Ingin Punya Online Shop yang Ramai Pengunjung? Inilah yang Harus Kamu Lakukan!

tips-jualan-online-by-freepik-com

Jualan Online tidaklah semudah yang dibayangkan dan dikatakan oleh segelintir orang. Namun, perlu ilmu pengetahuan yang mumpuni, kerja keras, cara atau strategi yang tepat disertai kemauan untuk terus belajar untuk menjadi lebih baik. Terlebih lagi, sekian lama situs e-Commerce terus berdatangan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Ini membuat persaingan semakin ketat, dan jelas suatu saat nanti akan seperti pasar fisik yang terdiri dari banyak penjual. Untuk itu, banyak hal yang perlu dikaji dalam berjualan secara online tersebut. Banyak hal yang perlu dipelajari dalam berjualan secara online sebab ini adalah masalah yang cukup kompleks, namun disini kita hanya beberapa yang cukup penting untuk diketahui:

Merancang Iklan Berbasis Internet

Tips Jualan Online di Sosial Media dan Internet

Tips Jualan Online : pexel.com

Dalam merancang iklan yang berbasis di internet diperlukan pertimbangan-pertimbangan agar iklan tersebut bisa sukses di kemudian hari. Choi et.al. (1998) dan beberapa pakar lainnya menyarankan sejumlah pertimbangan sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan publikasi iklan di internet:

1. Iklan Hendaknya Menarik Secara Visual

Dalam media massa, iklan harus dipenuhi dengan paduan warna-warni yang menarik perhatian pembaca. Halaman web yang bergerak dan interaktif dipercaya mampu menarik perhatian pelanggan hingga mereka akan kembali lagi ke situs tersebut dikemudian hari.

Anda bisa perhatikan beberapa situs e-Commerce yang barasal dari dalam maupun dari luar negeri, mereka sangat menekankan tampilan iklan dibandingkan dengan teks yang cenderung menjemukkan.

2. Membidik Kelompok Tertentu

Menetapkan target baik kelompok dan atau perseorangan adalah penting dalam iklan internet. Dari berbagai penjelasan yang diberikan perusahaan e-Commerce top dunia, segmentasi yang mengarah ke komunitas dan atua personal yang akan berhasil karena persaingan yang begitu ketat antar perusahaan.

Strategi personalisasi dapat menjadikan suatu perusahaan mampu mengungguli perusahaan lain di mata pelanggan. Pelanggan lebih menyukai sesuatu yang menjadi milik pribadi, misalnya, e-Mail dengan mencantumkan “nama pribadi” orang yang dituju, penting untuk dilakukan.

Personalisasi pesan seperti itu mampu membantu perusahaan untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Kuncinya terletak pada informasi, artinya semakin menguasai informasi tentang pelanggan, maka akan semakin mampu melakukan personalisasi pelanggan. Itu berarti, perusahaan harus mempunya database tentang pelanggan yang dimiliki dan yang akan dituju.

Dalam hal ini, contoh nyata penerapan strategi personalisasi ini adalah Amazon yang mengumpulkan semua informasi tentang pelanggan sewaktu pertama kali berkunjung dan kemudian melakukan transaksi, maka dikemudian hari anda berkunjung lagi, akan muncul pesan personalisasi untuk anda.

3. Website Harus Memiliki Isi Yang Bermanfaat bagi Pelanggan

Setiap halaman dalam sebuah situs web e-Commerce harus memberikan informasi yang berharga bagi konsumen. Penting juga untuk menghindari file yang tidak berguna apalagi dalam ukuran yang cukup besar dan hanya memperlambat loading page. Agar isi situs web tersebut bermanfaat bagi konsumen, hendaknya disesuaikan dengan tujuan iklan, yaitu memberikan informasi, melakukan persuasi, mengingatkan pembeli, menambah nilai dan menghubungkan dengan halaman lain.

4. Iklan Harus Menekankan Merek dan Citra Perusahaan

Iklan beserta produk dan layanannya haruslah menekankan bahwa ia berbeda dengan iklan milik pesaing. Maka dari itu, diperlukan strategi kreatif dalam merancang iklan tersebut, seperti strategi brand Image, Strategi Positioning dan Strategi Unique Selling Proposition.

5. Iklan Tidak Terlepas dari Strategi Pemasaran

Iklan adalah bagian dari strategi pemasaran perusahaan secara keseluruhan. Perusahaan harus secara aktif berpartisipasi dalam semua jenis aktivitas di internet, seperti newsgroups, dan sebagainya. Selain itu, iklan online juga harus dikoordinasikan dengan iklan offline (iklan di luar internet).

6. Iklan Harus berhubungan dengan Proses Ordering

Ketika pelanggan tertarik setelah melihat iklan yang ditampilkan, item yang diiklankan harus bisa langsung dipesan dan dibayar dan sebaiknya juga dengan cara online.

