Rumah Makan Padang, Bisnis Kuliner yang Mewabah Kemana-Mana

cara-membangun-bisnis-kuliner-rumah-makan-padang

Rumah makan padang merupakan salah satu usaha kuliner yang sangat populer di Indonesia. Boleh dikatakan belum ada yang mampu mengalahkan kepopuleran dari bisnis kuliner yang satu ini. Hal ini jelas terlihat di lapangan, cobalah perhatikan. Dimana saja berada kamu bisa menemukan rumah makan padang.

Jurus ampuh dari bisnis kuliner ini terletak pada masakannya yang bergelar rendang, yang bahkan pernah terpilih sebagai masakan paling unik di seluruh dunia. Keunikan masakan ini salah satunya terletak pada ketahanannya. Jarang atau mungkin tidak ada masakan yang bisa tahan sampai 1 bulan seperti rendang.

Keunikan lain dari kuliner padang ini adalah samba balado yang memiliki citarasa unik yang pedas. Ini sudah menjadi ciri khas dari masyarakatnya yang doyan makanan super pedas.

Lantaran sangat populer di kalangan masyarakat indonesia, banyak juga pengusaha yang bukan berdarah minang (padang) yang ikut membuka usaha rumah makan padang tersebut. Bahkan sebagian dari mereka juga ada yang hanya nebeng nama saja. Sementara, citarasa makanannya tidak sama seperti masakan orang minang asli.

Selain bisa dibangun secara mandiri, sekarang bisnis kuliner ini juga telah di waralabakan. Akibatnya, calon pengusaha baru yang tidak tahu apa-apa tentang masakan padang pun ikut serta membuka bisnis rumah makan padang tersebut. Nah, karena itu rumah makan padang bisa menjadi salah satu pertimbanganmu dalam memilih usaha kuliner.

Mengapa Bisnis Kuliner Padang?

Pertama, ini adalah bisnis kuliner, bisnis makanan, yang kita tahu bahwa bisnis ini tidak akan ada matinya. Semua orang membutuhkan makanan dan minuman.

Meskipun setiap orang memiliki selera yang berbeda, namun produk rumah makan padang ini tetap bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyak pengusaha yang memilih bisnis kuliner tersebut. Kalau tidak disukai, tidak mungkin bisnis ini bertahan dan terus berkembang.

Dan.. sepertinya tidak hanya rendang atau samba balado saja, tetapi masih banyak ragam masakan dengan citarasa yang berbeda yang bisa ditawarkan. Ini juga menjadi daya tarik dari kuliner ini. Diantara ada ayam bakar khas padang, ayam goreng, kikil, paru lele goreng, ikan mas dan sebagainya. Hal khas itulah yang memungkinkan bisnis makan padang bertahan.

Kemudian, bisnis ini telah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kamu tidak perlu melakukan promosi berlebihan untuk mendapatkan pelanggan. Hampir semua rumah makan padang terkenal memiliki ciri-ciri masakan yang sama enak. Sebab inti dari bisnis rumah makan padang ini adalah sama, sama-sama makanan padang. Dengan kata lain, ketika seorang pengusaha membuka bisnis rumah makan padang, dalam benak masyarakat semua sama, Meski sebenarnya berbeda. Nah, hal inilah salah satu kelebihan dari bisnis rumah makan padang tersebut.

Nah, bagaimana? kamu tertarik untuk menggeluti bisnis kuliner ini? Jika iya, berikut beberapa saran untukmu:

Pilih lokasi yang strategis, karena lokasi adalah faktor utama dalam mendapatkan perhatian pelanggan. Ini mutlak harus dipenuhi, tidak mungkin kamu membangun usaha di daerah yang hanya terdiri dari sedikit orang. Sebagai gambaran, misalnya di area perkantoran, dekat kampus, dekat rumah sakit, dekat hotel, dan daerah padat penduduk lainnya.

Setelah lokasi ditetapkan, selajutnya adalah membangun gedung dan mendesainnya sehingga terlihat menarik. Namun, jika kamu telah memiliki tempat, atau menyewa tempat, kamu hanya perlu merenovasinya sehingga menarik.

Selanjutnya adalah mencari karyawan yang memenuhi kriteria, untuk mengisi bagian-bagian pekerjaan tertentu. Yang paling utama adalah koki yang jago membuat masakan padang. Kemudian petugas kebersihan dan pelayan untuk mengantarkan makanan, petugas keamanan dan parkir, dan sebagainya yang mungkin dibutuhkan.

Kamu juga perlu mempersiapkan prasarana yang memenuhi standar rumah makan. Agar lebih jelas, kamu bisa survey ke rumah makan lain.

Jangan lupa untuk mengurus perizinan usaha. Ini demi posisi bisnismu lebih kuat dimata hukum apabila terjadi masalah.

Selain yang di atas, Berikut bebeapa tips untuk menunjang keberhasilan penjualanmu:

Coba ciptakan keunikan tertentu, yang bisa membuat suasana makan menjadi lebih menarik. Pikirkan suasana tertentu yang menjadi pembeda antara rumah makan kamu dengan rumah makan yang lain. Misalnya dengan menembahkan fasilitas musik atau menciptakan suasana yang asri atau hal lain yang memikat. Keunikan ini juga perlu didukung oleh desain interior usaha.

