Bisnis hiburan dan permainan merupakan bisnis selalu berkembang dari waktu ke watu. Ia selalu berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman. Teknologi yang canggih adalah faktor utama yang mempengaruhi perkembangan tersebut. Jika dahulunya orang sudah puas dengan bermain kelereng atau lompat tali sekarang tidak lagi. Sekarang permainan itu telah beralih ke permainan dengan menggunakan media elektronik yang salah satunya adalah PlayStation atau PS.

PlayStation atau PS ini tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa. Dengan kata lain, permainan ini tidak hanya khusus untuk anak-anak tetapi juga dimainkan oleh pelajar, mahasiswa, karyawan/pegawai dan lainnya. Katanya sih, playStation selain memberikan kesenangan juga melatih kemampuan dalam berpikir cepat dan kemampuan untuk berani menang berani kalah.

Salah satu daya tarik dari bisnis rental PlayStation adalah konsep bisnisnya sederhana. Pengusaha Rental PlayStation hanya perlu menyediakan beberapa unit PS, layar monitor atau Televisi, dan beberapa perangkat pendukung seperti joy stik control dan CD/DVD game. Jika semua itu telah dipersiapkan, maka bisnis rental PlayStation tersebut sudah bisa dijalankan. Jenis permainannya juga sangat bervariasi sehingga orang tidak akan bosan untuk bermain PlayStation. Mereka hanya perlu membeli CVD/DVD game untuk PlayStation lalu menginstalnya. VCD/DVD game tersebut sangat mudah ditemukan di pasar, dan jumlah juga sangat banyak.

Selain itu PlayStation atau PS digemari oleh berbagai kalangan. Penggemar permainan ini tidak hanya anak-anak, tetapi juga pelajar, mahasiswa, pekerja, bapak-bapak dan sebagainya. Kamu bisa memperhatikan usaha rental PlayStation di sekitar tempat tinggal kamu. Maka dari itu, banyak pebisnis-pebisnis yang melirik rental PlayStation sebagai usaha yang pantas untuk dicoba. Pada akhirnya, munculah usaha rental PlayStation dalam jumlah yang cukup banyak di masyarakat. Setiap usaha rental Playstation tersebut telah memiliki pengunjung tetapnya masing-masing dan tidak pernah mengalami sepi penjunjung. Sebab permainan ini tidak mengenal waktu, baik siang atau malam. Mereka tidak peduli waktu karena asiknya bermain PlayStation tersebut.

Jika kamu masih kurang tertarik, mungkin beberapa alasan ini bisa memberikan dorongan:

Pertama, penggemar permainan ini tidak hanya anak-anak, tetapi juga pelajar, mahasiswa, pekerja, bapak-bapak dan sebagainya. Kamu bisa memperhatikan usaha rental PlayStation di sekitar tempat tinggal kamu.

Kemudian, Jenis permainannya sangat bervariasi sehingga orang tidak akan bosan untuk bermain. Mereka hanya perlu membeli CVD/DVD game untuk PlayStation lalu menginstalnya. VCD/DVD game tersebut sangat mudah ditemukan di pasar, dan jumlah juga sangat banyak.

Kemudian konsep bisnisnya juga sederhana. Pengusaha Rental PlayStation hanya perlu menyediakan beberapa unit PS, layar monitor atau Televisi, dan beberapa perangkat pendukung seperti joy stik control dan CD/DVD game. Jika semua itu telah dipersiapkan, maka bisnis rental PlayStation tersebut sudah bisa dijalankan.

Memiliki banyak kelebihan bukan berarti tidak memiliki risiko atau kendala. Nah ini dia kendala-kendala yang mungkin akan kamu hadapi ketika menjalankan bisnis rental playstation tersebut:

Mungkin yang pertama adalah modalnya yang terbilang relatif besar. Harga barang-barang elektronik yang dibutuhkan untuk bermain PlayStation tersebut cukup mahal. Apalagi jika menerima jasa rental Playstation untuk dibawa pulang, jelas modalnya akan bertambah besar karena harus menyediakan lebih banyak PlayStation dan perlengkapannya. Agar tidak terlalu memberatkan mungkin sebaiknya kamu tidak membeli semua peralatan elektronik tersebut secara tunai, tetapi kredit. Kamu bisa membayar angsuran kredit tersebut dengan laba usaha rental PlayStation itu sendiri.

Persaingan dipasar juga menjadi risiko dari bisnis ini. Seperti yang kita lihat, setiap kota terdapat banyak jasa rental playstation. Tetapi, masalah ini bisa diatasi dengan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Selain itu kamu juga perlu menyediakan tempat yang lebih nyaman untuk bermain, serta menjaga kualitas peralatan dan perlengkapan pendukungnya.

