Bingung cara bikin makan siang yang enak dan sehat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama anda harus mengenali beberapa faktor yang mungkin akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya makan siang. Faktor tersebut adalah cuaca, suasana, dan dengan siapa? Setelah mengenali beberapa faktor tersebut, langkah selanjutnya adalah menentukan tempat, menu makan siang yang akan disajikan, dan kelengkapan nutrisi makanan.

Apabila semua itu dilakukan, dijamin makan siang akan berkesan dan sehat. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya.

1. Keadaan Cuaca

Hal pertama yang perlu perhatikan adalah keadaan cuaca. Mengapa cuaca? Coba bayangkan, mungkinkah anda menyajikan makanan dan minuman yang dingin disaat cuaca lagi mendung, gerimis, hujan dan dingin? Tentu saja itu tidak cocok. Tapi menu makanan yang hangat adalah yang cocok.

Begitu juga sebaliknya, jika cuaca panas, mungkin menu makanan dan minuman yang dingin lebih tepat untuk di sajikan.

2. Bersama Siapa?

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah ‘dengan siapa?’ Ingatlah setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Oleh karena itu, anda juga harus memperhatikan selera orang yang akan makan bersama dengan anda. Kenali apa kesukaannya dan apa yang tidak disukainya.

3. Suasana hati dan perasaan

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah suasana hati dan perasaan diri anda sendiri, serta suasana hati dan perasaan orang yang akan makan bersama anda, misalnya teman atau kekasih anda. Nah ini juga perlu dipertimbangkan. Apakah menurut anda, sesuatu yang tepat jika anda menyajikan makanan yang hangat-hangat dan super pedas, disaat suasana hati dan perasaan teman atau pasangan anda juga sedang panas? Tentu saja tidak tepat.

4. Tempat makanan

Berdasarkan ketiga faktor tersebut, selanjutnya adalah menentukan tempat makan siang yang tepat. Jika hujan tidak mungkin anda memilih tempat makan siang di ruang terbuka. Bila suasana hati dan perasaan anda sedang panas, tidak mungkin anda memilih tempat makan siang di ruang terbuka disaat cuaca juga panas.

5. Menu makan

Dalam menentukan menu makan siang, juga didasarkan pada ketiga faktor sebelumnya tanpa melupakan nutrisi makanan yang dibutuhkan. Bila cuaca dingin sajikanlah menu makanan yang hangat-hangat, dan sebaliknya. Jika suasana hati tidak menyenangkan seperti ‘lagi marah’ atau sebagainya, pilihlah menu makan siang yang mampu membantu meredamnya, misalnya dengan menu makanan yang manis-manis dan sebagainya.

Selain itu, sesuaikan menu makan siang yang disajikan dengan selera teman atau pasangan yang akan makan bersama dengan anda.

6. Kelengkapan Nutrisi Makanan

Nutrisi makanan juga tidak boleh dilupakan. Dari tadi pagi anda sudah melakukan banyak aktivitas yang menguras tenaga dan cairan dalam tubuh. Setelah ini anda pun masih akan melakukan aktivitas seperti itu kembali. Maka penuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Hendaknya, Utamakan makanan yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna. kelengkapan menu makan siang tersebut antara lain, adalah.

Buah-Buahan

Selain rasanya yang enak, buah-buahan juga merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, tambahkan buah-buahan ke daftar menu makan siang.

Sayuran

Ini juga termasuk kelengkapan menu makanan yang perlu ditambahkan. Kita tahu bahwa sayuran mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka tambahkanlah sayuran dalam daftar menu makan siang anda.

Jus

Selain enak, Jus juga banyak mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Minumanan ini juga cocok untuk anda tambahkan dalam daftar menu makan siang anda.

Air Putih

Apa pun menu makan anda, air putih harus ada. Tidak bisa tidak ada. Kekurangan air putih, akan mempengaruhi banyak hal, termasuk konsentrasi anda. Jadi, jangan melupakan air putih, walau menurut anda tidak penting.

Puding atau makanan penutup

terakhir adalah puding (makanan penutup). Puding juga bisa jadi penambah kebutuhan nutrisi tubuh. sajikanlah puding yang enak dengan tampilan menarik dalam menu makan siang anda. Sebenarnya puding tidak terlalu penting, namun jika anda ingin menambahkannya ke daftar menu makan siang, itu baik. Bila tidak ada, juga tidak masalah.