Walaupun cerita dalam film tidak selalu sama dengan cerita yang terdapat dalam novel, tetapi bagian pentingnya tetap sama atau mengikuti novel. Tentu saja, alur dalam film memerlukan penyesuaian dan terlebih lagi film hanya berdurasi beberapa jam saja. Dengan kata lain, tidak semua bagian dalam novel diambil untuk difilmkan. Film hanya menampilkan momen yang dianggap perlu dan penting untuk ditampilkan. Selama tidak terlalu jauh, tidaklah masalah.

Beberapa film Korea 2018 yang didasarkan pada cerita novel ini diantaranya adalah “Golden Slumber” yang diperankan oleh Gang Dong-Won dan Han Hyo-Joo, “Detective K: 3” yang disutradarai oleh Kim Suk-Yoon, “Mothers” yang didistribusikan oleh tvN, “Be with You” yang diperankan oleh So Ji-Sub dan Son Ye-Jin, dan “Night of 7 Years” yang diproduksi oleh CJ E&M Corp.

*.02.2018-KR| Golden Slumber (Goldeun Seulreombeo)

Film Korea Terbaik Berdasarkan Novel! Movie Terbaru 2018

Golden Slumber (Goldeun Seulreombeo)

Golden Slumber (2018) merupakan film thriller Korea Selatan berdasarkan novel Jepang 2007 dengan judul yang sama yang ditulis oleh Kōtarō Isaka, tentang seorang warga biasa yang bekerja sebagai pengantar paket Gun-Woo (Gang Dong-Won) yang terlibat dalam sebuah konspirasi pembunuhan perdana menteri yang baru terpilih. Ia terpaksa melarikan diri untuk menyelamatkan hidupnya, terlebih ketika bukti-bukti palsu yang mengarah kepadanya mulai meningkat. Sebuah film Jepang tahun 2010 dengan judul yang sama yang disutradarai oleh Yoshihiro Nakamura juga didasarkan pada novel Kōtarō Isaka ini.

Golden Slumber (2018) diproduksi oleh Zip Cinema, dan didistribusikan oleh CJ Entertainment (South Korea). Disutradarai oleh No Dong-Seok, dengan Song Dae-chan selaku produser. Sementara, Kōtarō Isaka berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Gang Dong-Won, Han Hyo-Joo, Yoon Kye-Sang, Kim Dae-Myung, Kim Sung-Kyun, dan Kim Eui-Sung. Film ini tayang perdana di Korea Selatan pada Februari 2018.

*.02.2018-KR| Detective K: 3 (Joseon Myungtamjung 3)

Film Korea Terbaik Berdasarkan Novel! Movie Terbaru 2018

Detective K: 3 (Joseon Myungtamjung 3)

Detective K: 3 (2018) merupakan film comedy crime Korea Selatan berdasarkan novel Kim Tak-Hwan tahun 2003 “Banggakbon Salinsagun,” diseting pada abad ke-18 Joseon dimana saat itu situasi politik yang rumit berada di bawah Raja Jeongjo. Bercerita ketika warga yang membaca novel komersil karya Cheong Woon Mong terbunuh, sehingga Kim Min (Kim Myung-Min) dan Seo-Pil (Oh Dal-Su) mendapat kesempatan untuk menyelidiki pembunuhan tersebut. Ini adalah seri ketiga dari franchise film Detective K, setelah film Detective K: Secret Of Virtuous Widow (2011) dan Detective K: Secret of the Lost Island (2015).

Detective K: 3 (2018) didistribusikan oleh Showbox, disutradarai oleh Kim Suk-Yoon, dengan Kim Tak-Hwan berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Kim Myung-Min, Oh Dal-Su, Kim Ji-Won, dan Lee Min-Ki. Film ini tayang perdana di Korea Selatan pada Februari 2018.

Jangan lupa: Film Indonesia 2018: Termasuk Eiffel… I’m in Love 2

*.*.2018-KR| Mothers (Your Favor)

Film Korea Terbaik Berdasarkan Novel! Movie Terbaru 2018

Mothers (Your Favor)

Mothers (2018) merupakan film drama Korea Selatan yang didasarkan pada novel “Dangshinui Bootak – My Other Mother” oleh Lee Dong-Eun (penulis) & Jeong Yi-Yong (illustrator) yang diterbitkan pertama kali pada 25 Februari 2015 oleh Esoop Publishing. Novel dengan judul “Dangboo” (secara harfiah “Permintaan”) memenangkan kontes sastra musim semi tahunan pada tahun 2013 dari surat kabar The Dong-A Ilbo. Film ini mengisahkan tentang Hyo-Jin (Lim Soo-Jung), seorang wanita 32 tahun. Dua tahun lalu, suaminya meninggal dalam kecelakaan. Suaminya memiliki anak laki-laki berusia 16 tahun, Jong-Wook (Yoon Chan-Young), dari pernikahan sebelumnya. Dan kini Hyo-Jin mulai hidup bersama dengan Jong-Wook.

Mothers (2018) didistribusikan oleh tvN, disutradarai oleh Lee Dong-Eun, dengan Lee Dong-Eun dan Jeong Yi-Yong berlaku sebagai penulis cerita dan naskah. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Lim Soo-Jung, Yoon Chan-Young, dan Han Joo-Wan. Film ini tayang perdana di Korea Selatan pada 2018.

