Dalam tahun-tahun mendatang pun bisnis Game Center atau Game Online akan terus melenjit, seiring perkembangan dunia IT yang terus berkembang pesat. Maka dari itu, bila kamu punya modal yang terbilang cukup dan masih bingung mau bisnis apa yang bisa mendatangkan keuntungan cukup besar, bisnis game center ini layak untuk kamu pertimbangan sebagai bisnis andalan. Bermain game bagi sebagian orang sudah menjadi gaya hidup. Bahkan tak sedikit dari mereka yang ketagihan.

Namun, sebenarnya fenomena ini mewabah terjadi di Indonesia, sudah belasan tahun yang lalu. Hanya saja, hal ini kembali menyeruak ke permukaan semenjak dikenalnya beraneka ragam game online yang bisa dimainkan via internet. Dengan kata lain, maraknya game online itu tidak bisa dipungkiri karena mempengaruhi internet yang luar biasanya dahsyatnya.

Salah satu nilai lebih dari game online ini adalah para gamer dapat bermain atau bertanding secara realtime dengan gamer lain di tempat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan, sekalipun mereka tidak pernah berkenalan di dunia nyata. Nilai lebih inilah yang membuat game online menjadi media yang mantap untuk unjuk gigi atau pembuktian diri akan siapa yang paling jago. Terlebih lagi, bagi sebagian anak muda, main game sudah dijadikan sebagai ajang gaul dan identitas mereka sebagai anak muda yang mengikuti perkembangan zaman.

Hal inilah yang menyebabkan banyak pebisnis game center berlomba-lomba menjadi yang terbaik untuk mewadahi hobi nge-game tersebut. Game center tersebut bertebaran dimana dan semuanya tidak pernah sepi pengunjung. Tak mengherankan bila rata-rata game center bisa memperoleh omset yang terbilang besar setiap harinya. Hampir setiap game center ada yang berani buka 24 jam nonstop untuk menjaring konsumen yang lebih banyak.

Mengapa memilih bisnis game online?

Jika dibeli sendiri, peralatan dan perlengkapan buat nge-game itu mahal. Hingga saat ini masih banyak para gamer yang belum memiliki peralatan seperti komputer dan jaringan internet yang memadai untuk bermain. Alasannya, harga PC tersebut dirasa masih cukup mahal untuk mayoritas masyarakat di negeri ini. Jika mereka sudah memiliki peralatan komputer dan jaringan internet memadai, mereka cenderung lebih memilih bermain di game center. Selain dirasa lebih nyaman, di tempat ini mereka juga bisa saling bertemu dengan sesama penggila game online.

Nge-game dengan kondisi jaringan tak stabil dan lelet, apa asiknya. Karena itu gamers lebih suka bermain di game center. Kecepatan jaringan internet yang ditawarkan oleh game center jelas lebih baik dibandingkan dengan kecepatan internet di rumah. Selain itu, dengan nge-game di game center orang merasa lebih bebas meluapkan ekspresi ketimbang ketika nge-game di rumah sendiri yang bisa jadi akan mengusik ketenangan anggota keluarga yang lain.

Bisnis ini juga didukung oleh gaya hidup orang-orang diperkotaan. nge-game bagi sebagian orang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Mereka rela menghabiskan sebagian waktu dan uang mereka hanya untuk bermain game online.

Selain itu, pasar sasaran bisnis ini cukup luas. Variasi game semakin hari semakin banyak sehingga tidak membuat orang gampang bosan. Nilai lebih inilah yang membuat penggila game online semakin hari semakin banyak sehingga pangsa pasar di bisnis ini masih terbuka luas.

Memiliki banyak kelebihan bukan berarti tidak memiliki kendala, berikut beberapa kendala yang mungkin kamu temui ketika menjalankan bisnis ini:

Main game tidak nyaman lantaran kecepatan akses internet rendah atau lemot. Maka dari itu, pastikan akses internet di game center tersebut cukup baik. Saat ini sudah tersedia paket internet kecepatan sampai 8MB bahkan lebih yang bisa membuat penggila game merasa betah berada di game center.

