Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, web browser dapat diartikan sebagai software yang digunakan untuk searching di internet. Dengan web browser setiap pengguna bisa menemukan berbagai informasi melalui search engine yang telah tersebar di internet.

Saat ini ada banyak web browser yang bisa digunakan. Setiap web browser tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Meskipun begitu, pada dasar fungsi utamanya tetap sama yaitu untuk keperluan searching di internet. Berikut beberapa macam web browser yang paling populer di seluruh penjuru dunia.

Web Browser: Google Chrome

Chrome merupakan web browser open source yang dikembangkan oleh Google Inc. Web browser ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 menggunakan layout engine Webkit.
Salah satu keunggulan dari web browser ini adalah tersedianya berbagai macam add-ons yang membantu memudah suatu pekerjaan para penggunanya. Selain itu, dengan tampilan yang sederhana dan kecepatan menciptakan pengalaman searching di internet menjadi lebih baik.
Berkat dukungan operating system android, menjadikan chrome sebagai web browser populer di kalangan pengguna smartphone. Pasalnya setiap Smartphone dengan OS yang berbasis Android secara otomatis telah terdapat Web browser ini.

Web Browser: Mozilla Firefox

Mozilla firefox merupakan web browser open source yang dikembangkan oleh Mozilla Corporation. Firefox ini dibangung dengan Gecko layout engine. Salah satu keunggulan dari Firefox adalah tersedianya berbagai macam add-ons yang bisa digunakan untuk keperluan tertentu. Pengguna hanya perlu mendownload lalu melakukan instalasi pada Firefox tersebut.

Web Browser: Internet Explorer

Internet Explorer atau IE adalah sebuah web browser yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Biasanya web browser ini telah terinstal secara otomatis pada Operating System berbasis windows. Salah satu fitur unggulan dari web browser ini adalah web slice, yaitu pilihan akses langsung di favorit bar yang muncul setiap kali browser web dibuka.

Web Browser: Safari

Safari adalah web browser yang dikembangkan oleh Apple Inc. Safari dibangun dengan browser engine WebKit yang merupakan browser engine pertama yang lulus test Acid3. Awalnya safari ini hanya berlaku pada OS yang berbasis Macintosh, namun sekarang web browser ini telah open source, sehingga bisa digunakan pada OS yang lain.

Web Browser: Opera

Opera adalah web browser open source yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Salah satu andalah Web browser ini adalah Opera widgets, yaitu aplikasi web kecil yang bisa dijalankan bersamaan dengan opera. Opera widgets tersebut digunakan untuk tujuan tertentu sesuai keinginan pengguna, sama seperti add-ons pada Firefox.

Web Browser: Flock

Flock adalah web browser yang dibangun dengan code mozilla firefox. Flock merupakan web browser yang khusus menyediakan social networking dan web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan pengguna dalam mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki.

Web Browser: K-Meleon

K-Meleon merupakan web browser open source yang dirilis di bawah lisensi GNU General Public. Web browser ini dibangun di atas Gecko layout engine yang sama seperti digunakan Firefox. K-Meleon berjalan di platform Microsoft Windows (win32) operating system.

Web Browser: SeaMonkey

SeaMonkey adalah sebuah projek komunitas untuk menjadikan untuk menjadikan SeaMonkey satu untuk semua internet application suite.Projek SeaMonkey merupakan kelanjutan konsep dari software suite populer yang terlebih dahulu dibuat oleh Netscape dan Mozilla. SeaMonkey terdiri dari internet browser, email, newsgroup client, HTML editor, IRC chat dan web development tools.

Web Browser: Camino

Camino adalah web browser yang berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna Mac OS X menjadi lebih baik. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful. Namun Camino hingga saat ini hanya bisa diinstal pada OS yang berbasis Mac.

Web Browser: Konqueror

Konqueror merupakan Web browser yang menyediakan file viewer yang bisa mengexplore berbagai file di komputer. Konqueror telah mendukung protokol seperti FTP dan SFTP/SSH browser, Samba (microsoft file sharing) browser, HTTP browser, IMAP mail client, ISO (CD image) viewer, VNC viewer dan sebagainya. Bagi pengguna windows, Untuk menginstal Konqueror tersebut terlebih dahulu harus melakukan instalasi KDE, yaitu desktop enviroment di keluarga unix.