Bisnis online memang memiliki banyak keunggulan disamping risikonya yang juga cukup besar. Salah satunya adalah online store dapat dijalankan nyaris tanpa modal yang berarti. Juga cakupan pasar yang tak terbatas ruang dan waktu.

Tentu saja toko fisik (konvensional) membutuhkan modal yang cukup besar. Berbeda dengan jualan produk di dunia nyata, produsen (penjual) perlu memiliki toko fisik atau tempat untuk menjajakan produk mereka dengan waktu yang terbatas pula.

Apabila kamu ingin berjualan secara online, maka langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat web store. Dalam pemahaman sederhana, web store dapat diartikan sebagai bisnis yang menjual berbagai macam produk dengan cara memajang gambar/foto/video produk yang akan ditawarkan kepada pembeli melalui internet dengan atau tanpa memiliki produk tersebut.

Meski namanya store (toko), sejatinya bisnis ini berbeda dengan layaknya toko konvensional yang memaksa pembeli harus bertemu dengan penjual secara fisik pada suatu tempat yang disebut toko tadi.

Di web store, siapa saja bisa menjajakan produk yang akan mereka jual kepada siapa saja dan dimana saja. Begitu pula dengan pembeli, bisa memilih produk yang diinginkan dengan berbagai variasi produk dan harga. Jika cocok, pembeli bisa membuat permintaan, kemudian dilanjutkan dengan melakukan transaksi yang juga bisa dilakukan secara online. Setelahnya, produk tersebut dapat dikirim oleh sipenjual ke alamat rumah yang telah dicantumkan oleh sipembeli tadi.

Konsep bisnis ini berawal dari perkembangan kebutuhan masyarakat yang beranekaragam dengan waktu yang semakin terbatas karena tuntutan aktivitas yang semakin padat. Karena itulah hadir web store yang menawarkan kemudahan dalam transaksi jual beli melalui internet. Ini adalah revolusi yang besar pada pasar khususnya Indonesia. Ketersediaan ruang yang semakin sempit, juga biaya yang besar menjadi alasan mengapa banyak produsen beralih menggunakan web store sebagai media jual-beli tersebut.

Alasan Pasti Mengapa Bisnis ini Begitu Menarik

Seperti yang telah kita bahas pada bagian atas, web store dapat mengurangi modal yang akan dikeluarkan secara signifikan. Bisa dikatakan modal yang dikeluarkan untuk membangun bisnis seperti ini, hanya pada saat membangun web store itu sendiri. Modal yang akan dikeluarkan adalah pada membelian domain dan hosting, langganan provider internet atau pulsa untuk membeli kuota internet apabila menggunakan model atau wifi portabel, anggaran gaji karyawan untuk memonitor penjualan apabila bisnismu mulai berkembang. Termasuk juga anggaran biaya produksi seperti pemotretan, telepon, transportasi, listrik, pengiriman, kemasan, dan ATK.

Melalui web store, transaksi menjadi semakin mudah tanpa harus bertemu secara face-to-face dengan pelanggan. Juga tidak perlu harus memiliki produk itu, kamu hanya perlu mengambil gambarnya, kemudian memajangnya di web store-mu. Ketika terjadi transaksi, setelahnya kamu bisa memproses barang yang diminta kemudian mengirimkannya ke alamat pembeli. Tetapi akan lebih baik jika kamu menyediakan stok barang di gudang.

Pangsa pasar yang tidak terbatas pada ruang dan waktu juga menjadi salah satu mengapa bisnis ini menjadi begitu menarik. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi melalui dunia maya, promosi yang kamu lakukan dapat dilihat oleh semua orang di seluruh dunia tanpa mendatangi lokasi produksi atau toko tempat pendistribusiannya.

Langkah-Langkah yang Harus Kamu Lakukan Ketika Memulai Bisnis Ini

Kamu perlu memutuskan jenis produk yang akan dijual melalui web store milikmu. Sebaiknya, ketika diawal-awal membangun bisnis, pilihlah produk khusus yang sangat dibutuhkan oleh konsumen, sehingga web store lebih cepat terkenal, misalnya, pakaian dan perlengkapannya.

Setelah memutuskan produk apa yang akan djual pertama kali, selanjutnya kamu perlu mempersiapkan website yang diperindah dengan foto-foto produk yang menarik perhatian pelanggan. Kamu tidak perlu jago dalam membuat website, kamu hanya perlu memanfaatkan jasa pembuat website yang saat ini sudah bertebaran dimana-mana di internet, dan harganya juga hanya puluhan sampai ratusan ribu saja. Melainkan yang paling penting adalah pastikan bahwa website tersebut menarik dan komunikatif agar pelanggan tertarik untuk mengaksesnya.