Selain itu, peralatan yang buruk juga tidak baik untuk memikat pelanggan atau gamer. Biasanya, peralatan juga menjadi pertimbangan bagi gamer dalam memilih game center yang akan mereka kunjungi. Maka dari itu, kamu perlu memilih peralatan dan perlengkapan yang berkualitas dan berfungsi dengan baik.

Nah jika kamu tertarik menggeluti bisnis ini, berikut beberapa saran untukmu sebelum mulai beroperasi:

Mendirikan game center tidak jauh berbeda dengan warnet, yaitu tergantung pada seberapa banyak anggaran modal yang dimiliki, serta bagaimana perilaku khusus konsumen di lokasi di mana game center berada. Makanya, karena segmen pasar yang dituju adalah anak muda, pelajar dan mahasiswa, mau tak mau lokasi usaha haruslah dekat dengan keberadaan mereka, misalnya dekat kampus dlln. Seandainya lokasi agak tersembunyi atau masuk gang, sebaiknya dibuat plang di pinggir jalan utama sehingga setiap orang dengan mudah mengetahui keberadaan game center tersebut.

Setelah lokasi usaha ditentukan, segeralah mengurus izin mulai dari ketua RT/RW setempat, kepolisian, dan sebagainya. Bila urusan perizinan ini belum beres, jangan sekali-kali membuka usaha karena usaha kamu akan dianggap ilegal.

Persiapkan semua peralatan dan kelengkapannya, mulai dari PC, akses internet, meja kursi, hingga fasilitas tambahan seperti kafee untuk menjual makanan dan minuman ringan.

Kemudian, carilah karyawan yang bisa dipercaya untuk mengelola game center tersebut, mulai dari operator, petugas keamanan, cleaning service, hingga penjaga kafe.

Mulailah beroperasi dan iringi juga dengan promosi. Banyak strategi promosi yang bisa kamu lakukan mulai dari menyebarkan selebaran ke calon pelanggan, media massa, iklan melalui media elektronik atau melalui internet hingga promosi dari mulut ke mulut.

Dalam beroperasi ada beberapa poin utama yang perlu mendapatkan perhatian khusus, ini diantaranya:

Pertama, dikarenakan ini merupakan bisnis yang bergerak dibidang jasa dan layanan, tentu saja letak kesuksesannya dalam meraih banyak pelanggan terletak pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Mulai dari keramahan pelayanan, tempat yang bersih, tersedianya voucher game yang lengkap, kecepatan akses internet yang diberikan, hingga ketersediaan kafe dengan menu makanan dan minuman yang lengkap dan enak.

Untuk persaingan harga dan tarif, sepertinya tidak perlu dilakukan. Alasannya, tarif untuk bermain di game center relatih sama. Untuk memenangkan persaingan, cukup dengan memberikan pelayan terbaik kepada konsumen.

Agar lebih bisnismu lebih cepat berkembang, berikut beberapa saran yang bisa kamu lakukan:

Sebagai pemilik game center tersebut, kamu juga harus mempelajari dan mengetahui seluk beluk komputer dan teknis reparasinya. Dengan demikian kamu tidak perlu harus memanggil teknisi khusus setiap kali terjadi kerusakan kecil pada komputer, karena tarif jasa teknisi jelas tidak murah. Kamu juga bisa mamastikan bila orang yang dipekerjakan sebagai karyawan atau operator game center juga menguasai seluk-beluk komputer dan perbaikannya.

Selain itu, pastikan persediaan voucher game yang kamu miliki masih banyak dan lengkap. Beberapa pebisnis game center biasanya memang hanya menyediakan voucher game dari publisher paling populer saja dan jumlah stok yang juga terbatas. Padahal itu bisa mengakibatkan gamer yang ingin bermain game dari publisher lain yang kurang populer menjadi tidak nyaman bermain disana, bahkan mungkin tidak akan pernah mengunjungi game center itu lagi karena memang tidak menyediakan voucher game dari publisher tersebut. keterbatasan stok voucher juga membuat pengembangan pasar gamer menjadi lebih sempit karena hanya akan terisi oleh para gamer yang main game dari publisher yang kamu sediakan vouchernya saja.

