Bisnis Karaoke, Investasi Menjanjikan Untuk Masa Depan

peluang-usaha-menjalankan-bisnis-rumah-karaoke

Jika kamu ingin bergelut di bidang bisnis hiburan, mungkin bisnis rumah karaoke layak untuk kamu pertimbangkan. Mengapa?. Minat masyarakat terhadap hiburan ini semakin hari semakin meningkat. Terutama di kalangan pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Rumah karaoke seolah-olah telah menjadi tempat wajib dikunjungi untuk melepaskan kejenuhan karena tugas dan pekerjaan yang telah menjadi rutinitas mereka sehari-hari.

Disana mereka bisa bersantai, berbincang-bincang sambil bernyanyi bersama teman-teman. Tak lupa pula upload foto ke sosial media bersama teman-teman sewaktu di rumah karaoke untuk berbagi kesenangan pada teman-teman yang lain. Cara seperti ini juga telah menjadi gengsi dan kebanggaan tersendiri bagi mereka.

Semua itulah yang menjadikan bisnis rumah karaoke semakin berkembang. Tak heran jika saat ini telah banyak bermunculan rumah karaoke yang menawarkan berbagai fasilitas dan kenyamanan bagi pengunjung. Mulai dari kelas biasa hingga konsep bintang lima juga ada. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pengunjungnya.

Ketika kamu berencana membangun rumah karaoke, Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih lokasi strategis. Hendaknya tempat usaha tersebut cukup luas dan memiliki jarak beberapa meter dari rumah penduduk sekitar. Selain itu, kamu juga perlu menyediakan lahan parkir yang juga harus luas agar bisa menampung banyak kendaraan pelanggan. Selanjutnya kamu perlu menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Peralatan tersebut antara lain perangkat audio dan sound system karaoke, mikrofon, peredam suara, tempat duduk, bank lagu semua genre musik, dan sebagainya. Selain itu pengusaha rumah karaoke juga perlu merancang desain interior yang menarik Sebab kenyaman selama bernyanyi di ruang karaoke merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Dengan desain ruang yang menarik dapat membuat pengujung betah berlama-lama disana. Oleh karena itu kamu perlu merancang desain interior rumah karaoke menjadi menarik, enak dipkamung mata, dan terkesan mewah.

Selanjutnya adalah merekrut karyawan yang bisa menjalankan bisnis rumah karaoke tersebut. hendaknya karyawan yang dipilih bisa dikamulkan dan dapat dipercaya. Mulai dari resepsionis atau penerima tamu, operator, pramusaji, keamanan (security), hingga tukang parkir. Selain itu, jika usaha tersebut cukup besar, kamu juga perlu memilih leader atau pemimpin jalannya operasional sehari-hari. Tunjuklah seseorang yang bisa dikamulkan untuk menjadi manajer.

Agar usaha lebih cepat dikenal oleh banyak orang, kamu perlu melakukan promosi usaha. Hal ini penting agar usaha karaoke tersebut segera mendapatkan pelanggan yang banyak. Sehingga jangka waktu balik modal juga semakin cepat. Alangkah baiknya usah tersebut didukung dengan usaha kafe untuk menyediakan makanan dan minuman. Fasilitas ini bisa meningkatkan pendapatan usaha.

Mengapa bisnis karaoke?

Pertama, bisnis ini bergerak dibidang hiburan. Salah satu bisnis yang bisa dibilang tidak akan pernah mati adalah bisnis hiburan. Nah, salah satu bisnis yang bergerak di bidang hiburan adalah rumah karaoke. Maka dari itu, bisnis ini memiliki peluang dan prospek ke depan yang sangat bagus.

Kedua, bernyanyi merupakan suatu hobi yang disukai oleh banyak orang. Bisa dikatakan bernyanyi merupakan aktivitas yang ringan dan disukai oleh masyarakat Indonesia, terutama kaum remaja dan dewasa. Tetapi sayangnya mereka tidak punya tempat untuk menyalurkan hobi tersebut. Mereka bernyanyi bukan untuk mencari keuntungan tetapi hanya sekedar untuk melepaskan kejenuhan karena tugas dan pekerjaan. Untuk itu mereka butuh tempat yang bisa memenuhi keinginan tersebut. Tempat dimana mereka bisa bernyanyi sepuasnya tanpa takut diusik, diganggu atau ditertawakan oleh orang lain. Pilihan terbaik bagi mereka adalah rumah karaoke.

Ketiga, bisnis karaoke tidak mengenal musim, tidak ada hari libur, dan tidak ada tanggal merah. Setiap hari selalu saja ada yang datang. Bahkan seringkali pengunjung melakukan booking jauh-jauh hari agar bisa menyewa tempat dirumah karaoke tersebut. Hal ini terjadi karena begitu banyaknya pengunjung yang antri untuk menyewa salah satu kamar di rumah karaoke tersebut.

Keempat, meskipun modal awal dan biaya operasional usaha rumah karaoke ini terbilang cukup tinggi, tetapi itu sebanding dengan keuntungan dan prospek ke depannya. Ini terjadi karena begitu banyaknya pengunjung yang akan membutuhkan jasa rumah karaoke sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan.

Kelima, jasa ini dibutuhkan oleh banyak orang. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian atas, masyarakat terutama di daerah perkotaan sering kekurangan hiburan. Bukan karena tidak memiliki dana untuk mendapatkannya, tetapi tempat untuk menyalurkan hobi dan hiburan itu sendiri yang sulit untuk didapatkan. Tapi dengan kehadiran rumah karaoke, masyarakat bisa menyalurkan hobi bernyanyi, menciptakan kesenangan, dan berkumpul bersama teman-temannya. Sebagai buktinya, kamu bisa lihat betapa banyaknya pengunjung yang melakukan menyewa ruang di rumah karaoke tersebut. Mereka tidak pernah mengalami masa sepi pengunjung.