Langkah selanjutnya, kamu juga perlu memutuskan apa CMS yang akan kamu gunakan. Apa itu CMS? CMS adalah content management system, yang digunakan untuk mengelola semua konten (video,foto,tulisan) yang akan dipublikasikan di internet. Ada dua pilihan untuk CMS yaitu CMS gratis (atau CMS open source) dan CMS berbayar. Tentu saja CMS berbayar lebih unggul daripada CMS gratisan. Tetepi untuk pemula sebaiknya kamu menggunakan CMS gratisan terlebih dahulu, selain karena tanpa modal, mengelolanya juga lebih mudah. Ketika web store tumbuh dan besar, ketika itulah kamu bisa pindah ke CMS berkualitas premium untuk menunjang perkembangan bisnismu.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Mengenai CMS

Namun apabila kamu ingin menggunakan fasilitas CMS berbayar, saat ini sudah banyak penyedia layanan toko online yang bersedia menyewakan layanan mereka kepada penjual. Harganya juga bervariasi, yang tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti tampilan, kecepetan, dan sistem yang digunakan. Keunggualannya dibandingkan dengan yang gratisan adalah pekerjaanmu menjadi mudah dan support yang lebih baik. Selain itu, dari segi keamanan CMS premium jelas lebih baik.

Dalam pemilihan nama, usahakan nama domain (website) itu selaras dengan nama bisnis yang akan kamu bangun, misalnya: kamu mau jualan pakaian, maka akan lebih baik kamu memilih nama domain www.pakaianmurah.com atau www.pakaianterbaik.com dan lain-lainnya. Ini berguna untuk kebutuhan optimasi SEO yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat teratas di search engine. Sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung tanpa melakukan promosi yang berlebihan.

Aturan pembelian, itu juga penting. Kamu juga perlu menetapkan aturan atau tatacara belanja yang cepat dan jelas serta mudah dipahami oleh pelanggan, mulai dari aturan pemesanan, pembayaran, sampai aturan pengirimannya. Selain itu, kamu juga perlu memasang alamat, e-mail, dan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh pelanggan.

Kemudian, kamu juga perlu mendaftar Inernet Banking yang memiliki jaringan nasional. Melalui fasilitas Internet Banking ini kamu menjadi lebih mudah dalam mengontrol pembayaran yang dilakukan pelanggan.

Sementara untuk urusan pengiriman, kemasan penting untuk perhatikan, baik dari segi kualitas dan juga keamanannya. Pastikan produk tidak akan rusak ketika sampai ditujuan. Kemudian, pilih juga jasa pengiriman yang terpercaya dengan harga yang kompetitif. Simpan nota/resi pengiriman untuk kontrol pengiriman.

Beberapa Hal Umum Yang Hendaknya Kamu Lakukan Demi Meningkatkan Keuntungan

Jika kamu hanya berlaku sebagai penjual saja bukan sebagai produsen, maka kamu perlu menjalin kerjasama dengan produsen yang menyediakan produk yang akan dijual. Lakukan negosiasi harga atau komisi dari setiap penjualan yang terjadi. Terutama, pastikan kamu tidak mengalami kerugian. Dalam hal ini kamu perlu melakukan perhitungan yang spesifik untuk menetapkan harga tersebut. Kamu perlu memperhitungan biaya yang kamu keluarkan, waktu yang terbuang, dan keuntungan yang kamu harapkan.

Dalam pengambilan gambar, gunakan kamera yang berkualitas, agar gambar lebih enak dipandang mata. Kemudian upload dan sertakan keterangan terkait gambar tersebut. Tentu saja harus disertai informasi harga yang kamu tetapkan. Ini juga berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan.

Sementara itu, ketika awal-awal merintis, kamu perlu melakukan promosi agar bisnismu lebih cepat dikenal pelanggan. Promosi ini dapat kamu lakukan dengan cara online seperti menyewa space di sebuah website yang selaras dengan bisnismu atau bekerjasama dengan jaringan iklan seperti Google adWords. Kamu juga bisa melakukan promosi menggunakan media sosial yang ada, bergabung dengan grup atau komunitas terkait, lalu tawarkan produkmu kepada mereka. Selain itu, kamu juga bisa melakukan promosi secara offline, seperti promosi mulut ke mulut atau memasang spanduk di tempat-tempat umum.

Baca juga: Strategi Merancang Iklan Berbasis Internet Sebagai Media Promosi Online

Apabila bisnismu berkembang pesat, tidak mungkin kamu bisa mengurusnya sendiri, maka ajaklah teman atau saudaramu untuk bekerjasama. Kamu memerlukan bantuan mereka untuk memonitor pemesanan dan pengiriman selama 24 jam.

Dalam menjalankan bisnis seperti ini, kepercayaan pelanggan adalah hal yang harus kamu dapatkan dan kamu jaga. Ketika pelanggan melakukan pemesanan, tepati aturan yang telah kamu tetapkan, contohnya waktu pengiriman.

