Perencanaan Bisnis (Business Plan) merupakan langkah awal yang berperan penting dalam mencapai kesuksesan suatu bisnis. Jelaslah demikian karena perencanaan bisnis adalah alat untuk melakukan proyeksi dan analisa dalam mengambil keputusan dan kebijaksanaan di masa yang akan datang. Perencanaan bisnis menjadi pedoman strategis dan cara mencapai sasaran yang diharapkan dapat tercapai.

Banyak manfaat yang diperoleh ketika seandainya sebelum memulai usaha kita membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu. Poin-poin penting dalam usaha menjadi lebih jelas dan potensi besar keberhasilan bisnis karena adanya kejelasan arah tujuan serta visi dan misi bisnis. Dalam menghadapi risiko yang mungkin terjadi di sewaktu kita menjalankan bisnis menjadi lebih siap dan matang. Selain itu potensi pasar dan peluang lebih terjelaskan jika kita membuat perencanaan bisnis. Begitu juga dalam memprioritaskan sumber daya yang dibutuhkan menjadi lebih terperinci. Sebab itu perencanaan bisnis bisa dijadikan sebagai pegangan atau dasar fungsi pengendalian dalam menjalankan bisnis.

Perencanaan bisnis adalah rencana strategis yang akan dilakukan untuk bisa mencapai target. Sehingga jika diuraikan setidaknya ada 5 alasan utama mengapa kita perlu membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis secara ril.

1. Dengan Adanya Perencanaan Bisnis Kita Mampu Mengetahui Apa Saja yang Dibutuhkan Dalam Menjalankan Bisnis

Perencanaan bisnis adalah uraian tentang berbagai kebutuhan bisnis, mulai dari jumlah modal, jumlah karyawan, supplier, biaya operasional, dan seterusnya. Semua itu ditulis lengkap dan jelas, sehingga dapat mengetahui segala sesuatu yang diperlukan dalam membangun suatu bisnis. Kemudian ini juga berguna untuk menentukan strategi bagaimana menentukan kebutuhan tersebut.

2. Manajemen Menjadi Lebih Fokus Pada Tujuan Awal

Perencanaan bisnis harus berisi visi, misi dan daftar tujuan yang diuraikan secara spesifik sehingga akan membantu merencanakan bagaimana dan kapan mencapai tujuan-tujuan tersebut. Hal ini akan memaksa segala bagian terutama bagian manajemen untuk tetap fokus dan konsisten menjalankan langkah-langkah untuk mencapainya.

3. Membantu Menghadapi Persaingan dengan Kompetitor

Perencanaan bisnis dengan jelas juga menguraikan analisis S.W.O.T yaitu: Strength (Kekuatan), Opportunity (peluang), Weakness (kelemahan), Threat (ancaman). Analisis S.W.O.T ini akan menjadi dasar untuk membuat strategi pemasaran yang baik sekaligus fleksibel dalam pelaksanaannya. Perencanaan bisnis juga perlu diperbarui secara berskala dan disesuaikan dengan iklim ekonomi dan kondisi industri terkini bisa mengatasi hal-hal eksternal yang mungkin mempengaruhi bisnis.

4. Berguna Untuk Mendapatkan Modal dari Investor

Perusahaan yang membutuhkan investor untuk mendanai bisnis, mutlak harus memiliki perencanaan bisnis. Uraian mengenai kebutuhan modal, biaya operasional, dan target penjualan, serta perhitungan berapa lama modal tersebut akan kembali akan menjadi perhatian calon investor untuk memutuskan investasi pada bisnis tersebut atau tidak. Dengan riset yang baik dan perhitungan realistis akan mampu meyakinkan calon investor bahwa kita cukup menguasai bisnis dan membuatnya mengerti bahwa bisnis ini bisa menjadi investasi yang potensial baginya.

5. Sebagai Persiapan Untuk Menghadapi Risiko (Bisnis)

Tidak pungkiri dalam berbisnis modal utama kita adalah keberanian dalam mengambil risiko karena memang dunia bisnis adalah dunia yang tidak dapat terpisahkan dengan yang namanya risiko. Tapi kita dapat menghindari risiko ketika dalam mengambil keputusan dan kebijakan disertai kemampuan dan kecerdasan dalam menganalisa dan membaca peluang sehingga risiko bisa diminimalisir. Ini adalah yang perlu kita lakukan dalam membangun bisnis baik untuk usaha yang masih berukuran kecil maupun yang sudah berskala besar. Dengan kemampuan membuat sebuah perencanaan bisnis yang baik dan sesusai latar belakang yang nyata, bisa dijadikan sebagai tolak ukur bagaimana kesiapan terjun ke dunia bisnis untuk siap menghadapi persaingan usaha yang ketat dan penuh risiko.

Bicara soal bisnis kita tidak hanya berbicara tentang keuntungan semata tetapi juga membahas tentang strategi. Ketika kita hanya berorientasi pada keuntungan saja tanpa mempersiapkan sistem manajemen dan strategi yang baik mustahil bisnis akan bisa maju dan berkembang dengan baik, oleh karena itu strategi dalam membuat sebuah sistem manajemen yang baik agar bisnis bisa kuat dan tak mudah goyah sepertinya memang perlu dilakukan.