Kios Bensin Eceran dan Tambal Ban, Bisnis Sampingan yang Menjanjikan

Kios Bensin Eceran dan Tambal Ban: Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Usaha kios bensin eceran dan tambal ban adalah salah satu bisnis sampingan atau rumahan yang cukup menjanjikan, modal relatif kecil dan rendah risiko. Meski kelihatannya begitu sederhana, namun bisnis bensin eceran dan tambal ban ini dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam membangun bisnis ini yang anda butuhkan hanyalah mendirikan kios sederhana, kompresor botol kaca untuk wadah bensin yang nanti akan dijual secara eceran. Modal yang dibutuhkan untuk operasional tiap hari hanyalah transportasi dan dana untuk pergi membeli bensin ke POM bensin terdekat. Bensin yang dibeli pun tidak perlu banyak-banyak dan begitu habis diecerkan bisa langsung dibeli lagi.

Bila anda ingin menjadikan usaha ini menjadi bisnis utama yang diandalkan, anda cukup membuka beberapa kios sekaligus dan mencari karyawan yang bisa diajak kerjasama untuk menjalankan usaha ini. Bila anda ingin pendapatan yang lebih besar setiap harinya, usaha yang satu ini bisa digabung dengan usaha lain seperti, jualan pulsa elektronik, jualan majalah dan koran, makanan dan minuman ringan, dan sebagainya. Bisa dipastikan, usaha yang sederhana ini akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

Mengapa usaha kios bensin & tambal ban?

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini relatif kecil dan jangka waktu balik modal cenderung lebih cepat. Selain untuk membeli bensin modal yang dibutuhkan hanyalah untuk membeli botol sebagai wadah bensin eceran. Botol tersebut juga bisa dibeli dari pemulung atau pengepul barang-barang bekas dengan harga yang relatif murah.

Sementara, cara menjalankan usaha terbilang mudah bahkan tidak perlu turun tangan langsung ke lapangan. cukup dengan menyediakan kios kemudian anda mempekerjakan orang lain untuk menjalankan usaha tersebut. Dengan kata lain, usaha bensin eceran bisa menjadi bisnis sampingan yang tidak menguras tenaga.

Selain itu, barang yang dijual, bensin bisa dibilang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Dengan kata lain, semua orang pasti membutuhkan produk ini. Sehingga kecil kemungkinan anda mendapatkan kerugian dari bisnis ini.

Kamu juga bisa menggabungkan usaha ini dengan usaha lain seperti, jualan pulsa elektronik, jualan majalah dan koran, makanan dan minuman ringan. Jika anda melakukannya dengan baik, maka keuntungan yang bisa anda dapatkan menjadi berlipat ganda.

Dan.. yang terpenting adalah modal awal untuk memulai usaha ini tidak banyak. salah satunya biaya promosi usaha, yang bisa dikatakan hampir tidak membutuhkan promosi untuk memperkenalkan usaha anda kepada masyarakat. Promosi lazim digunakan hanyalah dari mulut ke mulut untuk merekomendasikan kios anda kepada siapa saja. Selain itu, setiap orang yang lewat didepan kios anda juga terkadang sering membeli produk tersebut meski ia tidak mengetahui tempat tersebut sebelumnya.

Apakah kamu tertarik buka usaha tambal ban ini?

Jika iya, sebagai langkah awal, anda perlu memilih lokasi yang paling strategis dan dekat dengan pasar sasaran anda untuk membuka kios tersebut. pilihan terbaik adalah tempat yang ramai, banyak orang beraktifitas di sekitar tempat tersebut , baik siang hari maupun malam hari. Usahakan jangan terlalu dekat dengan POM bensin. Alasannya, orang akan lebih memilih membeli bensin langsung ke POM bensin ketimbang membeli di kios eceran.

Setelah mendapatkan lokasi yang tepat untuk membuka usaha tersebut, selanjutnya mempersiapkan kios itu sendiri. Kios untuk usaha seperti ini biasanya hanya semacam rombongan atau tidak permanen (menetap). Barang dagangan seperti majalah, makanan dan minuman bisa ditaruh di tempat tertentu. Sedangkan untuk bensin eceran dan peralatan tambal ban bisa ditaruh diluar.

Selanjutnya, anda perlu menyiapkan peralatan mulai dari kompresor dan peralatan tambal ban, botol bensin dan perlengkapan lain. persiapkan juga barang dagangan tambahan lain seperti makanan dan minuman ringan, hingga persediaan ban dalam dan ban luar motor yang masih baru. Hal ini berguna bila sewaktu ada konsumen yang hendak mengganti ban dikios anda.

