Sama halnya dengan shorten URL dari google (goo.gl), AdFly juga berfungsi untuk memperpendek url asli (permanen) menjadi lebih pendek lagi. Perbedaannya adalah, jika mempersingkat url melalui ‘goo.gl’, maka anda tidak akan melewati halaman “skip ad” dan tidak ada bayaran. Tetapi jika mempersingkat url melalui AdFly dengan memilih “adverstising type” pada bagian “view less options”, maka anda akan melewati halaman “skip ad” dan ada bayaran. Namun, anda juga bisa memperpendek url melalui AdFly, tanpa dengan melewati halaman “skip ad”, namun tidak ada bayaran (seperti goo.gl).

Melewati halaman “skip ad”?, apa maksudnya?. Biar lebih paham, silahkan klik url berikut ini, nanti akan terbuka pada tab baru.
http://adf.ly/1OIzJ5

Memperpendek url, tanpa melewati halaman “skip ad”?, apa maksudnya?. Coba klik url berikut ini, nanti akan terbuka pada tab baru.
http://goo.gl/3Wt4r0

Bagaimana?, sekarang apakah anda sudah cukup paham dengan perbedaan antara ‘memperpendek url dengan melewati halaman iklan dan dibayar’ dengan ‘memperpendek url tanpa melewati halaman iklan dan tidak dibayar’?.

Yap, begitulah kira-kira fungsi dari AdFly. Dimana, ketika anda menggunakan tipe ‘adverstising type’, setiap orang yang ingin mengunjungi suatu laman anda, memaksa mereka untuk melihat iklan selamat 5 detik terlebih dahulu, sebelum bertemu dengan laman yang sebenarnya akan dituju.

Fungsi dan Kegunaan AdFly?

Tentu saja tidak. AdFly juga memberikan beberapa pilihan program untuk publishernya agar dapat memaksimalkan keuntungan mereka. Pada bagian menu “tools” anda akan melihat beberapa pilihan yang disediakan oleh AdFly. Namun, pada kali ini kita hanya akan membahas pilihan program yang paling populer. Berikut ulasannya.

1. Full Page Script

Full page script merupakan script yang berfungsi untuk memperpendek secara otomatis setiap link yang ada di suatu situs. Dikarenakan setiap url pada situs tersebut diperpendek, maka ketika ada pengunjung yang mengunjungi laman apapun pada situs tersebut, pengunjung tersebut akan diarahkan ke halaman “skip ad’ terlebih dahulu, sebelum ke laman yang sebenarnya dituju.

Biasanya Full page script ini digunakan oleh mereka yang memiliki banyak (1000 atau lebih) URL didalam situs mereka. Bahasa kasarnya, malas untuk memperpendek URL secara manual.

Apa kelebihan ‘full page script’?

Seperti yang dijelaskan tadi, ketika anda menyimpan script ini di situs anda, maka tidak perlu lagi memperpendek secara manual. Sebab semua URL akan diperpendek secara otomatis.

Apa kekurangan ‘full page script’?

Pastinya, jumlah pageview situs anda akan berkurang. Mengapa?. Karena orang akan malas untuk mengunjungi situs anda.

2. Website Entry Script

Website entry script merupakan script yang berfungsi untuk me-refresh secara otomatis laman menuju laman ‘skip ad’ lalu kembali lagi ke laman yang sebenarnya dituju. Setiap laman yang ada pada suatu situs, akan me-refresh secara otomatis ketika semua bagian dari laman tersebut tampil sempurna di browser.

Apa kelebihan ‘website entry script’?

Sebenarnya hampir sama dengan ‘full page script’, yaitu menuju halaman ‘skip ad’ terlebih dahulu, agar dapat membaca artikel tertentu pada situs tersebut.
Website entry script akan bekerja otomatis pada setiap laman pada situs, bahkan homepage sekalipun. Kecuali jika menggunakan cara tertentu untuk mengatasinya.

Apa kekurangan ‘website entry script’?

Sama dengan ‘full page script’, pengunjung akan malas untuk kembali berkunjung ke situs tersebut, sebab ‘apa-apa di skip ad’. Akhirnya, jumlah pengunjung dengan pageview situs tersebut menjadi berkurang.

3. Pop Ads

Cara kerja dari ‘pop ads’ ini sama dengan cara kerja dari iklan pop ads lain. Iklan akan muncul tiba-tiba, ketika terjadi klik pada laman tertentu (klik sembarang tempat). Pada ‘pop ads’ ini juga terdapat pilihan jenis iklan ‘pop under’. Iklan ‘pop under’ adalah iklan yang akan muncul tiba-tiba pada tab baru ketika terjadi klik di sembarang tempat pada laman situs. Anda dapat mengatur jumlah klik untuk pop ads dan pop under yang akan menampilkan iklan per pengunjung.

Apa kelebihan “pop ads dan pop under”?

Iklan pop ads dan pop under tidak akan mengganggu laman yang dituju. Dengan kata lain, tidak ada ‘skip ad’. Sebab iklan akan langsung ditampilkan pada tab baru atau browser baru.