Sama halnya dengan bisnis warnet, bisnis game center memerlukan izin dan memenuhi ketentuan peraturan hukum yang wajib. Beberapa diantaranya adalah izin RT dan RW, NPWP pribadi atau NPWP perusahaan (Dierjen Pajak), surat domisili usaha (Kecamatan), surat TDP ( tanda daftar perusahaan), surat izin usaha perdagangan dan perusahaan atau SIUPP, surat izin gangguan lingkungan atau HO (kepolisian), surat izin hiburan dan keramaian, dan surat izin jasa internet dari dinas perhubungan.

Perkiraan Modal Awal Bisnis Game Center

Berikut perkiraan investasi awal dan biaya operasional yang akan dikeluarkan untuk membangun dan menjalankan bisnis game center tersebut. Selain itu, juga disajikan perkiraan jangka waktu balik modalnya.

Ingat, Ini hanyalah perkiraan kasar saja. Fakta yang akan anda temukan di lapangan mungkin sangat berbeda dengan perkiraannya. Semua perkiraan mulai dari biaya, modal, dan jangka waktu balik modal sangat relatif dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut diantaranya, Lokasi, Nilai Mata uang, Jumlah Pelanggan, dan sebagainya. Anda mungkin akan mendapatkan keuntungan lebih banyak atau lebih sedikit dari jumlah perkiraan tersebut.

Perkiraan Modal Awal

Renovasi interior Rp 5.000.000
Meja dan kursi client (10 pasang) Rp 6.000.000
Meja dan kursi kasir (2 pasang) Rp 2.000.000
Server game online Rp 6.000.000
PC client game online (10 PC) Rp 50.000.000
Printer client Rp 2.000.000
Printer billing Rp 2.000.000
scanner Rp 600.000
Biaya setup game online (setup server, setup & instalasi 10 titik, setup game, 1 switch 16 port 10/100, 30 m kabel Tp 5E)  

 

Rp 2.800.000

LAN/Instalasi Rp 4.000.000
WAN/Modem Rp 4.000.000
Interior/AC/Cat Rp 9.000.000
Perizinan Rp 2.500.000
Seragam karyawan (6 orang) Rp 1.000.000
Plang nama dan promosi awal Rp 2.500.000
Total Modal Awal Rp 99.400.000

Biaya Operasional per Bulan

Gaji Operator (3 shift, 1 shift 2 orang) Rp 4.000.000
Listrik 10 unit komputer/6600 watt Rp 1.500.000
Koneksi server wireless paket game online Rp 3.000.000
Sewa tempat perbulan Rp 2.000.000
amintenance Rp 1.000.000
Total Pengeluaran Perbulan Rp 11.500.000

Perkiraan Jangka Waktu Balik Modal

Omset perbulan:

Paket hemat:

10 PC game Online X 12 jam X 30 hari X Rp 5.000

= 18.000.000

Paket reguler

10 PC game online X 6 jam X 30 hari X Rp 3.500

= 6.300.000

 

 

 

 

 

 

Rp 24.300.000

Laba perbulan: Rp 24.300.000 – Rp 11.500.000 Rp 12.800.000
Jangka waktu balik modal:

Rp 99.400.000 : Rp 12.800.000

7,8 bulan atau

7 – 8 bulan

Kesimpulan: Tips Memaksimalkan Omset

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan keuntungan adalah membangun usaha sampingan dengan memanfaatkan sebagian tempat dari game center tersebut untuk dijadikan kafe. Di kafe tersebut kamu bisa menjual makanan dan minuman ringan, minuman jus, kue, pulsa, dan sebagainya. Omset dari usaha sampingan tidak bisa dianggap remeh, persoalannya sekalipun dijual sedikit agak mahal dibandingkan warung minum biasa, tetap saja laku.