Produk substitusi seperti game online mungkin juga menjadi risiko dari bisnis ini. Namun sebenarnya game online ini tidak terlalu jadi masalah. Sebab bermain game secara online dengan bermain game menggunakan PlayStation memiliki kelebihan masing-masing. Game Online tersebut memiliki pangsa pasar tersendiri, jadi tidak perlu dirisaukan karena tidak terlalu berpengaruh terhadap bisnis rental PlayStation.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika menjalankan bisnis rental PlayStation ini:

Pertama, masalah tarif. Dalam menentukan tarif sewa PlayStation, kamu perlu memperhatikan siapa pengunjung yang mendominasi. Bila penjunjungnya kebanyakan anak-anak, kamu perlu menetapkan tarif sewa yang tidak terlalu mahal.

Agar lebih menarik simpati pelanggan, Ada baiknya juga kamu memberikan bonus kepada mereka. Misalnya setelah bermain 4 jam gratis 1 jam.

Kemudian masalah kenyamanan juga harus dipikirkan. Salah satu alasan pengunjung betah berlama-lama di tempat bermain Playstation adalah kenyamanan ruang bermain itu sendiri. Maka dari itu, kamu perlu menata ruang tempat bermain PlayStation menjadi lebih rapi, tidak terkesan sempit, tidak sumpek, dan tidak membuat pengunjung menjadi berdesak-desakan. Kamu juga perlu menambahkan fasilitas lain seperti kipas angin atau AC agar tidak kepanasan, Ruang tunggu, toilet, musik, Televisi, dan sebagainya. Selain itu, jagalah kebersihan ruang tempat bermain PlayStation tersebut.

Peralatan dan perlengkapan haruslah berkualitas. Agar pengunjung merasa puas dalam bermain, kamu perlu memastikan semua peralatan yang digunakan berfungsi dengan baik. Selain itu kamu juga perlu menyediakan koleksi kaset yang lengkap agar pengunjung bisa memilih games yang mereka sukai.

Jika terjadi pelanggan tidak memanuhi aturan yang kamu tetapkan, kamu harus bertindak tegas. Ini untuk menjaga keberlangsungan usaha, kamu perlu menjaga image baiknya. Kamu perlu menghindari hal-hal yang membuat masyarakat sekitar marasa risih dengan usaha kamu. Pelanggaran tersebut misalnya membawa minum-minuman keras, berkelahi dan sebagainya.

Jika kamu tertarik membangun usaha rental playstation, berikut rekomendasi untukmu dalam memulainya:

Dalam menentukan lokasi usaha, hendaknya dipikirkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai akibat salah memilih lokasi usaha, keberlangsungan usaha menjadi terhenti ditengah jalan. Selain itu, pengusaha rental PlayStation juga perlu memperhatikan keamanan lokasi usaha yang dipilih. Sebab tingkat kriminalitas di negeri ini sangat tinggi, dan hal itu tidak bisa kita pungkiri. Tidak jarang terdengar ada usaha rental PlayStation yang mengalami pencurian.

Hal lain yang penting juga untuk dipertimbangkan adalah kenyamanan masyarakat disekitar lokasi usaha. Jangan sampai usaha tersebut mendapat kecaman dari masyarakat, karena kehadirannya menganggu kenyamanan mereka. Maka dari itu, usahakan tempat yang dipilih memiliki jarak beberapa meter dari rumah-rumah penduduk.

Perhatikan juga kerapian tata letak ruang. Dalam hal ini diperlukan strategi tataletak ruang yang baik, agar pengunjung semakin nyaman dalam bermain. Kamu perlu mengatur penempatan Playstation, perlengkapan pendukung, meja, kursi, dan sebagainya. pengusaha rental PlayStation biasanya menata tempat dengan membuat ruang yang memanjang. Sehingga pengunjung lebih nyaman, bebas gerak dan leluasa dalam bermain.

Coba lakukan survei ke tempat lain. Agar konsep usaha rental PlayStation lebih mantap, ada baiknya kamu terlebih dahulu melakukan survey ke rental PlayStation lain yang ramai pengunjung. Lalu amati apa fasilitas pendukungnya, games apa yang paling disukai, siapa pengunjung yang mendominasi dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa mengamati apa kelebihan dan kekurangan usah rental tersebut. Dengan demikian, kamu bisa membuat perencanaan usaha rental Playstation yang lebih baik dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh usaha rental PlayStation lain.