7. Desain Iklan Internet Yang Menarik

Desain website dikatakan berhasil bila merupakan seni sekaligus ilmu. Seni dan Ilmu dalam hal ini menekankan pada tampilan secara visual maupun teks dalam iklan tersebut. Teks yang dimaksud adalah pesan, yang hendaknya harus memperhatikan 4 hal pokok yaitu: gaya, nada, kata, dan format. Seringkali ini dianggap sebagai hal sepele, namun sesungguhnya ini adalah tugas yang berat. Dalam banyak kasus, pilihan meminta bantuan dari pakar atau konsultan untuk merancang iklan internet merupakan upaya yang sangat baik.

Gehrke dan Turban (1999) mengidentifikasi 50 variabel yang bisa meningkatkan atau menurunkan kepuasan pembeli terhadap web page serta pengaruhnya pada kemauan mereka untuk membaca iklan. 50 variabel tersebut dibagi menjadi lima kategori oleh mereka berdua kemudian melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan penting antara variabel-varibel tersebut. Berikut variabel paling penting di tiap kategori tersebut:

1. Kecepatan Loading Page

Grafik dan tabel harus sederhana tapi penuh makna, serta harus sesuai dengan monitor standar. Kemudian Thumbnail (ikon graph) akan sangat mendukung bila diterapkan.

2. Isi Bisnis

Diperlukan teks yang singkat dan jelas, juga compelling page title dan header text juga akan sangat membantu.

3. Efisiensi Navigasi

Label yang jelas dan akurat, serta link yang jelas merupakan hal yang penting untuk diterapkan. Situs web pun harus sesuai dengan browser, software dan sebagainya.

4. Keamanan dan Privasi

Keamanan dan privasi pelanggan harus terjamin. Penolakan Cookies option juga penting untuk dilakukan.

5. Marketing Customer Focus

Informasi Syarat-syarat pembelian harus jelas, termasuk informasi pengiriman, kebijakan retur dan lain-lain. Halaman konfirmasi setelah pembelian juga diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Meningkatkan Jumlah Pengunjung Situs Web

Tips Jualan Online di Sosial Media dan Internet

Tips Jualan Online by freepik.com

Situs web tanpa pengunjung ibarat warung tanpa pembeli. Karena itu anda juga perlu melakukan berbagai strategi untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak dan terus meningkat. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menarik perhatian pengjung ke situs web, namun di sini akan dibahas beberapa saja, yaitu:

1. Jangan hanya Mengandalkan Situs Web Saja

Untuk menarik pengunjung dalam jumlah yang banya, anda tidak bisa mengandalkan situs web saja, tetapi juga harus ditambah dengan media tradisional.

2. Padukan Antara Nama Perusahaan dengan Nama Situs Web

Artinya, akan lebih baik jika anda menyamakan nama perusahaan dengan nama situs web. Dengan memadukan nama perusahan akan memudahkan pengunjung untuk mendatangi situs web anda. Sebagai contoh, perusahaan Wal-Mart menggunakan “Walmart.com” dan Microsoft menggunakan “www.microsoft.com. Jika demikian, pengunjung akan lebih mudah untuk mengingat situs web anda.

3. Pastikan Alamat Situs Web Selalu Muncul di Lembar Cetakan

Anda menambahkan alamat situs web disetiap lembar cetakan, baik kemasan produk, kop surat, amplop, brosur, kartu nama, papan nama, stiker, semua iklan, nota tagihan, materi iklan, hingga siaran pers.

4. Menempatkan Top List dari Sebuah Search Engine

Dengan memberikan sebuah URL, search engine (Spider) dapat secara cermat memeriksa satu per satu situs yang telah terkumpul, mengikuti dan mengindeks semua isi dan link yang terkait. Karena Spider mengindeks semua teks dalam page tersebut, maka tidak perlu lagi memberikan daftar keywords. Orang tidak perlu memberikan ringkasan atau deskripsi kepada search engine, mereka sudah terbentuk secara otomatis.

5. Memperbaiki peringkat Situs Web dalam Daftar Search engine

Hanya dengan menambahkan, mengilangkah, atau mengubah sedikit kalimat, maka perancang web akan mengubah spider dalam search engine untuk merangking teman-temannya. Untuk alasan ini, ketika sedang mendesain atau mendesain ulang sebuah situs web, perancang perl memikirkan search engine queries yang diinginkan perusahaan supaya digunakan orang ketika mereka mencoba menemukan situs tersebut. Kemudian, desainer menciptakan sebuah situs yang responsif terhadap queri-queri tersebut.

Search engine hanya menampilkan 10 situs pada setiap halamannya, itu berarti pada halaman pertama akan ditampilkan 10 title yang serupa sedangkan peringkat 11-20 akan ditampilkan pada halaman kedua. Permasalahannya, bagaimana agar situs web anda berada pada halaman pertama atau menjadi salah satu dalam 10 situs web pertama. Hal ini kompleks, tidak bisa dengan menerapkan hanya satu atau dua strategi saja, misalnya dengan menekankan pada istilah kata kunci.

