Tidak ada standar khusus untuk membuat daftar rekomendasi ini, seperti berdasar rating tertinggi atau yang paling kritis, tetapi hanya berdasarkan adaptasi dari novel. Mungkin mereka adalah yang terbaik, dan mungkin juga tidak, tetapi untuk sekedar berbagi informasi umum, berikut beberapa film Jepang yang merupakan adaptasi dari novel populer:

12.01.2018-JP| Itô kun A to E

Itô kun A to E

Itô kun A to E

Itô kun A to E (2018) merupakan film drama comedy Jepang berdasarkan novel dengan nama yang sama oleh Asako Yuzuki, berkisah tentang Seijiro Ito (Masaki Okada) yang memiliki penampilan yang bagus, tapi juga memiliki ego yang terlalu tinggi. Dia terlibat dengan lima wanita yang berbeda. Rio Yazaki (Fumino Kimura) adalah salah satu wanita yang terlibat dengan Seijiro Ito. Dia ingin menghidupkan kembali karirnya sebagai penulis skenario, dengan menggunakan ketidakbahagiaan orang lain.

Itô kun A to E (2018) didistribusikan oleh Showgate. Disutradarai oleh Ryuichi Hiroki, dengan Kei Haruna selaku produser. Sementara, Asako Yuzuki dan Kôhei Kiyasu berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Masaki Okada, Fumino Kimura, Nozomi Sasaki, Mirai Shida, Elaiza Ikeda, Kaho, Kei Tanaka, dan Tomoya Nakamura. Film ini tayang perdana di Jepang pada 12 Januari 2018.

27.01.2018-JP| The Crimes That Bind (Inori no Maku ga Oriru Toki)

Inori no Maku ga Oriru Toki

Inori no Maku ga Oriru Toki

The Crimes That Bind (2018) merupakan film crime mystery Jepang berdasarkan novel Inori no Maku ga Oriru Toki oleh Keigo Higashino, bercerita tentang Michiko Oshitani, yang tinggal di Prefektur Shiga, ditemukan tewas di sebuah apartemen di Tokyo. Dia dicekik sampai mati. Mutsuo Koshikawa adalah pemilik apartemen dan dia hilang. Detektif termasuk Yuhei Matsumiya (Junpei Mizobata), yang merupakan sepupu Detektif Kyoichiro Kaga (Hiroshi Abe), mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kasus ini. Mereka tidak dapat menemukan hubungan antara Michiko Oshitani dan Mutsuo Koshikawa.

Mereka segera mengetahui bahwa Michiko Oshitani datang ke Tokyo untuk mengunjungi Hiromi Asai (Nanako Matsushima). Mereka lulus dari sekolah yang sama, tapi tidak ada hubungan antara Hiromi Asai dan Mutsuo Koshikawa. Detektif Yuhei Matsumiya menemukan sesuatu di dekat tubuh Michiko Oshitani. Ada sesuatu yang memiliki nama 12 jembatan yang mengelilingi daerah Nihonbashi di Tokyo. Detektif Kyoichiro Kaga belajar dari petunjuk dan menjadi gelisah, Sepertinya ada hubungannya dengan almarhum ibunya.

The Crimes That Bind (2018) didistribusikan oleh Toho, dan disutradarai oleh Katsuo Fukuzawa, dengan Keigo Higashino berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Hiroshi Abe, Nanako Matsushima, Junpei Mizobata, Rena Tanaka, Midoriko Kimura, Setsuko Karasuma, Shota Shunputei dan Takuma Otoo. Film ini tayang perdana di Jepang pada 27 Januari 2018.

Pastikan kamu membaca: Film Jepang 2018 Adaptasi Manga! Termasuk Perfect World dan Ui Love

03.03.2018-JP| Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island

Doraemon the Movie: Nobita's Treasure Island

Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island

Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island (2018) merupakan film action adventure drama anak-anak Jepang berdasarkan seri manga Doraemon yang ditulis dan diilustrasikan oleh Fujiko Fujio and novel Treasure Island oleh Robert Louis Stevenson, bercerita tentang petualangan Doraemon, Nobita, Shizuka, Gian, dan Suneo di Laut Karibia. Nobita adalah kapten kapal dan melawan musuh-musuhnya di kapal. Shizuka diculik, dan badai menghalangi perjalanan mereka. Mini-Dora membantu Nobita dan teman-teman dalam perjalanan mereka. Ketika petualang akhirnya menemukan Pulau Harta misterius, mereka menemukan bahwa pulau ini lebih dari sekedar pulau biasa.

Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island (2018) diproduksi oleh Shin-Ei Animation, dan didistribusikan oleh Toho. Disutradarai oleh Kazuaki Imai, dengan Fujiko Fujio dan Genki Kawamura berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Wasabi Mizuta, Megumi Ohara, Yumi Kakazu, Tomokazu Seki, dan Subaru Kimura. Film ini tayang perdana di Jepang pada 3 Maret 2018.

10.03.2018-JP| Last Winter, We Parted (Kyonen no fuyu, kimi to wakare)

Kyonen no fuyu, kimi to wakare

Kyonen no fuyu, kimi to wakare

Last Winter, We Parted (2018) merupakan film drama fantasy romance Jepang berdasarkan novel Kyonen no Fuyu, Kimi to Wakare oleh Fuminori Nakamura, bercerita tentang Kyosuke Yakumo (Takanori Iwata) bekerja sebagai reportase penulis. Tunangannya adalah Yuriko Matsuda (Mizuki Yamamoto) dan mereka akan segera menikah. Untuk buku berikutnya, Kyosuke Yakumo memulai penelitian tentang kasus pembunuhan yang dibakar sampai mati yang melibatkan seorang wanita buta yang cantik. Tersangka dalam kasus ini adalah fotografer Zakayudai Kihara (Takumi Saito). Apa yang terjadi berikutnya?

Last Winter, We Parted (2018) diproduksi oleh C&I Entertainment, dan didistribusikan oleh Warner Bros. (Jepang). Disutradarai oleh Tomoyuki Takimoto, dengan Tetsuya Oishi dan Fuminori Nakamura berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Takanori Iwata, Mizuki Yamamoto, Kazuki Kitamura, Takumi Saito, dan Reina Asami. Film ini tayang perdana di Jepang pada 10 Maret 2018.

*.05.2018-JP| Yuuzai (Friend Sin)

Yuuzai

Yuuzai

Yuuzai (2018) merupakan film drama mystery Jepang berdasarkan novel dengan judul yang sama oleh Gaku Yakumaru, tentang Masuda (Toma Ikuta) yang berharap bisa menjadi jurnalis, tapi dia tidak mencapai mimpinya. Sebagai gantinya, ia mulai bekerja di sebuah pabrik kecil. Di sana, Masuda bertemu rekan sekerja Suzuki (Eita). Suzuki tidak suka berbicara dengan siapa pun di sekitarnya dan dia tidak membicarakan masa lalunya dengan siapa pun. Masuda dan Suzuki, kira-kira seumuran dan mulai membangun persahabatan. Karena sebuah kejadian, Masuda menduga Suzuki adalah pembunuh berantai yang bertanggung jawab membunuh anak 17 tahun yang lalu.

Yuuzai (2018) didistribusikan oleh Gaga Corporation, disutradarai oleh Takahisa Zeze, dengan Gaku Yakumaru berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Toma Ikuta dan Eita. Film ini tayang perdana di Jepang pada Mei 2018.

Yakinlah kamu menyukai: Film Korea Terbaik 2018 Berdasarkan Novel! Termasuk Mothers

*.*.2018-JP| Those Years, We Went After You (Ano Koro, Kimi wo Oikaketa)

Ano Koro, Kimi wo Oikaketa

Ano Koro, Kimi wo Oikaketa

Those Years, We Went After You (2018) merupakan film drama musical romance Jepang berdasarkan novel Na Xie Nian, Wo Men Yi Qi Zhui De Nu Hai oleh Giddens Ko, tentang Kosuke Mizushima (Yuki Yamada), seorang siswa sekolah menengah di suatu kota provinsi dan menikmati kehidupan yang nyaman. Suatu hari, karena lelucon Kosuke Mizushima yang berlebihan, kelasnnya menjadi terganggu. Guru menjadi marah dan membuat Mai Hayase (Asuka Saito) harus selalu mengawasi Kosuke Mizushima. Kosuke Mizushima dan semua teman-temannya “meremukkan” diri mereka pada Mai saat mereka berada di sekolah menengah. Karena insiden kecil, Kosuke Mizushima dan Mai Hayase semakin dekat. Film ini sekaligus menjadi remake dari film Taiwan 2011 You Are the Apple of My Eye (Na Xie Nian, Wo Men Yi Qi Zhui De Nu Hai) yang disutradarai oleh Giddens Ko sendiri.

