Kisah Sukses Mario Polegato: Pemilik Perusahaan Sepatu Geox

Kisah-Pengusaha-Sukses-Mario-Moretti-Polegato-Pemilik-Perusahaan-Sepatu-Geox

Mario Moretti Polegato adalah seorang pengusaha yang sukses dalam bidang sepatu. Namanya menjadi terkenal setelah ia berhasil membawa produk andalannya sepatu Geox menjadi produk yang paling dicari di Italia. Mario adalah anak seorang pengusaha Wine yang terbilang sukses di Italia.

Mario Polegato lahir pada tahun 1952 di Crocetta Del Montello. Setelah lulus kuliah, mario bekerja di perusahaan keluarganya. Perusahaan merupakan perusahaan yang telah dikenal luas dan memiliki 7 lokasi pembuat wine di seluruh Italia.

Kisah bisnis mario berawal dari perjalanannya ke Reno, Nevada, Amerika Serikat. Ketika itu ia bertugas mempromosikan wine buatan keluarganya. Saat itu, Mario merasa suntuk dan ingin berjalan-jalan di padang pasir. Terganggu dengan kaki yang berkeringat, ia mendapat ide dengan membuat lubang di kedua sepatunya, agar udara bisa keluar masuk. Saat itu ia berpikir ini adalah sebuah ide yang hebat, bisa dijual dan menghasilkan uang.

Setelah beliau kembali ke Italia, Ia pun mulai mengembangkan ide itu. Selain itu, dulu beliau juga tertarik dengan teknologi baju luar angka yang dikembangkan NASA. Dari sini, Beliau kemudian mengembangkan ide tentang sepatu yang berventilasi tersebut. Hingga akhirnya, beliau pun ingin membuat sepatu yang mampu mengeluarkan keringat dan mencegah air masuk ke dalam sepatu.

Ide mario ini terganjal oleh minimnya pengalaman yang dimilikinya. Beliau tidak punya pengalaman tentang cara membuat sepatu dan bagaimana mendistribusikannya. Agar ide tersebut tidak hilang, beliau pun mencoba menghubungi para produsen sepatu besar di Amerika Serikat, Jerman, dan Italia. Produsen sepatu tersebut yaitu, Puma, Timberland, Reebok, Adidas, Nike. Namun, proposal beliau tidak diterima.

Pada tahun 1995, Mario pun nekat memulai usahanya sendiri dengan memproduksi sepatu. Tanpa pengalaman, ia memberanikan diri untuk mengambil apapun resiko yang harus ditanggungnya. Hingga akhirnya, Beliau mulai mematenkan desainnya, kemudian mencari nama yang bagus dan mendapatkan nama Geox.

Setelah berhasil memproduksinya, Mario pun mulai memikirkan strategi penjualan. Beliau menggunakan strategi yang sedikit berbeda, dengan menyasar ke segmen kelas menengah atas. Saat itu, Pangsa pasarnya yang pertama adalah anak-anak.

Dalam waktu yang singkat, sepatu Geox tersebut menjadi sepatu yang favorit di masyarakat Italia. Dalam waktu 5 tahun, Geox berkembang pesat. Setelah sukses, perusahaan keluarga yaitu perusahaan pembuat wine ia serahkan kepada adiknya.

Pada tahun 2000, Beliau pun memulai ekspansi ke luar negeri dengan membuka gerai-gerai baru di kota-kota besar. Hingga dalam waktu 15 tahun, mario mampu mencetak kekayaan yang sangat besar. Forbes menempatkannya dalam urutan 468 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan sebesar US$ 1,5 Miliar.

Pada tahun 1998, Geox mencatat penjualan 1,4 juta pasang. Pada tahun 1999, angka penjualan meningkat menjadi 6,5 juta pasang sepatu.

You may also like...