Apa itu RevenueHits?. RevenueHits merupakan salah satu pasar periklanan online (online advertising marketplace) yang dikelola oleh sebuah perusahaan Start-up MyAdwise Ltd, berbasis di Israel. RevenueHits telah berdiri sejak 2008, hingga sekarang. Kabarnya RevenueHits telah melayani lebih dari 2 miliar impresi perharinya.

RevenueHits menggunakan tiga sistem sekaligus, yaitu CPC (cost-per-click), CPM (cost-per-mile), dan CPA (cost-per-action).  Lalu, apa itu CPC, CPM, CPA?. Berikut penjelasannya.

1. CPC (cost-per-click)

Artinya, Setiap ada pengunjung situs yang melakukan klik pada iklan, akan ada bayaran. Dengan kata lain, Pemasang iklan akan membayar yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan, sedangkan penerbit iklan akan menerima bayaran yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan.

2. CPM (cost-per-mile)

Artinya, penerbit akan dibayar oleh pemasang iklan setiap 1000 tayangan iklan pada situsnya. Jadi, walaupun tidak ada klik atau aksi apapun terhadap iklan, tetap ada bayaran dengan jumlah sesuai dengan kesepakatan.

3. CPA (cost-per-action)

Artinya penerbit iklan akan menerima bayaran, jika terdapat pengunjung situs yang melakukan suatu tindakan yang diharapkan oleh pemasang iklan terhadap iklan yang ditayangkan. Misalnya, melakukan polling, survey, download, instalasi, dan sebagainya.

Dikarenakan tema yang diangkat dalam artikel ini ditujukan kepada penerbit iklan atau calon penerbit iklan, Maka pembahasan dibawah ini adalah untuk penerbit atau calon penerbit iklan.

Kelebihan RevenueHits

Anda tentu bertanya, Apa saja kelebihan dari RevenueHits?. Ya, tentu saja setiap pasar periklanan online memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut beberapa poin, yang mungkin menjadi kelebihan dari RevenueHits.

1. Mudah untuk bergabung

Untuk menjadi penerbit (publisher) di RevenueHits tidak sulit atau sangat mudah. Sebab tidak ada syarat apapun yang diberlakukan, selain hanya memiliki situs yang telah terindex oleh search engine. Apapun tema situs, tetap akan diterima.

2. Fitur yang lengkap

Mulai dari pilihan tipe iklan, pelaporan data iklan, hingga pembayaran.

3. Penerapan yang mudah

Dalam melakukan pendaftaran hingga pemasangan script iklan diblog, tidak rumit (ribet). Dengan kata lain, setelah mendaftar, calon penerbit hanya perlu membuat script iklan sesuai dengan yang diinginkan, lalu menyimpan script iklan tersebut di situsnya.

4. Sistem yang transparan

Tidak ada yang disembunyikan, terutama pelaporan data iklan. Laporan data iklan diperbarui setiap 12 jam sekali.

5. Menggunakan 3 program iklan sekaligus

Tiga program tersebut adalah CPC, CPM,dan CPA. CPC memberikan pendapatan untuk setiap klik pada iklan, CPM memberikan pendapatan untuk setiap 1000 penayangan iklan, dan CPA memberikan pendapatan untuk setiap tindakan yang dilakukan pengunjung situs terhadap iklan.

6. Dan lain-lain

Silahkan baca artikel lain yang berkaitan, untuk mengetahui kelebihan dari RevenueHits secara lengkap.

Kekurangan RevenueHits

Anda tentu bertanya, Apa saja kekurangan dari RevenueHits?. Ya, tentu saja setiap pasar periklanan online memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut beberapa poin, yang mungkin menjadi kekurangan dari RevenueHits.

1. Variasi iklan

Kebanyakan atau bisa dikatakan hampir semua iklan yang ditampilkan adalah iklan download, seperti download aplikasi, games, dan sejenisnya. Namun akan menguntungkan bagi anda yang memiliki situs yang sesuai dengan itu.

2. Metode pembayaran

Metode pembayaran yang ada di RevenueHits, ada tiga, yaitu melalui Paypal, Wire transfer, dan Payoneer. Syarat minimum payout melalui Paypal adalah $20, Wire transfer $500, dan Payoneer  $20. Bagi sebagian penerbit, mungkin ini merupakan masalah, namun bagi sebagian lagi mungkin tidak terlalu jadi masalah.

3. Harga per klik, per mile dan per action

Jika anda membandingkannya dengan adsense, mungkin RevenueHits membayar lebih kecil. Namun, jika dibandingkan dengan alternatif lain, RevenueHits membayar cukup tinggi. Semua itu juga tergantung traffic situs penerbit itu sendiri.

4. Dan lain-lain

Silahkan baca artikel lain yang berkaitan dengan kekurangan RevenueHits untuk mengetahui selengkapnya.

Kesimpulan dan Saran

Berdasarkan review diatas, Berikut saran dengan kesimpulan yang didapatkan.

