Siapa yang tidak kenal dengan nama Wal-Mart, Salah satu perusahaan pengecer terbesar yang telah menjangkau berbagai negara di dunia.

Perkembangan pesat itu dimulai pada tahun 1970. Pada waktu itu Wal-Mart mulai membuat penawaran saham kepada publik. Dana yang terkumpul pada waktu itu sekitar $5 Juta untuk membantu enam buah toko dan menyelesaikan pusat distribusi perusahaan yang pertama. Dengan dana ini dan penawaran saham sesudahnya, Momentum akhirnya meningkat dan sesuai dengan rencana.

Setelah berhasil membangun 39 toko dalam dasawarsa pertama, Wal-Mart selanjutnya membangun 452 toko pada tahun tujuh puluhan dan 1.237 toko pada tahun delapan puluhan.

Lalu tahun 1992, seratus lembar saham Wal-Mart yang dulunya seharga $1.650 meningkat menjadi $2,6 juta. Hal ini adalah peningkatan yang sangat spektakuler dan di luar perkiraan.

Lalu siapa sih pendiri perusahaan besar ini?. Dialah Samuel Moore Walton atau lebih dikenal dengan nama Sam Walton. Beliau adalah sosok pekerja keras yang hidup dengan penuh kesederhanaan. Ia sangat senang berkumpul bersama keluarga dan selalu mengajari anak-anaknya untuk hidup sederhana dan bekerja keras.

Beliau pengusaha yang memiliki pribadi yang unik. Salah satu kebiasaannya adalah berburu ayam hutan. Bahkan ia pernah bolos kerja hanya untuk berburu ayam hutan. Selain itu, Beliau juga lebih suka meminjam koran daripada membelinya. Beliau juga sangat senang berbagi kepada keluarga miskin dan terkadang beliau juga mengundang mereka untuk makan bersama.

Meski hidupnya penuh dengan kesederhanaan, bukan berarti ia malas-malasan dalam bekerja. Tetapi justru sebaliknya, Ia adalah sosok pekerja keras. Hal ini terbukti, pada tahun 1991, penjualan Wal-Mart bahkan mencapai sekitar $32,6 milyar dan berhasil mengalah penjualan Sears Sebesar $32 milyar, yang pada waktu itu adalah perusahaan pengecer terbesar di dunia. Hal ini juga dipengaruhi oleh kerja keras Sam Walton selaku pendiri Wal-Mart.

Berkat Kemajuan perusahaan  yang ia dirikan tersebut, Beliau berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaan yang sangat fantastis. Seperti misalnya tahun 1985, Beliau berhasil mendapatkan sekitar $2,8 Milyar dengan memiliki 20% saham di Wal-Mart. Dan Pendapatan tersebut terus meningkat seiring dengan peningkatan penjualan Wal-Mart tersebut.

Hal penting untuk di ingat dari pengusaha sukses ini adalah sosok pekerja keras dan kesederhanaan dalam menjalani hidup. Beliau adalah orang yang suka bekerja tanpa kenal lelah. Walaupun telah sukses dalam berbisnis beliau masih tetap bekerja. Selain itu beliau juga sangat senang berbagi dan berbuat kebaikan kepada orang lain.