Dalam dunia bisnis, perputaran karyawan menjadi masalah yang sering dibicarakan. Menurut penelitian universitas-universitas ternama dan lembaga perekonomian dunia menunjukkan bahwa perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk memberikan, mencari, melatih dan memperkerjakan karayawan pengganti yang cocok dengan perusahaan sebesar satu per lima gaji karyawan per tahun. Lambat laun akan menjadi masalah pengeluaran perusahaan yang terbesar yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan ke depannya.

Untuk menyikapinya, perusahaan memerlukan beberapa cara untuk mengurangi dan mengatasi masalah tersebut. Berikut 2 cara yang dapat membuat karyawan betah dan semangat dalam bekerja:

Cara Cerdas Memotivasi Karyawan untuk Tetap Semangat Bekerja

Semangat Bekerja – linovhr.com

Lingkungan kerja

Untuk membuat karyawan betah dalam bekerja tentunya dimulai dari hubungan antar sesama karyawan, hubungan karyawan dengan manajer atau atasan hingga tunjangan, dan gaji yang diberikan. Lingkungan kerja harus diperbaiki sehingga dapat memberikan dampak positif untuk karyawan dan dapat membuatnya betah di perusahaan. Dalam perusahaan, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai atasan untuk memperbaiki lingkungan kerja, antara lain:

– Peningkatan gaji atau menawarkan promosi

Dengan menaikkan gaji, tunjangan atau menawarkan promosi tentunya dapat membuat karyawan lebih betah dan bersemangat dalam bekerja. Namun Anda sebagai atasan juga perlu memerhatikan keuangan perusahaan agar nantinya jika Anda memberikan peningkatan gaji perusahaan Anda tidak merugi. Pastikan juga karyawan yang menerima tawaran promosi dan peningkatan gaji lebih merupakan seseorang karyawan yang bisa diandalkan, Anda perlu mempertimbangkannya dengan baik sehingga perusahaan tidak merugi.

– Pekerjaan yang dijalani antar sesama karyawan harus seimbang

Anda sebagai atasan harus mengetahui dan memperhatikan secara cermat letak kelebihan dan kelemahan karyawan Anda dan memberikannya bidang pekerjaan yang sesuai dengan daya kerja karyawan tersebut. Jika tidak, produktivitas karyawan dapat berkurang karena merasa tidak cocok dengan bidang yang digeluti dan tentunya membuat karyawan tidak betah dan bersemangat dalam bekerja.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Untuk mengurangi perputaran karyawan di perusahaan dapat dilakukan dengan cara memperbaiki praktik sumber daya manusia di perusahaan. Dapat dimulai dari melakukan pelatihan kepada karyawan. Bukan hal yang mudah untuk melakukannya karena selain keterbatasan waktu jika terjadi peningkatan permintaan dari client juga karakter karyawan itu sendiri. Anda harus bisa mengajak seluruh karyawan Anda untuk mengikuti pelatihan sehingga Anda bisa melihat dan meneliti kecerdasan, keterampilan, kreativitas, kepribadian dan komitmen karyawan kepada perusahaan.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui siapa saja yang layak berada di perusahaan Anda dan mendorong karyawan yang kurang motivasi untuk bersemangat dalam bekerja dan berusaha menjadi karyawan yang layak bekerja di perusahaan Anda. Maka, perusahaan Anda dapat mengurangi jumlah perputaran karyawan di perusahaan Anda.

Selain hal tersebut untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan perkantoran dalam memotivasi karyawan, Anda dapat mencoba menggunakan software hrd, LinovHR. LinovHR adalah the best hr software cloud sebagai aplikasi yang dapat mengelola penggajian, absensi, tunjangan, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PPH 21, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Dengan menggunakan software hrd LinovHR akan sangat memudahkan anda dalam mengurus segala urusan yang terkait sumber daya manusia perusahaan anda seperti urusan payroll, cuti, BPJS Ketenagakerjaan dan masih banyak lagi yang dapat anda lakukan dengan software hrd LinovHR.

Hal ini tentu penting sebagai salah satu cara agar karyawan merasa diayomi oleh perusahaan dan akan berujung pada motivasi karyawan untuk bekerja lebih baik sebagai salah satu feedback dengan apa yang mereka dapatkan dari perusahaan.

Tidak percaya? Coba gratis di sini untuk membuktikan kecanggihannya.

 

Content submitter:
Dani Maryadi
PT Linov Roket Prestasi
Website: http://www.linovhr.com/

error: ?