Hal-Hal Mendasar Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Kemudahan Berbelanja

Pertama, buat halaman yang menerangkan kebijakan layanan untuk pembelian, seperti garansi: garansi pengiriman, dan shiping fee. Kedua, cantumkan link “help”, Frequently Askes Question (FAQs), dan layanan telepon bebas pulsa untuk memudahkan pelanggan menghubungi kita apabila mereka punya masalah khusus yang mendesak.

Beri kesempatan pembeli untuk mengumpulkan informasi mengenai produk yang dibelinya tanpa meninggalkan halaman check-out. Kemudian permudah pembeli untuk menambahkan atau mengganti barang yang akan dibelinya, termasuk juga mengubah jumlah, model dan sebagainya. Selain itu, berikan juga informasi shiping cost (Pengiriman barang). Penting juga dilakukan untuk memberikan pelanggan berbagai pilihan alternatif pembayaran seperti transfer rekening, paypal, internet Banking, Kartu kredit, dan sebagainya.

Strategi Umum Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Promosi adalah saran pertama yang selalu disampaikan oleh orang-orang dimarketing. Promosi ini memang miliki peran penting pada pertumbuhan bisnis. Karena dengan melakukannya, bisnis yang kita jalankan akan lebih cepat dikenal masyarakat, yang kemudian berimbas pada percepatan pertumbuhan bisnis itu sendiri. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai metode, itu tergantung kepada mana yang lebih efektif dan efisien. Kita perlu melakukan perhitungan yang terperinci sebelum memutuskan metode apa yang akan digunakan. Jika tidak, promosi yang dilakukan menjadi sia-sia dan tidak berdampak apa-apa pada penjualan.

Bergabunglah dengan komunitas-komunitas terkait, seperti forum-forum online, komunitas di sosial media dan situs iklan baris yang gratis atau berbayar. Dengan melakukan hal ini, sedikit banyaknya akan berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung website.

Baca juga: Upaya Nyata Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

Selain melalui online, kamu juga sebaiknya melakukan promosi secara offline, seperti menggunakan spanduk, penyebaran flyer, menempelkan stiker pada kendaraan, seragam karyawan, kartu nama, souvenir dan segala upaya yang memungkinkan untuk dilakukan.

Kesan pertama merupakan faktor penting dalam menentukan apakah konsumen akan melakukan pembelian atau tidak. Karena itu, kamu perlu memberikan informasi dan deskripsi penting terkait produk yang terpampang untuk meyakinkan pembeli. Tampilan gambar juga harus disajikan semenarik mungkin.

Sementara itu, agar penawaran yang kamu lakukan menjadi lebih menarik, tambahkan insentif seperti dengan memberikan penawaran-penawaran fantastic baik berupa diskon, hadiah, dan sebagainya.

Kesimpulan: Kunci Sukses

Bisnis ini berhubungan searah dengan jumlah pengunjung website dan jumlah pengunjung berbanding searah dengan penjualan. Artinya, semakin banyak pengunjung di website tersebut, maka semakin besar juga peluang terjadinya penjualan, sehingga keuntungan yang didapatkan juga semakin tinggi. Oleh karena itu, kamu harus memikirkan bagaimana agar pengunjung website-mu semakin bertambah banyak. Inilah kunci sukses utama dari bisnis. Untuk itu, kamu perlu mendalami ilmu tentang Optimasi, Promosi yang efektif dan efisien, serta tatacara beriklan yang baik dan benar. Maka perbanyaklah membaca, dan apabila memungkinkan sering-seringlah berkonsultasi dengan orang-orang yang telah berpengalaman di bidang ini.

Baca: Strategi Pemasaran Produk Melalui Teknologi Informasi (Internet)

Tambahan: Perkiraan Modal Awal

Modal Awal Jumlah
Website + Domain + Hosting 1.000.000
Komputer @Rp 2.000.000 x 2 buah 4.000.000
Modem Wifi 600.000
Telepon 700.000
Persediaan Produk (Ex: Jaket) 3.000.000
Total 9.300.000
Biaya Operasional/Bulan Jumlah
Listrik, Internet, Telepon 700.000
Promosi (Online&Offline) 1.000.000
[relatif] Gaji Karyawan x 2 Orang 2.000.000
Biaya lain-lain 800.000
Total 4.500.000
Analisis BEP Jumlah
Target penjualan 20 item perhari, dengan laba/item Rp 25.000, maka laba kotor/bulan adalah:

Rp 25.000 x 20 item x 30 hari

15.000.000
Laba bersih/Bulan:

Rp 15.000.000 – Rp 4.500.000

10.500.000
BEP:

Rp 10.500.000 : Rp 9.300.000

1,12 Bulan atau

1-2 Bulan