Those Years, We Went After You (2018) disutradarai oleh Yasuo Hasegawa, dengan Giddens Ko and Kenzaburo Iida berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Yuki Yamada, Asuka Saito, Honoka Matsumoto, Takara Sakumoto, Naoki Kunishima, dan Keisuke Nakata. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

*.*.2018-JP| Forest of Sheep and Steel (Hitsuji to Hagane no Mori)

Hitsuji to Hagane no Mori

Hitsuji to Hagane no Mori

Forest of Sheep and Steel (2018) merupakan film comedy drama musical Jepang berdasarkan novel dengan nama yang sama oleh Natsu Miyashita, yang menceritakan tentang Naoki Tomura (Kento Yamazaki), seorang siswa SMA yang tinggal di Hokkaido. Ia bertemu dengan tuner piano Soichiro Itadori (Tomokazu Miura) di sekolahnya. Naoki bisa mencium bau hutan dari piano yang disetel oleh Soichiro. Naoki tersentuh oleh pekerjaannya dan mulai bekerja di toko alat musik tempat Soichiro bekerja. Naoki mengembangkan hubungan dengan banyak orang yang berhubungan dengan piano dan dia bertemu dengan Kazune dan Yuni. Mereka adalah sister pianis dan siswa SMA juga.

Forest of Sheep and Steel (2018) disutradarai oleh Kôjirô Hashimoto, dengan Natsu Miyashita berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Kento Yamazaki, Macaulay Callard, dan Tomokazu Miura. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

Harusnya kamu juga suka: Film Anime Jepang Terbaik 2018! Termasuk black: Book of the Atlantic

*.*.2018-JP| Recall (The Flying Tire; Soratobu Taiya)

The Flying Tire; Soratobu Taiya

The Flying Tire; Soratobu Taiya

Recall (2018) merupakan film drama Jepang berdasarkan novel Soratobu Taiya oleh Jun Ikeido, tentang seorang pengusaha yang menjalankan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, Tokuro Akamatsu (Tomoya Nagase). Suatu hari, sebuah truk milik Tokuro Akamatsu terlibat dalam sebuah kecelakaan. Sebuah ban keluar dari truk dan membunuh penumpang di mobil lain. Pada awalnya, Tokuro Akamatsu meragukan bahwa pemeliharaan yang buruk adalah penyebabnya dan dia segera menemukan cacat pada truk tersebut. Tokuro Akamatsu dituntut untuk melakukan pemeriksaan ulang oleh produsen mobil Hopu. Perusahaan bergerak perlahan dalam pemeriksaan ulang mereka yang menyebabkan Tokuro Akamatsu menyelidiki masalah itu sendiri. Dia menyingkapkan kebenaran yang Hopu coba sembunyikan.

Recall (2018) diproduksi oleh Shochiku Company; Shochiku Studio Co., dan didistribusikan oleh Shochiku Company (Jepang). Disutradarai oleh Katsuhide Motoki, dengan Jun Ikeido dan Tamio Hayashi berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Tomoya Nagase, Dean Fujioka, Issei Takahashi, Kyoko Fukada, Ittoku Kishibe, Takashi Sasano, Yasufumi Terawaki, Eiko Koike, Aran Abe, dan Tsuyoshi Muro. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

*.*.2018-JP| Call Boy (Shônen)

Shônen

Shônen

Call Boy (2018) merupakan film drama comedy Jepang berdasarkan novel dengan nama yang sama oleh Ira Ishida, tentang Ryo Morinaka (Tori Matsuzaka), seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu di sebuah bar. Dia bosan dengan kehidupannya sehari-hari dan dalam keadaan tidak bergerak. Suatu hari, temannya Shinya Tajima membawa pemilik bar ke tempat di mana Ryo Morinaka bekerja. She’s Shizuka Mido, the owner of the host bar. Segera, Ryo Morinaka mulai bekerja untuk Shizuka Mido di bar miliknya. Awalnya dia merasa malu, tapi dia memenuhi keinginan wanita itu dan membangun perasaan untuk tujuan.