*.*.2018-KR| Be with You/Now, I Am Coming to See You (Jigeum, Mannareo Gabmida)

Film Korea Terbaik Berdasarkan Novel! Movie Terbaru 2018

Be with You/Now, I Am Coming to See You (Jigeum, Mannareo Gabmida)

Be with You (2018) merupakan film drama fantasy romance Korea Selatan berdasarkan novel Jepang “Ima, Ai ni Yukimasu” oleh Takuji Ichikawa, tentang kehidupan Woo-Jin (So Ji-Sub) dan putranya Ji-Ho (Kim Ji-Hwan), yang ia rawat sendirian setelah istrinya meninggal dunia. Sebelum dia meninggal, dia berjanji akan kembali pada hari hujan satu tahun kemudian. Satu tahun kemudian, Soo-A muncul lagi, tapi dia tidak ingat apa-apa. Ini sekaligus menjadi remake dari film Jepang 2004 dan 2005 dengan judul yang sama yang disutradarai oleh Nobuhiro Doi.

Be with You (2018) didistribusikan oleh Lotte Entertainment, disutradarai oleh Lee Jang-Hoon, dengan Takuji Ichikawa berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: So Ji-Sub, Son Ye-Jin, Kim Ji-Hwan, Ko Chang-Seok, Lee Joon-Hyuk, Son Yeo-Eun, Lee You-Jin, Kim Hyun-Soo, dan Bae Yoo-Ram. Film ini tayang perdana di Korea Selatan pada 2018.

Kematian istrinya Soo-A (Son Ye-Jin) meninggalkan dukacita yang mendalam pada diri Woo-Jin dan putranya yang masih berusia 6 tahun Ji-Ho. Woo-Jin kadang-kadang pingsan, dan khawatir bahwa kesehatannya akan membahayakan kebahagiaan istrinya yang telah meninggal. Sementara Ji-Ho, setelah mendegar kerabatnya berspekulasi bahwa persalinannya sendiri yang membahayakan kesehatan Soo-A, dan menyalahkan dirinya sendiri atas kematian ibunya. Soo-A telah meninggalkan Ji-Ho buku bergambar; Dalam buku tersebut, Soo-A berangkat ke sebuah benda angkasa yang dia sebut “the Archive Star” tapi muncul kembali di pada musim hujan tahun berikutnya; Memutar halaman, Ji-Ho dengan penuh semangat menanti kedatangannya kembali.

Pastikan telah membaca: Film Jepang 2018 Adaptasi Novel Populer! Termasuk Rapurasu no Majo

Berjalan-jalan di hutan di luar rumah mereka, Woo-Jin dan Ji-Ho menemukan seorang wanita terlindung dari hujan, dan langsung menerimanya sebagai Soo-A. Dia tidak memiliki ingatan atau feeling terhadap identitasnya; Dia pulang untuk tinggal dengan ayah dan anak laki-laki. Kemudian Soo-A bertanya kepada Woo-Jin tentang bagaimana mereka bisa bertemu dan jatuh cinta, dia menceritakan semuanya dimulai saat berada di sekolah menengah sampai akhirnya mereka menikah. Saat musim hujan berakhir, Ji-Ho menemukan “kapsul waktu” yang dia sembunyikan bersama ibunya sebelum kematiannya. Buku harian Soo-A ada di dalam, dan versinya tentang roman Woo-Jin-Soo-A memiliki jawaban atas misteri tersebut.

*.*.2018-KR| Night of 7 Years (7 Nyeonui Bam)

Film Korea Terbaik Berdasarkan Novel! Movie Terbaru 2018

Night of 7 Years (7 Nyeonui Bam)

Night of 7 Years (2018) merupakan film action thriller Korea Selatan yang didasarkan pada novel Jung Yoo-jung dengan nama yang sama, tentang seorang pria yang berencana balas dendam pada anak laki-laki pembunuh putrinya. Pembuatan film telah dimulai pada 19 November 2015.

Seo-Won telah mengalami banyak hal sebagai anak seorang pembunuh. Dia mengetahui bahwa ayahnya dieksekusi. Tujuh tahun yang lalu, ayahnya yang mabuk, Hyun-Soo, yang bekerja sebagai pemimpin tim manajemen di sebuah bendungan, pergi ke Desa Seryeong tempat bendungan itu berada. Dia memukul seorang gadis dan melempar gadis itu ke danau. Sejak saat itu, Hyun-Soo menjadi gila karena merasa bersalah. Young-Je adalah ayah gadis yang telah meninggal dan hendak balas dendam pada Seo-Won.

Night of 7 Years (2018) diproduksi oleh CJ E&M Corp, dan didistribusikan oleh CJ Entertainment. Disutradarai oleh Choo Chang-min, dengan Ahn Eun-mi dan Yoon Kyung-hwan selaku produser. Sementara, Jung Yoo-Jung dan Jang Dong-gun berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Jang Dong-gun, Ryu Seung-ryong, Go Kyung-pyo, Moon Jeong-hee, dan Song Sae-byeok. Film ini tayang perdana di Korea Selatan pada 2018.