Siapa yang tidak tahu restoran Kentucky Fried Chicken (KFC). Hampir semua orang terutama anak-anak muda di perkotaan, mampir ke KFC adalah hal yang sering mereka lakukan. Citarasa masakan yang enak membuat KFC disukai masyarakat. KFC telah berkembang pesat, outletnya telah menyebar di lebih dari 100 negara di dunia. Semua itu juga didukung oleh kerja keras dan manajemen bisnis yang mantap dari pendiri KFC tersebut yaitu Harland Sanders.

Harland Sanders berasal dari keluarga yang kurang mampu. Kehidupan beliau penuh lika-liku yang tidak menyenangkan. Pada usianya yang 90 tahun, Harland Sanders meninggal dunia karena terserang penyakit Leukemia.

Harland Sanders lahir pada 9 september 1890 di Henryville, Indiana. Beliau baru menekuni bisnis pada usia yang tidak muda lagi saat beliau telah pensiun. Beliau mewaralabakan usahanya pada saat ia telah berusia 65 tahun. Sebelum beliau mewaralabakan usahanya, ia terus berusaha menyempurnakan citarasa ayam gorengnya agar semakin enak dan lezat.

Saat beliau berusia 62 tahun, Harland Sanders menjual rumahnya dan menggunakan sisa uang pensiunan untuk berkeliling dari kota ke kota. Beliau berharap bisa menemukan banyak orang yang akan menyukai masakan yang telah disiapkan sebelumnya. Dari hasil keliling tersebut, sekitar 1000 restoran menolak resep masakan yang beliau tawarkan.

Harland Sander terus mencoba, hingga pada akhirnya ada satu restoran yang menerima resep masakannya. Beliau sangat senang dengan kabar gembira tersebut.

Saat Harland Sanders berusia 6 tahun, ia sudah menjadi yatim dan ibunya sudah tidak muda lagi. Hal ini menuntut beliau untuk memomong 2 adiknya yang masih kecil, yang satu masih bayi dan yang satu berusia 3 tahun. Pada usianya yang masih 6 tahun itu, beliau pun sudah terbiasa memasak. Ketika usia Harland Sanders beranjak 7 tahun, beliau telah menjadi tukang masak. Ia memasak lalu mendapatkan uang dari pekerjaan tersebut.

Lalu saat usia 10 tahun, Harland Sanders bekerja di lahan pertanian dengan gaji 2 dollar perbulan. Ia tidak terlalu mementingkan gaji, namun lebih memilih untuk menerima kenyataan bahwa beliau harus bisa mandiri di tengah keterbasan ekonomi yang dihadapinya dan keluarganya.

Pada saat beliau berusia 12 tahun, Ibunya menikah lagi. Beliau merasa tidak nyaman tinggal di rumah dan akhirnya memutuskan untuk mencari pekerjaan baru di daerah Greenwood, Indiana. Beliau terus gonta-ganti pekerjaan karena beberapa alasan.

Saat Harland Sanders berusia 15 tahun, beliau memilih untuk bekerja sebagai tukang parkir. Lalu 6 bulan kemudian beliau menjadi tentara yang dikirim ke kuba. Setelah itu beliau bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran, belajar ilmu hukum melalui korespondesi, praktik dalam pengadilan, sales asuransi, operator kapal feri, penjual ban, dan operator bengkel.

Hingga akhirnya beliau kembali lagi menjadi tukang masak saat beliau berusia 40 tahun. Beliau membuat makanan dan menyajikannya di ruang bengkel. Makin lama, makin banyak orang yang datang dan ingin menikmati makanan yang ia buat. Melihat hal itu, beliau memutuskan untuk mencari tempat yang lebih besar lagi. Kemudian beliau pindah ke seberang jalan dekat penginapan dan restoran yang mampu menampung 142 orang.

Harland Sanders terus memperbaiki resep dan kemampuan memasaknya. Pada tahun 1935 gubernur Ruby Laffoon memberinya penghargaan Kentucky Colonel karena konstribusinya bagi negara bagian Cuisine. Kebaradaannya pertama kali terdaftar di Duncan Hines “adventures In Good Eating” pada tahun 1939.

Namun tahun 1950, jalan raya baru antar Negara bagian direncanakan akan melewati kota Corbian, restoran Harland Sanders yang memaksa beliau harus menutup restoran dan meninggalkan tempat tersebut.

Suatu ketika setelah Harland Sanders membayar sejumlah uang, beliau mendapatkan tunjungan sosial hari tuanya sebesar $105. Terdorong oleh kesuksesan yang pernah diraih, beliau memberanikan diri untuk menawarkan resep makanannya dan mewaralabakannya. Sekitar 1007 restoran yang pernah ia kunjungan menolak resep masakan tersebut, hingga akhirnya ada satu restoran yang mau menerimanya.

Pada tahun 1964, saat itu beliau telah berusia 74 tahun, beliau telah memiiki 600 outlet waralaba untuk ayam gorengnya di seluruh wilayah Amerika dan Kanada. Pada tanggal 17 Maret 1966, KFC resmi menjadi perusahaan terbuka dan terdaftar pada New York Stock Exchange pada 16 januari 1969.

Pada tahun 1980, saat itu beliau telah berusia 90 tahun, Beliau terserang penyakit leukemia. Beliau meninggal dunia seusai melakukan perjalanan 250.000 mil dalam satu tahun kunjungannya ke restoran KFC di seluruh dunia.

Sekarang lebih dari 3.500 waralaba dan restoran yang dimiliki perusahaan ini. Kentucky Fried Chicken menjadi anak perusahaan dari RJ Reynolds Industries, Inc (sekarang RJR Nabisco, Inc.) semenjak Heublein Inc. diakuisisi oleh Reynolds pada tahun 1982. KFC diakuisisi pada Oktober 1986 dari RJR Nabisco Inc oleh PepsiCo Inc, seharga kurang lebih 840 juta dolar.

Pada januari 1997, PepsiCo, Inc mengumuman spin-off restoran cepat sajinya – KFC, Taco Bell dan Pizza Hut – menjadi perusahaan restoran independen, Tricon Global Restaurants Inc. Pada mei 2002, Perusahaan ini mengumumkan persetujuan pemilik saham untuk merubah nama perusahaan menjadi Yum! Brands Inc. Perusahaan yang dimiliki oleh A&W All-American Food Restaurants, KFC, Long John Silvers, Pizza Hut dan Taco Bell Restaurants, adalah perusahaan restoran terbesar di dunia dalam kategori unit sistem dengan jumlah mendekati 32,500 di lebih dari 100 negara dan wilayah.