Call Boy (2018) diproduksi oleh Fuji Television Network; Kyodo Television, dan didistribusikan oleh Toho Company (Jepang). Disutradarai oleh Daisuke Miura, dengan Ira Ishida dan Tsutomu Kuroiwa berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Tori Matsuzaka. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

*.*.2018-JP| Laplace’s Witch (Rapurasu no majo)

Rapurasu no majo

Rapurasu no majo

Laplace’s Witch (2018) merupakan film drama mystery thriller Jepang berdasarkan novel Rapurasu no Majo oleh Keigo Higashino, tentang dua orang yang diracuni sampai mati dengan hidrogen sulfida di sumber air panas yang terletak di berbagai daerah. Polisi bertanya kepada Profesor Shusuke Aoe (Sho Sakurai), seorang ahli geokimia, untuk menentukan apakah kematian disebabkan oleh kecelakaan aneh atau merupakan pembunuhan. Saat menyelidiki kasus tersebut, Shusuke Aoe bertemu dengan Madoka Uhara (Suzu Hirose). Dia menebak dengan benar bahwa fenomena alam akan terjadi. Polisi mulai menduga Madoka mungkin terkait dengan kematian tersebut, dan kasus ke-3 terjadi.

Laplace’s Witch (2018) diproduksi oleh Oriental Light and Magic (OLM); Rakueisha; Toho Pictures, dan didistribusikan oleh Toho Company (Jepang). Disutradarai oleh Takashi Miike, dengan Keigo Higashino dan Hiroyuki Yatsu berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Sho Sakurai, Suzu Hirose, Sota Fukushi, Tao, Masanobu Takashima, Mirai Shida, Eriko Sato, Rei Dan, Hiroshi Tamaki, Lily Franky, dan Etsushi Toyokawa. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

*.*.2018-JP| Criminal for the Prosecution (Kensatsugawa no zainin)

Kensatsugawa no zainin

Kensatsugawa no zainin

Criminal for the Prosecution (2018) merupakan film drama mystery Jepang berdasarkan novel Kensatsugawa no Zainin oleh Shusuke Shizukui, depictured Keiichiro Okino (Kazunari Ninomiya) , seorang Jaksa Penuntut Umum Muda yang ditugaskan ke departemen Kantor Jaksa Penuntut Umum Tokyo yang menangani kasus-kasus kekerasan. Dia sangat senang bekerja dengan Takeshi Mogami (Takuya Kimura) yang dia kagumi. Suatu hari, seorang pemberi pinjaman uang yang sudah tua terbunuh dan Shigeo Matsukura diidentifikasi sebagai tersangka. Dia meminjam uang dari korban. Di masa lalunya, Shigeo Matsukura bersaksi dalam kasus pembunuhan seorang gadis sekolah menengah. Takeshi Mogami menyadari kesedihan yang berat yang dibawa oleh keluarga gadis almarhum itu dan dia mencoba yang terbaik untuk membuktikan kesalahan Shigeo Matsukura.

Criminal for the Prosecution (2018) diproduksi oleh Toho Company; Toho Pictures, dan didistribusikan oleh Toho Company (Jepang). Disutradarai oleh Masato Harada, dengan Shusuke Shizukui berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Takuya Kimura, Kazunari Ninomiya, Yuriko Yoshitaka, Yutaka Matsushige, Takehiro Hira, Norito Yashima, Koji Ookura, dan Tsutomu Yamazaki. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

*.*.2018-JP| Fumiko’s Feet (Fumiko no Ashi)

Fumiko no Ashi

Fumiko no Ashi

Fumiko’s Feet (2018) merupakan film drama Jepang berdasarkan novel Fumiko no Ashi oleh Junichiro Tanizaki, tentang seorang laki-laki tua bernama Tsukakoshi. Nyonyanya adalah Geisha Fumiko dan dia terpesona oleh kakinya yang indah. Dia meminta Unokichi melukis gambar Fumiko sebagai model. Film ini adalah film kedua dalam proyek 3 bagian berjudul “Tanizaki Tribute.” Ketiga film tersebut dibuat berdasarkan novel karya Junichiro Tanizaki.

Fumiko’s Feet (2018) diproduksi oleh Libertas (co-production); TBS Service, dan didistribusikan oleh TBS Service (Jepang). Disutradarai oleh Atsushi Ueda, dengan Tomohiko Satô selaku produser. Sementara, Jun’ichirô Tanizaki berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Moemi Katayama, Yasushi Fuchikami, dan Denden. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

Sepertinya kamu juga ingin: Serial Drama Televisi Korea Terbaik 2018! Termasuk Swing Kids dan Burning

*.*.2018-JP| The Longest Picture In The World (Sekai de Ichiban Nagi Shashin)

Sekai de Ichiban Nagi Shashin

Sekai de Ichiban Nagi Shashin

The Longest Picture In The World (2018) merupakan film drama Jepang berdasarkan novel Sekai de Ichiban Nagi Shashin oleh Tetsuya Honda, tentang Hironobu (Mahiro Takasugi) yang melewati hari-harinya yang membosankan tanpa tujuan. Sampai dia menemukan sebuah kamera di sebuah toko daur ulang yang dimiliki oleh kakeknya. Kamera ini mampu mengambil foto panorama terpanjang. Kehidupan Hironobu segera berubah.

