Post ini ditujukan untuk anda yang baru pertama kali melakukan penerbangan. semoga artikel ini bisa sedikit membantu anda. Selanjutnya, setelah semua persiapan telah selesai, saatnya anda menuju ke bandara  tempat anda melakukan keberangkatan. Sesampainya disana, anda akan melalui beberapa hal berikut ini:

1. Drop Zone Area

Adalah wilayah parkir. Perhatikan rambu-rambunya, wilayah parkir untuk mobil dan motor itu berbeda. Nah dari sinilah anda mulai mengayunkan tangan dan melangkahkan kaki menuju gerbang keberangkatan.

 2. Menuju pintu (gerbang) keberangkatan

Sebuah terminal dalam suatu bandara terdiri dari 2 gerbang yaitu gerbang/pintu keberangkatan dan gerbang/pintu kedatangan. anda jangan sampai salah masuk.

3. Security check point

Perhatikan layar monitor di sekitar anda, disana akan tertulis waktu keberangkatan pesawat anda. Jika waktunya sudah tiba, silahkan masuk melalui pintu keberangkatan. Biasanya pintu akan dibuka untuk check-in, 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Sebelum masuk, anda harus memperlihatkan tiket terlebih dahulu kepada petugas yang menjaga pintu keberangkatan tersebut. Nah ini yang disebut dengan security check point.

 4. X-ray Scanning 1

setelah anda masuk melewati pintu keberangkatan, Selanjutnya anda akan melakukan pemeriksaan pertama. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk keamanan saat di bandara. Pemeriksaan ini dilakukan pada barang bawaan dan juga penumpang itu sendiri. Silahkan letakkan barang bawaan anda pada tempatnya dan setelahnya anda boleh lewat pintu yang disediakan. Lalu petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap anda. Nah.. ini disebut dengan X-ray scanning.

5. Chek-in Counter

Setelah melewati X-ray scanning, langkah selanjutnya adalah menuju tempat untuk melaporkan kehadiran dan keberangkat anda, serta menyerahkan barang yang akan dibagasi. Pada ruang tersebut akan terlihat berjejeran tempat-tempat seperti konter hp. Lihat bagian atasnya, disana terdapat pemberitahuan jadwal chek-in. Pemberitahuan tersebut bisa melalui layar monitor atau lainnya. Persiapkan KTP dan tiket anda, jangan lupa bawa juga barang bawaan anda kesana. Jika waktunya sudah tiba,  silahkan lakukan chek-in pada airline yang telah anda pilih saat pembelian tiket. Biasanya jadwal chek-in ini akan di buka selambat-lambatnya 90 menit sebelum keberangkatan.  Nah…proses ini disebut dengan Chek-in counter.

6. Boarding pass Area

Setelah selesai melakukan proses check-in counter, selanjutnya anda akan menuju tempat untuk menukar dan membeli boarding-pass. Teruslah berjalan menuju Ruang tunggu keberangkatan, nanti juga bakalan ketemu. Siapkan tiket dan uang untuk menukarkan dan membelinya, biasanya sekitar Rp 35.000 sampai Rp 80.000,tergantung kebijakannya.

7. X-ray scanning ke-2

setelah anda menukarkan tiket dan membeli boarding pass, selanjutnya anda akan menuju ke ruang tunggu keberangkatan. Nah.. sebelum menuju kesana anda akan melewati X-ray scanning kedua. Proses ini sama seperti X-ray scanning pertama. Langkah-langkahnya sama seperti diatas.

8. Ruang tunggu keberangkatan

setelah semuanya selesai, sekarang duduklah dengan santai di ruang tunggu keberangkatan. Tapi jangan terlalu santai juga, perhatikan layar monitor disekitar dan pasang kuping untuk mendengarkan pemberitahuan keberangkatan anda.

9. Jadwal keberangkatan masuk

Jika jadwal anda sudah masuk atau telah dipanggil atau pemberitahuannya telah ada, perhatikan layar monitor dan Perhatikan juga boarding pass anda, disana terdapat informasinya. Jika telah masuk jadwal keberangkatannya,dengarkan dan lihat pemberitahuannya termasuk pintu  yang ditentukan untuk menuju pesawat anda. Biasanya terdapat beberapa pintuk menuju pesawat. Selain diberitahukan melalui layar monitor, biasanya juga dilakukan pemanggilan. cocokan dengan data yang ada pada boarding pass , silahkan dilihat kembali boarding pass tadi. Biar lebih aman, carilah teman yang mempunyai tujuan sama.

10. Menuju pesawat

Persiapkan kembali boarding pass tadi. Lalu berjalanlah menuju pintu yang ditentukan, serahkan boarding pass tadi kepada petugas disana. Setelah selesai,terima kembali boarding pass tersebut. Silahkan berjalan menuju pesawat anda.

11. Dalam pesawat Terbang

Perhatikan kembali boarding pass tadi. Perhatikan tulisan “SEAT atau bangku”, disitu tertulis informasi tempat duduk anda. Jika seandainya tidak mengerti juga, perlihatkan kepada awak kabin (pramugari) yang ada disana. Lalu tanyakan dimana tempat duduk anda. Setelah menemukan tempat duduk anda, pasanglah sabuk pengaman, taati peraturannya, seperti mematikan hp dan hal-hal lain yang akan mengganggu navigasi pesawat atau yang mengancam keselamatan penumpang. Intinya jadilah penumpang yang baik.

12. This time to fly…

jika sudah diberitahukan bahwa pesawat sudah  siap berangkat, duduklah dan bersantailah. Bacalah do’a dan ucapkan selamat tinggal dan sampai jumpa kembali kepada sanak famili dan kampung halaman, Dan…THIS TIME TO FLY….!!