekalipun.

Di ponsel juga tersedia fitur Power Saving Mode yang mampu menghemat baterai dengan mematikan aplikasi-aplikasi background yang bekerja. Kemudian Fitur Smart Switch yang dapat membuat pengiriman data lebih cepat.