The Longest Picture In The World (2018) didistribusikan oleh Starcat; Canter, dan disutradarai oleh Shogo Kusano, dengan Tetsuya Honda berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Mahiro Takasugi dan Rina Takeda. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

*.*.2018-JP| Nakimushi Shottan no Kiseki

Nakimushi Shottan no Kiseki

Nakimushi Shottan no Kiseki

Nakimushi Shottan no Kiseki (2018) merupakan film drama Jepang berdasarkan novel otobiografi dengan nama yang sama oleh Shoji Segawa, tentang seorang anak laki-laki yang pendiam dan tidak mencolok, tapi untuk pertama kalinya, dia dikenali oleh orang-orang setelah memenangkan Turnamen Shogi Nasional Sekolah Menengah. Pada usia 26, Shoji Segawa (Ryuhei Matsuda) memiliki mimpi menjadi pemain shogi profesional ambruk akibat pembatasan usia. Setelah dia berhenti bermain shogi, dia menjadi putus asa. Dengan dukungan rekan-rekannya, termasuk Yuya Suzuki (Yojiro Noda), dan cintanya pada shogi, Shoji Segawa mulai bermain shogi lagi, dan sebuah keajaiban terjadi padanya.

Nakimushi Shottan no Kiseki (2018) diproduksi oleh F Project; Wowow Films, dan disutradarai oleh Toshiaki Toyoda, dengan Kyôichi Mori selaku produser. Sementara, Shôji Segawa dan Toshiaki Toyoda berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Ryuhei Matsuda dan Yojiro Noda. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

*.*.2018-JP| Sleeping or Waking (Netemosametemo)

Netemosametemo

Netemosametemo

Sleeping or Waking (2018) merupakan film drama Jepang berdasarkan novel Netemosametemo oleh Tomoka Shibasaki, tentang wanita berusia 21 tahun bernama Asako (Erika Karata), tinggal di Osaka. Dia jatuh cinta dengan Baku (Masahiro Higashide) yang memiliki jiwa bebas. Suatu hari, Baku tiba-tiba lenyap. 2 tahun kemudian, Asako tinggal di Tokyo dan dia bertemu dengan Ryohei (Masahiro Higashide). Dia terlihat seperti mantan pacarnya Baku, tapi dia memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Ryohei adalah seorang salaryman, dengan kepribadian yang tulus, dan Asako jatuh cinta pada Ryohei.

Sleeping or Waking (2018) diproduksi oleh C&I Entertainment, dan didistribusikan oleh Bitters End (Jepang). Disutradarai oleh Ryûsuke Hamaguchi, dengan Tomoka Shibasaki berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Masahiro Higashide, Erika Karata, Koji Seto, Rio Yamashita, Sairi Itoh, Daichi Watanabe, Koji Nakamoto, dan Misako Tanaka. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.

*.*.2018-JP| Tabineko Report (Tabineko Ripoto)

Tabineko Ripoto

Tabineko Ripoto

Tabineko Report (2018) merupakan film drama Jepang berdasarkan novel Tabineko Ripoto karya Hiro Arikawa, menceritakan tentang seorang pemuda dengan hati yang hangat Satoru (Sota Fukushi), punya kucing bernama Nana, tapi, karena keadaannya, dia tidak bisa lagi merawat Nana. Dia bepergian dengan Nana untuk mencarikan orang yang akan merawat Nana. Selama perjalanannya, ia bertemu dengan berbagai orang seperti teman masa kecilnya dan cinta pertamanya. Masa lalu dan rahasia yang tidak diketahui namanya pun terungkap.

Tabineko Report (2018) didistribusikan oleh Shochiku, dan disutradarai oleh Kôichirô Miki, dengan Hiro Arikawa dan Emiko Hiramatsu berlaku sebagai penulis. Pemeran untuk karakter utama dalam film diantaranya: Sôta Fukushi. Film ini tayang perdana di Jepang pada 2018.