Keenam, mendukung usaha lain. Rumah karaoke tidak hanya menerima jasa untuk karaoke, tetapi juga menyediakan fasilitas kafe di dalamnya. Mereka siap menerima pesanan berupa makanan dan minuman. Begitu pula pengunjung, sangat Jarang pengunjung yang tidak memesan makanan dan minuman di rumah karaoke. Sehingga keuntungan bisnis rumah karaoke menjadi berlipat gkamu.

Nah bagi kamu yang berencana meramaikan bisnis karaoke, berikut beberapa saran untukmu:

Ciptakan desain interior yang menarik. Kenyamanan selama berkaraoke di dalam ruang yang disediakan adalah sangat penting. Maka dari itu pengusaha rumah karaoke perlu memikirkan desain interior ruang karaoke yang menarik, enak dipandang, tidak membosankan dan terkesan mewah bagi pengunjung. Ini juga termasuk salah satu alasan mengapa mereka betah berlama-lama di ruang tempat berkaraoke tersebut.

Perbanyak jumlah bilik atau ruangannya. Kamu perlu menyesuaikan jumlah bilik atau kamar dengan permintaan pengunjung. Jika permintaan sewa ruang dari hari ke hari semakin meningkat, mungkin kamu perlu menambah dan menambah bilik atau kamar karaoke tersebut. Dengan demikian tidak ada pelanggan yang tersia-siakan. Sehingga keuntungan juga semakin bertambah banyak.

Pilih peralatan dan perlengkapan yang bagus. Perhatikan kualitas peralatan mulai dari tata suara hingga akustik bilik karaoke yang tersedia. Pengunjung akan nyaman bernyanyi bila alat yang digunakan bagus, suara yang enak didengar dan sebagainya. Sehingga mereka betah berlama-lama disana dan kembali berkunjung dilain waktu.

Tawarkan genre musik atau lagu yang beragam kepada pelanggan. Selera konsumen akan jenis lagu yang mereka sukai sangat bervariasi. Beberapa mereka mungkin lebih menyukai lagu-lagu lawas dari pada lagu-lagu modern masa kini. Maka dari itu, pengusaha rumah karaoke perlu memperhatikan siapa pelanggan mayoritas dan minoritas, melakukan tanya jawab, mengumpulkan data tentang lagu apa yang paling disukai pengunjung, dan sebagainya.

Lakukan promosi untuk memperkenalkan bisnismu kepada pelanggan. Kebanyakan pengunjung rumah karaoke adalah kalangan anak-anak muda, pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Kamu perlu melakukan promosi seperti menyebarkan brosur atau memasang spanduk ditempat umum, iklan di surat kabar, iklan di koran, dan sebagainya. Pilihlah cara yang paling baik dan efektif menurut kamu. Selain itu Kamu juga perlu memastikan promosi usaha tersebut sampai ke telinga pengunjung utamanya.

Dalam operasinya, harap berikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan. Kepuasan konsumen merupakan hal yang paling penting agar usaha ini menjadi sukses. Sebagai pengusaha karaoke kamu harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. Selain mereka betah berlama-lama disana, berkemungkinan juga mereka akan kembali lagi dilain waktu.

Investasi Awal Buka Usaha Rumah Karaoke

Berikut perkiraan investasi awal dan biaya operasional yang akan dikeluarkan untuk membangun dan menjalankan bisnis rumah karaoke tersebut. Selain itu, juga disajikan perkiraan jangka waktu balik modalnya.

Ingat, Ini hanyalah perkiraan kasar saja. Fakta yang akan anda temukan di lapangan mungkin sangat berbeda dengan perkiraannya. Semua perkiraan mulai dari biaya, modal, dan jangka waktu balik modal sangat relatif dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut diantaranya, Lokasi, Nilai Mata uang, Jumlah Pelanggan, dan sebagainya. Anda mungkin akan mendapatkan keuntungan lebih banyak atau lebih sedikit dari jumlah perkiraan tersebut.

Investasi Awal Buka Usaha

Renovasi Ruang Rp 40.000.000
Royalti Lagu Rp 30.000.000
Sound system, Tv, VCD/DVD, Microfon, dlln (15 bilik) Rp 250.000.000
Peredam suara, meja dan kursi, dlln Rp 90.000.000
Seragam karyawan (10 orang) Rp 1.500.000
Fasilitas AC Rp 22.000.000
Total modal awal Rp 433.500.000

Biaya Operasional per Bulan

Sewa Tempat/Bulan Rp 2.000.000
Gaji karyawan (10 orang) Rp 20.000.000
Gaji security dan kebersihan Rp 3.500.000
Biaya overheads (listrik, air, telephone, dlln) Rp 7.000.000
Promosi usaha Rp 3.000.000
Total biaya operasional/bulan Rp 35.500.000

Perkiraan Jangka Waktu Balik Modal

Perkiraan omset/bulan:

@ Rp 25.000 X 14 jam X 15 bilik X 30 hari

 

Rp 157.500.000

Laba/bulan:

Rp 157.500.000 – Rp 35.500.000

 

Rp 122.000.000

Jangka waktu balik modal (BEP):

Rp 433.500.000 : Rp 122.000.000

3,5 bulan atau

3-4 bulan

You may also like...