6. Even, Promosi, dan Atraksi

Malakukan promosi di internet tidak berbeda dengan menyelengarakan promosi di luar internet. Anda bisa menemukan banyak situs web yang menyelenggarakan kontes, kuis kupon, dan hadiah yang dirancang untuk menarik perhatian pengujung, menjadi integral dengan perdagangan melalui internet dalam jumlah banyak, atau bahkan lebih banyak dari perdagangan di luar internet.

Dalam melakukan even promosi atau atraksi ini, anda perlu memperhatikan sejumlah pertimbangan yang disampaikan oleh Chase (1998) dan O’Keefe (1997) yaitu: target audien yang perlu dipahami, target audien harus merupakan penjelajah internet, traffic ke situs yang bersangkutan harus diperkirakan dengan cermat, dan server yang cukup handal harus disiapkan untuk menanganinya, andaikan promosi itu berhasil – apa hasil yang akan diperoleh? Penilaian, Ini diperlukan untuk anggaran dan strategi promosi, pertimbangan co-branding – banyak promosi berhasil karena mereka bekerja sama dengan dua partner handal atau lebih.

7. Obral Penjualan Khusus, Insentif Finansial dan Hadiah

Pemburu obral dapat menemukan banyak seklai obral di internet. Penjualan khusus, lelang, dan kupon, seringkali dikombinasikan dengan iklan. Hadiah dan sample gratis hampir selalu menarik perhatian, baik berupa material digital, misalnya software, foto, cetakan digital, hasil penelitian, dan non digital seperti t-shirt. Sering juga hadiah disediakan sebagai tawaran secara eksplisit untuk berpartisipasi dalam dialog atau untuk mengumpulkan data pelanggan (demografi).

8. Menciptakan Pertunjukan atau Permainan

Beberapa situs web menggunakan game untuk memasarkan produk dan menyempurnakan citra perusahaan. Situs ini mempunyai potensi untuk membangkitkan aliran pengalaman karena menyediakan berbagai tantangan kepada pengunjung aktivitas dalam pertunjukan atau permainan sering mempunyai karakter dari kontes, dimana hadiah didistribusikan lewat jaringan.

9. Menciptakan Komunitas Online

Komunitas Online mengikutsertakan orang-orang karena sangat interaktif dan rekreatif. Dengan menciptakan komunitas online ini besar kemungkinan meningkatkan loyalitas perusahaan, memperbaiki umpan balik pelanggan, dan memperbaiki pelayanan lewat tolong menolong sesama anggota. Perusahaan top seperti Bet.com, iVillage.com dan WeMedia menggunakan strategi komunitas online untuk menarik pengunjungnya.

10. Maksimalkan Traffik Situs Web dari Berbagai Sumber

Situs yang menyediakan pelayanan pengolahan informasi tingkat lanjut, misalnya search engine dan sosial media dapat menjadi lalu lints jalan raya web dengan pengunjung yang datang dan pergi ke segala arah dan menghadirkan peluang periklanan karena aliran lalu lintas lebih daripada billboard di pinggir jalan raya.

Search engine, direkotori, pusat berita, mall elektronik dapat menarik ratusan ribu pengunjung setiap hari. Beberapa situs ini merupakan titik masuk ke web untuk banyak orang dan dikenal sebagai portal. Contoh portal yang suses adalah Yahoo, America Online, Google, Altavista, dan sebagainya.

11. Ciptakan Pusat Pelayanan Pelanggan

Banyak organisasi menggunakan situs web mereka untuk mendukung tahap kepemilikan siklus hidup pelayanan pelanggan. Contohnya Adobe, yang menyediakan dukungan untuk melakukan download, terhadap software yang telah diupdate, atau Fuji film yang menyediakan fasilitas tanya jawab secara online.

12. Menjadi Sponsor Eksklusif

Sebuah organisasi mungkin menjadi sponsor eksklusif dari even tertentu yang menarik perhatian dan menggunakan situs web mereka untuk menjangkau pelanggan. Menjadi Sponsorship ini mempunya potensi lalu lintas yang luas dan menarik pengunjung dalam periode yang pendek, misalnya piala Dunia.

Menjadi Sponsorship juga bisa menyempurnakan citra dari perusahaan dengan ketentuan tepat waktu, eksklusif dan mempunyai sponsorship di depan nilai informasi. Beberapa perusahaan yang bisa dicontoh adalah, Coca-Cola dan IBM yang menarik perhatian pelanggan mereka dengan menggunakan strategi sponsor eksklusif untuk menarik pengunjungnya.


Featured Image by Pressfoto / Freepik

You may also like...