Carilah karyawan untuk membantu anda mengelola dan menjalankan usaha ini. Anda bisa menetapkan sistem bagi hasil atau sistem setoran kepada karyawan tersebut. Sehingga anda tidak kerepotan dalam menjalankan usaha ini dan anda juga bisa membangun usaha lain ditempat lain.

Setiap usaha selalu memiliki hambatan yang disebut juga dengan risiko. Lalu apa risiko bisnis ini?

Yang pertama adalah masalah kepercayaan pelanggan. Ini terjadi karena masih ada sebagian penjual bensin yang ingin mengeruk keuntungan lebih banyak dengan mencampurkan bensin dengan bahan bakar lain yang lebih murah. Tentu saja tindakan seperti ini akan mencemarkan dan menurunkan kepercayaan pelanggan pada bisnis bensin eceran. Untuk menyikapinya anda perlu menambahkan tulisan “Bensin Murni” pada spanduk ditempat anda jualan.

Selain itu, bahan bakar bensin bukanlah produk yang mudah didapatkan. Tidak semua POM bensin yang ada disetipa kota memperbolehkan pembelian bensin dengan menggunakan jerigen. Untuk menyikapinya, anda perlu mencari tahu POM bensin yang mau menjual bensin kepada pembeli yang menggunakan jerigen tersebut. Selain itu, sebaiknya belilah bensin dalam ukuran yang masih wajar, tidak perlu kelewatan banyak. Sebab ini akan menimbulkan kecurigaan dan razia. Bila dirasa masih kurang banyak untuk memenuhi persediaan, anda bisa membeli beberapa kali dalam sehari dalam jangka waktu tertentu.

Lalu, berapa dana yang harus kita keluarkan untuk menjalankan bisnis ini?

Berikut perkiraan investasi awal dan biaya operasional yang akan dikeluarkan untuk membangun dan menjalankan bisnis kios bensin eceran dan tambal ban tersebut. Selain itu, juga disajikan perkiraan jangka waktu balik modalnya.

Ingat, Ini hanyalah perkiraan kasar saja. Fakta yang akan anda temukan di lapangan mungkin sangat berbeda dengan perkiraannya. Semua perkiraan mulai dari biaya, modal, dan jangka waktu balik modal sangat relatif dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut diantaranya, Lokasi, Nilai Mata uang, Jumlah Pelanggan, dan sebagainya. Anda mungkin akan mendapatkan keuntungan lebih banyak atau lebih sedikit dari jumlah perkiraan tersebut.

Investasi Awal Usaha

Kios & Rak Bensin (4 Kios) 8.000.000
Persediaan Barang Awal (4 kios) 10.000.000
Perlengkapan Tambal Ban (4 Kios) 800.000
Rak Makanan & Minuman (4 Kios) 800.000
Toples & derigen bensin 500.000
dlln 300.000
Total modal awal 20.400.000

Biaya Operasional per Bulan

Gaji karyawan (2 shift) (8 orang) 5.200.000
Listrik, air & telephone 800.000
Biaya kebersihan 300.000
Barang kebutuhan tambal ban (karet mentah, dlln) 300.000
Total Biaya operasional/Bulan 6.600.000

Perkiraan Jangka waktu balik modal

Omset/Bulan
Bensin & Dagangan lain:
@Rp. 80.000 x 4 Kios x 26 hari = Rp. 8.320.000
Tambal ban:
@Rp. 6.000 x 20 (kali) x 4 (kios) x 26 hari = Rp. 12.480.000
20.800.000
Laba Perbulan:
20.800.000 – 6.600.000
14.200.000
Jangka Waktu Balik Modal:
20.400.000 : 14.200.000
1,4 Bulan atau
1-2 Bulan

Kesimpulan: Tips Sukses

Dalam menjalankan usaha, apapun usahanya, pelayanan terhadap pelanggan adalah salah satu point utama yang perlu diperhatikan. Bila anda bisa memberikan hasil tambalan yang bagus, cepat dan rapi atau bensin eceran yang terjamin kemurniannya, maka konsumen anda akan merasa senang dan tidak menutup kemungkinan mereka akan merekomendasikan usaha anda kepada rekan terdekatnya dan begitu seterusnya.

Sementara itu, ketika membuka kios bensin eceran, anda perlu berhati-hati terhadap percikan api atau bensin tumpah yang kemudian bisa saja menyulut bensin dan terjadi kebakaran. Untuk mengatasinya, pastikan bila tempat bensin yang anda gunakan benar-benar aman, tidak goyang,tertutup rapat atau tidak bocor. Selain itu, jauhkan kios bensin anda dari korek api dan semacamnya yang memicu kebakaran.

You may also like...