Bisnis Jual-Beli Pulsa: Usaha Sampingan Untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Ibu Rumah Tangga

Bisnis-Jual-Beli-Pulsa-Peluang-Usaha-jualan-pulsa-Tips-Sukses-membuka-usaha-pulsa-dan-analisis-Modal-awal

Bisnis jual-beli pulsa merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan handphone yang saat ini telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang, baik yang mudah maupun yang tua. Kita tahu bahwa fungsi handphone pada dasarnya adalah untuk komunikasi. Sedangkan untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui handphone, dibutuhkan pulsa. Maka dari itu, Handphone selalu berkaitan dengan pulsa.

Bahkan selain dipengaruhi oleh perkembangan handphone, bisnis pulsa ini juga dipengaruhi oleh perkembangan internet. Siapa yang tidak terkoneksi dengan internet pada zaman sekarang?. Sedangkan, untuk koneksi internet tersebut dibutuhkan paket data. Untuk dapat membeli paket data tersebut dibutuhkan pulsa elektrik.

Meskipun sekarang paket data bisa di beli dengan cara lain, tetap saja lebih muda beli paket data menggunakan pulsa. Selain itu, risiko bisnis jualan pulsa ini juga sangat kecil, bisa dikatakan tidak ada. Bisnis pulsa tidak mengenal yang nama basi seperti makanan, atau tidak terpakai seperti barang elektronik. Tetapi pulsa selalu dibutuhkan dan pasti habis tanpa tersisa.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis jualan pulsa adalah usaha yang menguntungkan dan tak ada ada habis-habisnya. Oleh karena itu, Sudah jelas bisnis ini termasuk salah satu usaha yang layak untuk dicoba dan dijalankan. Meski mudah dan keuntungannya besar, namanya bisnis tetap memiliki kendala yang perlu diperhatikan. Pada halaman ini nanti juga akan dijelaskan beberapa kunci sukses dan tips untuk memaksimalkan keuntungan jualan pulsa tersebut.

Mari kita ulas lebih dalam tentang kelebihan bisnis ini

Jualan pulsa dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa harus memkamung gelar dan pendidikan. Bisnis jualan pulsa tidak membutuhkan adanya keahlian khusus. Sebab bisnis jualan pulsa hanya terletak pada kemampuan kamu menjualnya.

Sementara untuk memulai bisnis Jualan Pulsa, pada dasarnya tidak perlu harus mengeluarkan modal untuk sewa gedung atau toko, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli peralatan dan perlengkapan mahal, tidak perlu membayar tagihan listrik dan air, dan sebagainya. Sebab, kamu hanya perlu memiliki handphone biasa, lalu membeli pulsa, kemudian menjualnya. Simple dan mudah.

Dari segi risiko, seperti yang telah dijelaskan di bagian pembukaan. Pulsa sudah seperti makanan yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang. Ada handphone pasti harus ada pulsa. Ingin terkoneksi ke internet perlu adanya paket data yang dibeli dengan pulsa.

Dalam menjalankan bisnis jualan pulsa, tidak perlu harus mengikuti seminar untuk belajar. Siapapun sudah pasti tahu bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk jualan pulsa.

Faktor pendukung utamanya adalah kebutuhan komunikasi dan koneksi internet. Pada saat sekarang aktivitas ini telah menjadi kebutuhan primer, yaitu kebutuhan wajib yang sulit untuk dihindari. Sedangkan, untuk bisa berkomunikasi dan koneksi internet dibutuhkan adanya pulsa dan paket data. Hal ini menjadikan bisnis jualan pulsa semakin menguntungkan.

Agar bisnis ini tetap berjalan, tidak perlu harus menetap disuatu tempat. Ketika kamu pergi kuliah atau pergi bekerja pun kamu tetap bisa jualan. Ketika kamu sedang ngobrol dengan teman atau kumpul-kumpul atau sedang mengikuti acara pesta, kamu tetap bisa jualan. Bahkan teman saya yang sedang berada di puncak gunung pun masih sempat-sempatnya jualan pulsa.

Selain memiliki kelebihan, bisnis jual-beli pulsa juga memiliki kendala, berikut kendala utama dari bisnis ini:

Kendala utama dari bisnis ini yang paling menonjol adalah masalah jaringan. Terkadang gangguan pengiriman pulsa sering terjadi eror. Akibatnya, pulsa yang dikirim tidak masuk ke nomor pelanggan. Efek dari masalah ini, membuat image usaha kamu menjadi buruk karena keluhan pelanggan.

Untuk mengatasinya, Mintalah pengertian kepada pelanggan kamu dan berikan penjelasan dengan ramah. Selain itu, tunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab untuk masalah ini.

Kemudian, masalah operasional. Ketika hendak mengirim pulsa kepada nomor pelanggan terkadang terjadi kesalahan nomor dan jumlah pulsa. Kesalahan ini tentu akan sangat merugikan penjual, sebab konsumen tentu saja tidak mau tau dengan masalah ini.