1. Cocok untuk situs dengan tema download

Bagi anda yang mempunyai situs dengan tema download dan sejenisnya, disarankan untuk menjadi penerbit dari RevenueHits. Sebab ini sangat menguntungkan. Saat ini telah banyak pemilik situs yang memiliki tema ini menjadi penerbit dari RevenueHits.

2. Cocok untuk situs yang memiliki traffic tinggi

Jika anda memiliki situs yang memiliki traffic tinggi, tidak ada salahnya mendaftar dan memasang walau hanya satu script iklan saja.

3. Kurang cocok untuk situs tentang knowledge dan sejenisnya

Dikarenakan, kebanyakan iklan yang ditampilkan adalah tentang iklan download, mungkin ini tidak bagus untuk situs dengan tema tentang knowledge, tutorial, dan sebagainya. Dengan kata lain, kurang cocok untuk situs yang intinya adalah “kenyamanan Dalam Membaca”.

4. Kurang cocok untuk situs dengan traffic yang masih rendah

Sebab besar kecil keuntungan yang diterima, sangat bergantung pada impresi iklan. Selain itu, bayaran untuk klik relatif kecil jika dibandingkan dengan situs periklanan yang menggunakan sistem PPC. Maka, lebih baik mendaftar di pasar periklanan online yang menggunakan sistem PPC. Sebab besar kecilnya tidak tergantung pada impresi, namun pada klik.

5. Alternatif Adsense yang baik

Jika dibandingkan dengan alternatif lain, RevenueHits mungkin bisa dikatakan pilihan yang baik.
Walau begitu, tidak ada salahnya juga untuk mendaftar menjadi penerbit di RevenueHits. Siapa tahu, nanti ini berguna untuk anda.

Cara daftar jadi penerbit di RevenueHits

Bagaimana?. Apakah anda tertarik untuk menjadi penerbit dari RevenueHits?. Kalau anda tertarik, berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk mendaftar di RevenueHits.

1. Kunjungi situs ‘www.revenuehits.com’ lalu klik ‘publisher’, atau bisa juga melalui link ini. Klik Disini..

2.  Klik ‘Join now’. Setelah itu akan muncul formulir pendaftaran step 1, seperti gambar dibawah ini. Silahkan lengkapi dengan benar.
Cara Daftar Jadi Publisher di RevenueHits Dengan Review
Keterangan:
  • Enter your first name : isi dengan nama depan anda.
  • Enter yout last name : isi dengan nama belakang anda.
  • Enter your site name : isi dengan nama situs yang akan anda daftarkan. Jika memiliki beberapa situs yang ingin didaftarkan, pilih salah satu. Nanti anda bisa menambahkan situs lain. Satu akun bisa untuk banyak situs.
  • Enter your site url : isi dengan url situs yang akan anda daftarkan.
  • Enter your traffic type : pilih tipe traffic situs anda. Pilih saja “web”.
  • Enter your category : pilih salah satu kategori yang sesuai dengan tema situs anda.
3. Lalu klik ‘next step’.
4. Sekarang isi, formulir pendaftaran bagian ke 2, seperti gambar dibawah ini.  Silahkan lengkapi data tersebut dengan benar.
Cara Daftar Jadi Publisher di RevenueHits Dengan Review
Keterangan:
  • Enter your desired username : isi dengan nama pengguna (ID) yang anda inginkan, misalnya “bagus”.
  • Enter your desired password : silahkan isi dengan pasword yang anda inginkan. Perhatikan ‘caps lock keyboar” anda. Mungkin huruf besar dan kecil berpengaruh.
  • Enter your email address : isi dengan e-email valid anda.
  • Enter your phone number : isi dengan nomor handphone anda.
  • Lalu tulis berapa jumlah dari perhitungan dibagian “are you human”.
  • Centang kotak kecil di bagian ‘accept terms and condition’.
5. Klik ‘submit’. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.
Cara Daftar Jadi Publisher di RevenueHits Dengan Review

6. Sekarang buka e-mail yang anda daftarkan tadi untuk aktivasi.

 
7. Klik kotak yang bertuliskan “activate my account”.
Cara Daftar Jadi Publisher di RevenueHits Dengan Review
 
8. Sekarang anda akan dibawa ke laman login RevenueHits. Silahkan isi username dan password sesuai dengan anda daftarkan tadi. Huruf kecil/besar mungkin berpengaruh.
Cara Daftar Jadi Publisher di RevenueHits Dengan Review

9. Sekarang anda telah berhasil membuat akun di RevenueHits. Satu akun bisa untuk banyak situs. Silahkan tambahkan situs lain, jika anda juga ingin mendaftarkannya.

Langkah selanjutnya adalah membuat pilihan tipe iklan, lalu mengambil script iklan tersebut untuk di pindahkan ke situs. Script iklan tersebut bisa disimpan langsung pada template melalui ‘edit html’ dan bisa juga dengan manambah ‘widget html/javascript’ melalui ‘tata letak’.