Langkah Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah belajar dan terus belajar untuk mengembangkan bisnismu. Misalnya dengan melakukan survey ke rumah makan lain yang memiliki banyak konsumen, kemudian pelajari.

Memiliki Banyak Kelebihan Bukan Berarti Tidak Memiliki Kekurangan, Kita Bisa Menyebutnya Dengan Risiko Bisnis Kuliner. Ini Diantaranya:

Pertama, kamu tidak hanya berhadapan dengan pesaing di bisnis rumah makan padang saja tetapi juga rumah makan lain. Sebut saja sebagai risiko barang substitusi (pengganti). Maka dari itu, Selain menyajikan makanan yang lezat, perlu juga memperhatian Poin-poin utama yang telah disebut di atas. Ini merupakan risiko dari luar usaha.

Sedangkan risiko dari dalam adalah makanan merupakan produk yang mudah basi. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menerapkan manajemen persediaan yang mantap.

lalu, berapa modal yang harus dikeluarkan untuk mengadakan usaha ini?

Berikut perkiraan investasi awal dan biaya operasional yang akan dikeluarkan untuk membangun dan menjalankan bisnis rumah makan padang tersebut. Selain itu, juga disajikan perkiraan jangka waktu balik modalnya.

Ingat, Ini hanyalah perkiraan kasar saja. Fakta yang akan anda temukan di lapangan mungkin sangat berbeda dengan perkiraannya. Semua perkiraan mulai dari biaya, modal, dan jangka waktu balik modal sangat relatif dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut diantaranya, Lokasi, Nilai Mata uang, Jumlah Pelanggan, dan sebagainya. Anda mungkin akan mendapatkan keuntungan lebih banyak atau lebih sedikit dari jumlah perkiraan tersebut.

Analisa Modal Awal

Renovasi Tempat Usaha Yang Menarik Rp 20.000.000
Display/Etalase Rp 5.000.000
Meja Dan Kursi Rp 8.000.000
Peralatan Memasak Rp 5.000.000
Peralatan Makanan Rp 3.000.000
Perlengkapan Lain:
Tempat tisu, tempat sampah, kipas angin (AC), Tempat Sendok, dlln
Rp 2.000.000
Etalase Kaca Rp 3.000.000
Papan Nama Rp 1.000.000
Seragam Karyawan (8 Orang) Rp 1.000.000
Perizinan Rp 1.000.000
Promosi Rp 2.000.000
Total Modal Awal Rp 51.000.000

Biaya Operasional per Bulan

Sewa Gedung Dan Tempat Usaha/Bulan Rp 1.000.000
Biaya overheads (listrik, air, dlln) Rp 500.000
Bahan Baku Makanan dan Bumbu Rp 15.000.000
Bahan bakar Rp 10.000.000
Gaji Karyawan (8 Orang) Rp 12.000.000
Total Biaya Operasional/Bulan Rp 38.500.000

Perkiraan Jangka Waktu Balik Modal

Perkiraan Omset/Bulan
Makanan:
@ Rp 12.000 X 100 Porsi X 30 hari = Rp 36.000.000
Minuman:
@ Rp 5.000 X 100 Gelas X 30 hari = Rp 15.000.000
Total Omset/Bulan:
Rp 36.000.000 + Rp 15.000.000
Rp 51.000.000
Laba/Bulan:
Rp 51.000.000 – Rp 38.500.000
Rp 12.500.000
Jangka Waktu Balik Modal:
Rp 51.000.000 :  Rp 12.500.000
4-5 Bulan

Kesimpulan: Tips Sukses

Diawal-awal membangun, kamu sebaiknya memilih lokasi yang strategis, yang mudah dijangkau dan ramai pelanggan. Ini adalah kunci sukses yang pertama, jadi jangan asal-asalan dalam memilih lokasi.

kedua, karena bisnis ini adalah bisnis kuliner, jangan memandang sebelah mata citarasa masakan dan minuman yang kamu sajikan. Ini juga merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam membangun bisnis kuliner. Disukai atau tidaknya produk kamu oleh pelanggan bisa dilihat pada, apakah pelanggan tersebut berkeinginan untuk kembali lagi di kemudian hari. Agar data dan informasi lebih lengkap, lakukan survei kepada pelanggan dan kembangkan.

lalu masalah kebersihan, ingatlah bahwa bisnis kamu adalah bisnis kuliner, bisnis makanan. Dimana, pelanggan akan selalu memperhatikan masalah kebersihan tempat dan makanan itu sendiri. Kebersihan tempat usaha juga dapat membentuk image makanan yang dijual. Maka dari itu, perhatikan kebersihan tempat dan juga makanan yang dijual.

Pelayanan yang baik juga merupakan unsur penting dalam memikat hati konsumen. Maka dari itu, berikanlah pelayanan yang cepat, ramah, dan nyaman.

You may also like...