Untuk mengatasi dan mengantisipasi masalah ini, Diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam mentransfer pulsa. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan voucher sebagai pengganti pulsa elektrik dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, sering juga terjadi konflik antar penjual pulsa, lantaran karena salah satu dari mereka merasa dirugikan. Untuk mengatasinya, kamu perlu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar dan mengikuti aturan yang berlaku. Misalnya menetapkan harga sesuai dengan pasarannya.

Jika kamu tertarik dengan bisnis ini, berikut beberapa saran buatmu sebelum beroperasi:

Pertama, bagi kamu yang ingin membuka konter, partama-tama tentukan lokasi yang strategis. Kamu bisa menyewa tempat, tetapi jika memiliki modal lebih, kamu bisa mendirikan sebuah toko atau konter. Hendaknya lokasi tersebut berdekatan dengan jalan ray, pasar, kos-kosan, area perkantoran, perumahan, atau pemukiman padat penduduk.

Kemudian, siapkan semua perlengkapan mulai dari pengadaan etalase, Ponsel, Kursi, meja, hingga plang papan nama yang akan digunakan untuk memajang jenis dan harga voucher atau pulsa elektrik yang akan dijual.

Hiasi tempat usaha kamu dengan desain ruangan yang sederhana tetapi enak dipkamung mata, bersih, rapi dan menarik.

Untuk memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis, kamu bisa bergabung dengan jaringan penjual/distributor pulsa. Saat ini distributor pulsa sangat mudah untuk kamu temukan dimana saja. Selain itu kamu juga menemukan mereka di internet atau media sosial.

Selain itu, keuntungan bergabung dengan distributor tersebut adalah hemat pemakaian pribadi karena harga pulsa ang ditawarkan lebih murah dari harga pasar. Distributor terkadang juga memberikan fee bagi mereka yang berhasil mengajak orang lain untuk bergabung bersama mereka.

Agar usahamu lebih cepat berkembang dan berkelanjutan, ini rekomendasi yang bisa kamu lakukan:

Lantaran harga jual pulsa rata-rata terbilang sama, maka untuk memenangkan kompetisi dan meraih hati pelanggan, berikan pelayanan yang baik, ramah, cepat dan nyaman.

Kemudian, kamu juga bisa meminta teman kamu untuk menyampaikan kepada temannya yang lain agar membeli pulsa kepada kamu ketika mereka membutuhkan pulsa. Selain itu kamu juga bisa menyebarkannya melalui media sosial dan media chatting menggunakan akun pribadi kamu.

Analisis Modal Usaha konter Pulsa

Berikut perkiraan investasi awal dan biaya operasional yang akan dikeluarkan untuk membangun dan menjalankan usaha jualan pulsa tersebut. Selain itu, juga disajikan perkiraan jangka waktu balik modalnya.

Ingat, Ini hanyalah perkiraan kasar saja. Fakta yang akan anda temukan dilapangan mungkin sangat berbeda dengan perkiraannya. Semua perkiraan mulai dari biaya, modal, dan jangka waktu balik modal sangat relatif dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut diantaranya, Lokasi, Nilai Mata uang, Jumlah Pelanggan, dan sebagainya.

Investasi Awal Bisnis Jualan Pulsa

Desain Toko/Konter Rp 3.000.000
Beli Etalase Rp 1.000.000
Perlengkapan (Contoh, Kursi 5 Buah) Rp 400.000
Handphone (3 buah) Rp 2.000.000
Papan Nama Rp 500.000
Seragam Karyawan (2 Orang) Rp 300.000
Total Modal Awal Rp 7.200.000

Biaya Operasional Per Bulan

Sewa Tempat Rp 600.000
Gaji Karyawan Rp 3.000.000
Biaya Listrik dan Air Rp 200.000
Deposit Rp 4.000.000
Total Biaya Operasional/Bulan Rp 7.800.000

Perkiraan Jangka Waktu Balik Modal

Perkiraan Omset/Bulan:
@Rp 10.000 X 50 Transaksi X 30 hari
Rp 15.000.000/Bulan
Laba/Bulan:
Rp 15.000.000 – Rp 7.800.000
Rp 7.200.000
Jangka Waktu Balik Modal:
RP 7.200.000 : Rp 7.200.000
1 Bulan

Kesimpulan: Tips Memaksimalkan Laba

Pertama, kamu bisa menetapkan harga lebih rendah dari pesaing. Pada umumnya, harga selalu menjadi pertimbangan konsumen ketika hendak membeli pulsa, meski perbedaannya sedikit. Maka dari itu, turunkan harga sedikit lebih murah dibandingkan harga pasaran disekitar tempat usaha kamu. Lagi pula, tidak masalah mengurangi sedikit laba demi mendapatkan banyak pelanggan.

Selain jualan pulsa kamu juga dapat menambahkan produk lain seperti handphone dengan perlengkapannya, makanan ringan, dan sebagainya. Dengan demikian, keuntungan yang kamu dapatkan semakin banyak.

You may also like...