Jangan lupa juga untuk mengurus surat izin buka usaha ke tempat yang ditentukan pemerintah agar usahamu lebih aman. Dengan surat izin usaha tersebut, posisi usaha kamu menjadi lebih kuat di mata hukum. Surat izin usaha tersebut berguna bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian, lakukan sedikit promosi kepada pelanggan yang kamu tuju. Agar usaha rental PlayStation lebih cepat dikenal orang, kamu perlu melakukan promosi. Promosi tersebut tidak harus mengeluarkan banyak dana, cukup dengan memasang spanduk dan memasang flyer di tempat-tempat umum.

Terakhir, sebaiknya rekrut beberapa karyawan untuk membantu menjalankan usaha. Jika dijalankan sendiri, kamu pasti akan kerepotan. Bila ada urusan lain, siapa yang akan menjaga usaha rental Playstation tersebut. Nah maka dari itu, kamu perlu merekrut beberapa orang karyawan untuk membantu menjalankan usaha. Hendaknya karyawan yang dipilih memiliki sedikit pengetahuan tentang PlayStation dan perlengkapannya. Sehingga bila terjadi kerusakan bisa diperbaiki saat itu juga tanpa harus memanggil teknisi khusus.

Investasi Awal Membuka Usaha Rental PlayStation

Berikut perkiraan investasi awal dan biaya operasional yang akan dikeluarkan untuk membangun dan menjalankan Usaha Rental PlayStation tersebut. Selain itu, juga disajikan perkiraan jangka waktu balik modalnya.

Ingat, Ini hanyalah perkiraan kasar saja. Fakta yang akan anda temukan di lapangan mungkin sangat berbeda dengan perkiraannya. Semua perkiraan mulai dari biaya, modal, dan jangka waktu balik modal sangat relatif dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut diantaranya, Lokasi, Nilai Mata uang, Jumlah Pelanggan, dan sebagainya. Anda mungkin akan mendapatkan keuntungan lebih banyak atau lebih sedikit dari jumlah perkiraan tersebut.

Modal Awal

PlayStation seri 3 (8 unit) Rp 25.000.000
Sewa + Renovasi Tempat Rp 12.000.000
Perlengkapan (meja, kursi, dlln) Rp 5.000.000
Seragam Karyawan (2 orang) Rp 200.000
Perizinan Rp 1.000.000
LCD 32 Ful HD (8 unit) Rp 35.000.000
XBOX 360 (4 Unit) Rp 14.000.000
Beli Kaset XBOX360 (40 keping) Rp 1.000.000
WE 2014, COD MW2, Dlln Rp 1.500.000
Peralatan (kipas angin, kaset dlln) Rp 300.000
Total modal awal Rp 95.000.000

Biaya Operasional per Bulan

Gaji Karyawan (2 Orang) Rp 4.000.000
Biaya Overheads (listrik, air, telephone) Rp 1.500.000
Biaya Keamanan Rp 1.000.000
Total biaya operasional/bulan Rp 6.500.000

Perkiraan Jangka Waktu Balik Modal

Perkiraan Omset/bulan:

Target sewa 18 jam/hari

PS3: @ Rp 6.000 X 18 jam X 8 unit X 30 hari = Rp 25.920.000

Xbox 360 @ Rp 5.000 X 18 jam X 4 unit X 30 hari = Rp 10.000.000

 

 

 

Rp 36.920.000

Laba/bulan:

Rp 36.920.000 – Rp 6.500.000

 

Rp 30.420.000

Jangka waktu balik modal:

Rp 95.000.000 : Rp 30.420.000

3,1 bulan atau

3-4 Bulan

Kesimpulan: Tips Memaksimalkan Laba

Agar lebih menarik, tawarkan bonus kepada pelangganmu. Biasa pengunjung sangat suka dengan pemberian bonus, seperti tambahan jam bermain. Agar pengunjung semakin banyak yang datang, tidaklah rugi jika kamu menarik minat mereka dengan memberikan bonus berupa tambahan waktu bermain.

Sesekali ada event-event tertentu untuk mendukung bisnismu. Agar usaha rental PlayStation kamu lebih banyak dibicarakan orang, mungkin dengan mengadakan lomba bermain PlayStation adalah cara yang tepat. Lalu pemenangnya diberi hadiah tertentu. Beberapa pengusaha rental PlayStation menggunakan cara ini agar usahanya lebih dikenal oleh banyak orang. Sehingga mengundang lebih banyak pengunjung untuk datang bermain.

Terakhir, padukan dengan usaha lain. Untuk menambah pendapatan usaha, kamu bisa menjual produk lain berupa makanan ringan, minuman, CD game, dan sebagainya. Jika memungkinkan kamu juga bisa membuka warung makan di sebelah tempat usaha rental PlayStation tersebut. Sehingga bila merasa lapar, mereka bisa memesan makanan. Dengan begitu, laba usah akan semakin bertambah banyak.