Selain itu, pilihan ini juga dapat meminimalisir pengurangan pengunjung situs, jika dibandingkan dengan pilihan lain. Dikalangan blogger “pop ads dan pop under” lebih populer dari pada pilihan lain.

Apa kekurangannya “pop ads dan pop under”?

Biasanya pengunjung akan mengeluh jika mereka mengunjungi situs tersebut melalui mobile (handphone, smartphone). Sebab, jika pengunjung melakukan klik, akan muncul iklan (download, instalasi, dan sejenisnya) secara tiba-tiba.

Anda dapat menggabungkan ketiga jenis iklan tersebut, lalu menggunakannya secara bersamaan.

Keunggulan AdFly

Kelebihan AdFly

Berdasarkan pengalaman dari berbagai sumber, Berikut akan dijelaskan kelebihan dari AdFly.

1. Mudah untuk bergabung dan menggunakannya

Artinya anda tidak ada syarat khusus yang diberlakukan untuk bergabung. Mungkin pengecualiannya, hanya untuk situs yang melanggar hukum. Selain itu untuk menggunakannya juga tidak sulit.

2. Tidak banyak persyaratan

Anda tidak perlu mendaftarkan situs, atau menunggu review dan sebagainya. Sebab setelah anda resmi bergabung sebagai publisher di AdFly, maka anda bisa langsung menggunakannya.

3. Tidak harus punya situs, blog, atau web untuk mendapatkan uang dari AdFly

Jika anda tidak mempunyai situs, blog, atau web, anda dapat menggunakan media sosial, misalnya Twitter, Facebook, Google plus, dan sebagainya untuk menggunakan fitur ‘Shorten URL’. Namun anda tidak dapat menggunakan pilihan yang ada dibagian “tools”.

Bahkan anda bisa memperpendek URL laman tertentu situs orang lain dengan menggunakan akun anda, lalu menerbitkannya di media sosial milik anda. Seandainya terjadi klik ‘skip ad’ pada URL yang telah diperpendek tersebut, maka anda yang akan mendapatkan uang.

Lalu timbul pertanyaan, apakah pemilik situs tersebut akan dirugikan?. Jelas tidak, tapi justru akan menguntungkan mereka. Sebab anda menyebarluaskan artikel mereka, sehingga pengunjung situs mereka akan semakin banyak.
Namun, sebagian pemilik situs juga ada yang tidak suka dengannya. Pastinya mereka punya alasan tersendiri. Lebih baik lagi jika anda meminta izin terlebih dahulu.

4. Memiliki fitur yang cukup lengkap

Mulai dari fitur “shorten url”, laporan klik, laporan penghasilan hingga pembayaran. Pada bagian tools juga terdapat berbagai pilihan program iklan untuk memaksimalkan pendapatan.

5. Menerima pembayaran melalui Paypal dan Payoneer.

Ini bisa menjadi kekurangan, namun juga bisa menjadi kelebihan. Bagi mereka yang tidak memiliki akun Paypal atau payoneer, mungkin hal ini akan menjadi masalah. Namun bagi yang telah memilikinya, mungkin tidak menjadi masalah. Untuk Paypal menimum payout $5, sedangkan Payoneer $10.

6. Dan lain-lain

Silahkan baca artikel lain yang berkaitan dengan kelebihan dari AdFly, untuk mengetahui selengkapnya.

Kekurangan AdFly

Kekurangan AdFly

Berdasarkan pengalaman dari berbagai sumber, Berikut akan dijelaskan kekurangan dari AdFly.

1. Bayaran per-tampilan dan per-klik iklan murah

Untuk per-tampilan tanpa skip ad, biasanya hanya $0.0020. Artinya pengunjung tidak melewati “skip ad” untuk mengunjungi laman sebenarnya dituju. Untuk per-tampilan melewati “skip ad”, biasanya sekitar $0.0050 sampai $0.0090. Artinya pengunjung melakukan klik pada ‘skip ad” hingga akhirnya sampai pada laman yang sebenarnya dituju.

Semua itu juga tergantung dengan jumlah klik pada iklan. Mungkin tidak akan tertalu besar jika, klik yang terjadi hanya dalam hitungan puluhan perharinya. Namun, bayangkan jika terjadi ribuan klik perharinya. Selain itu, biaya per-klik iklan juga tergantung asal pengunjungnya, misalnya jika pengunjungnya dari amerika, mungkin bayarannya lebih mahal.

Sedangkan untuk per-tampilan iklan “pop ads dan pop under” juga tidak semahal Media periklanan online lain. Karena memang fungsi utama dari AdFly adalah untuk memperpendek URL.

2. Pembayaran melalui Paypal dan Payoneer.

Bagi mereka yang tidak mempunyai akun Paypal dan Payoneer, mungkin akan kesulitan untuk menerima pembayarannya. Mungkin anda bisa membuat akun tersebut terlebih dahulu untuk menerima pembayaran dari AdFly.

3. Dan lain-lain

Silahkan baca artikel lain, untuk review kekurangan dari AdFly selengkapnya.
Apa Itu AdFly ? Apa Kelebihan dan Kekurangan AdFly ?

Bagaimana?. Apakah anda tertarik membuat akun di AdFly dan menerima uang dari AdFly?.