Secara umum ada 4 model website yaitu Blog, Company Profil, Katalog, dan Toko Online. Masing-masing website tersebut memiliki tujuan Berbeda-beda, namun fungsinya tetaplah sama yaitu sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada penggunanya.

Nah bagi anda yang berkeinginan membuat website, sebelumnya anda perlu memikirkan model website yang akan dibuat. Model website tersebut anda pilih berdasarkan apa tujuan membuat website dan digunakan untuk apa. Misalnya anda ingin membuat website untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang profil usaha atau organisasi, maka model website yang akan dipilih adalah Company Profil.

Untuk Dapat mengenal lebih jelas tentang keempat model website tersebut, berikut uraian ringkasnya.

4 Model Website

1. Blog

Blog adalah website yang membahas sebuah atau bermacam-macam topik, dimana pengelola tersebut dapat mengupdate konten website secara rutin. Topik yang dibahas tersebut misalnya tentang handphone, tumbuhan, hobi dan sebagainya. Blog tersebut dapat dibuat dengan menggunakan domain dan hosting berbayar, namun juga bisa menggunakan domain dan hosting gratisan. Blog merupakan jenis website dinamis, karena konten di dalam website tersebut selalu berubah-ubah.

2. Company Profil

Website company profil merupakan model website yang menampilkan informasi tentang latar belakang, produk/layanan, kontak, dan berita singkat sebuah organisasi. Biasa model website ini tergolong ke dalam jenis website statis, dimana informasi yang terdapat di website tersebut jarang diupdate atau diubah dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Katalog

Webstie katalog merupakan model website yang menampilkan sebuah daftar produk. Biasanya website katalog tersebut digunakan untuk menampilkan produk spesifik yang jarang di pasaran. Tujuan website katalog dibuat adalah memperkenalkan produk kepada publik , sehingga mereka dapat menghubungi organisasi yang memproduksi produk tersebut bila berminat untuk membeli. Website katalog umumnya digolongkan kepada website dinamis karena konten yang ditampilkan jarang dirubah dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Toko Online

Toko online merupakan website yang bertujuan untuk menampilkan berbagai macam produk layaknya toko tempat berbelanja. Di website ini biasanya sudah terdapat shopping cart yang berfungsi untuk menampung produk-produk yang akan dipesan oleh pembeli. Setelah itu pembeli dapat melakukan checkout untuk menghitung total biaya yang harus dibayar. Informasi total biaya tersebut telah otomatis dihitung oleh software toko online tersebut.

Website toko online merupakan website dinamis, dimana konten (gambar produk) yang dipampangkan di website tersebut selalu berubah-ubah. Pengelola toko online dapat dengan mudah menambah daftar, stok, dan gambar melalui CMS. Selain itu, pemilik juga biasanya juga secara rutin melihat dan mengubah pesanan, mencetak faktur, dan sebagainya.

Website toko online dibuat dengan tujuan untuk memudahkan sebuah organisasi dalam memasarkan produknya. Melalui website tersebut mereka bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, dengan adanya website toko online tersebut juga memudahkan pembeli dalam memesan produk yang dinginkan tanpa harus repot-repot berkunjung ke toko.