Electronic Commerce atau E-Commerce merupakan konsep baru yang bisa di artikan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web internet (Shim, Qureshi, Siegel, 2000) atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet (turban, Lee, King, Chung, 2000).

Perkembangan pesat yang terjadi pada teknologi E-Commerce atau perdagangan Elektronik tersebut adalah Karena perkembangan jaringan, protokol, perangkat lunak, dan spesifikasi yang merupakan salah satu alasannya.Dari tahun 1995 hingga 1999 semua orang telah menyaksikan berbagai aplikasi inovatif, mulai iklan hingga pelanggan dan pengalaman realitas maya. Seperti halnya di Amerika Serikat, dimana hampir setiap organisasi menengah dan besar telah memiliki situs web sendiri.

Alasan lain yang menyebabkan perkembangan E-Commerce begitu pesat antara lain yaitu
1. Iklan bisa di-update setiap waktu dengan biaya minimal.
2. Iklan dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global.
3. Iklan online kadang-kadang jauh lebih murah dibandingkan iklan televisi, koran, atau radio.
4. Iklan pada E-Commerce dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi.
5. Iklan pada E-Commerce dapat dibuat interaktif dan dibidikan ke kelompok tertentu dan organisasi.
6. Manfaat internet sendiri sedang berkembang dengan pesat.

Manfaat E-Commerce Bagi Organisasi

1. Memperluas Market Place

E-Commerce mampu memperluas market place hingga ke pasar nasional dan internasional. Dengan capital outplay yang minim, sebuah organisasi dapat secara mudah menemukan lebih banyak pelanggan, supplier yang lebih baik dan partner bisnis yang paling cocok dari seluruh dunia.

2. Menurunkan Biaya

E-Commerce mampu menurunkan Biaya Pembuatan, Pemrosesan, Pendistribusian, Penyimpanan, dan Pencarian Informasi Yang Menggunakan Kertas.

3. Mengurangi Inventory dan Overhead

Dengan menyederhanakan supply chain management tipe pull, E-Commerce memungkinkan pengurangan inventory dan overhead. Dalam supply chain management tipe pull, proses dimulai dari pesanan pelanggan serta digunakan manufakturing just-in-time.

4. Keunggulan komperatif

Pemroses pull-type memungkinkan customization produk dan layanan yang sebetulnya mahal menjadi lebih memiliki keunggulan komperatif bagi yang menerapkannya.

5. Mengurangi Waktu

E-Commerce bisa mengurangi waktu antara outlay modal dan penerimaan produk dan jasa.

6. Mendukung Business process reengineering

E-Commerce bisa mendukung upaya-upaya business process reengineering. Dengan mengubah prosesnya, maka produktivitas sales people, pegawai yang berpengetahuan dan administrator bisa meningkat.

7. Memperkecil Biaya Telekomunikasi

E-Commerce bisa memperkecil biaya telekomunikasi internet lebih murah dibanding VAN.

8. Manfaat E-Commerce lainnya

Keuntungan lain dari E-Commerce meliputi, layanan konsumen dan cinta perusahaan menjadi lebih baik, menemukan partner bisnis baru, proses menjadi sederhana, waktu bisa dipadatkan, produktivitas meningkat, kertas bisa dihindari, akses informasi menjadi lebih cepat, biaya transportasi berkurang, dan fleksibilitas bertambah.

Manfaat E-Commerce Bagi Konsumen

1. Transaksi 24 Jam sehari

E-Commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lainnya selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.

2. Pilihan Yang Lebih Banyak

E-Commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, Sehingga mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.

3. Membandingkan Harga Produk Dan Jasa

E-Commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan pembadingan secara tepat.

4. Pengiriman Bisa Lebih Cepat

Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, E-Commerce menjadikan pengiriman menjadi lebih cepat.

5. Informasi Yang Relevan

Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan detik.

6. Memungkinkan Virtual Auction

E-Commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya.

7. Interaksi Dengan Pelanggan Lain

E-Commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di E-Commerce dan bertukar pikiran serta pengalaman.

8. Diskon Yang Substansial

E-Commerce memudahkan persaingan yang lebih sehat, sehingga akan menghasilkan diskon secara substansial.

Manfaat E-Commerce Bagi Masyarakat

1. Mengurangi Kepadatan Lalu Lintas

E-Commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak harus keluar rumah untuk berbelanja. Ini berakibat menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.

2. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

E-Commerce memungkinkan sejumlah barang dagang dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak yang pada gilirannya akan meningkatkan taraf hidup mereka.

3. Menjangkau Masyarakat Terpencil

E-Commerce memungkinkan orang di negara-negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa E-Commerce. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.

4. Memfasilitasi Layanan Publik

E-Commerce memfasilitasi layanan publik seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah dan dengan kualitas yang lebih baik. Layanan tersebut juga menjangkau wilayan-wilayah pedesaan yang minim susah untuk mendapatkan akses transportasi.