8 Pekerjaan Untuk Mahasiswa yang Masih Kuliah

Pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa yang sedang kuliah

Jika anda berencana untuk sekolah atau kuliah sambil kerja, syarat pertama yang harus dimiliki adalah kemampuan manajemen yang lebih.  Manajemen yang dimaksud lebih kearah manajemen waktu. Sebab, kerja bisa saja membuat sekolah atau kuliah anda menjadi berantakan.

Resiko lain yang mungkin muncul ketika sekolah atau kuliah sambil bekerja adalah kurangnya waktu untuk istirahat. Terlalu banyaknya tugas dari tempat bekerja dan tugas kuliah membuat anda harus lebih sering begadang. selain itu, anda juga mungkin akan kekurangan waktu untuk refresing dan bermain.

Jika anda telah memutuskan untuk sekolah atau kuliah sambil bekerja, disini ada beberapa rekomendasi untuk anda. Beberapa pekerjaan berikut mungkin cocok untuk anda.

Punya kemampuan menulis yang baik? Senang membaca? Senang nulis?

Jika iya, menjadi penulis lepas mungkin cocok untuk anda.  sebaiknya hobi dan kemampuan tersebut di gunakan untuk menjadi:

1. penulis konten blog

2. penulis majalah lokal

3. penulis di sekolah atau di kampus

4. penulis koran

Dari sekian banyaknya jasa tersebut, mungkin yang paling menarik adalah menjadi penulis konten blog. Banyak blog yang menawarkan pekerjaan menulis untuk mereka yang suka menulis. Bayarannya pun lumayan tinggi.

Punya kecerdasan bicara yang lebih? Senang ngomong? Cerewet? Bawel?

Jika iya, dari pada ngoceh untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak bermanfaat mending anda menjadi :

1. penyiar radio

2. jasa pembawa acara

3. sales marketing

Punya kemampuan membuat dan mengelola web atau blog? Senang di depan komputer? Sabar?

Jika iya, tidak ada salahnya anda mencoba membuat blog lalu mengelola blog atau web site. Dengan kemampuan anda tersebut, anda bisa melakukan hal berikut:

1. menawarkan jasa membuat blog atau website

2. membuat dan mengelola blog sendiri

3. bekerja di perusahaan IT disekitar tempat tinggal

Disarankan untuk membuat dan mengelola blog sendiri. Tapi, sahabat mungkin harus sabar dan disiplin dalam mengelolanya. hingga sampai blog tersebut menghasilkan uang, anda harus sabar dan tidak tergesa-gesa. Sebab, pekerjaan seperti ini butuh waktu yang cukup lama, tergantung kedisiplinan.

Suka jalan-jalan? Pecinta alam? Ada pariwisata disekitar tempat tinggal?

Jika iya, tidak ada salahnya di waktu libur atau waktu senggang menawarkan jasa kepada pengunjung. Lumayan, buat nambah-nambah uang liburan.

Selain itu, kamu juga bisa jualan makanan khas daerah di sekitar pariwisata tersebut. Sebab pengunjung barang pasti ingin membawakan oleh-oleh buat keluarga dirumah. Kamu tidak perlu membuat makanan atau minuman tersebut, cukup bekerja sama dengan produsen disana lalu kamu jual, selisihnya harga jual dan harga beli-nya adalah keuntunganmu. Lebih lanjut baca disini: Cara Membangun Makanan Khas Daerah.

Bisa bawa mobil? Tahu dan menguasai lokasi di kota dan sekitar tempat tinggal?

Jika iya, tidak ada salahnya anda menjadi :

1. sopir taksi

2. sopir angkutan umum

3. sopir mobil pribadi

4. jasa angkut barang

Jika sahabat punya mobil sendiri atau mobil orang tua, tidak ada salahnya menjadikannya sebagai penghasil uang.

Suka ngetik? Senang di depan komputer? Suka begadang?

Jika iya, sebaiknya anda mencoba beberapa pekerjaan berikut.

1. jasa pengetikan

2. jasa buat tugas sekolah atau kuliah

Jaman sekarang banyak sekali siswa/i dan mahasiswa/i yang pemalas mengerjakan tugas. Nah ini bisa dijadikan peluang untuk mendapat uang. Sahabat bisa menawarkan jasa membuat tugas dan jasa pengetikan kepada mereka.

Senang begadang? Betah didepan komputer? Betah duduk lama di kursi? Bisa ngitung uang? punya sedikit kemampuan mengoperasikan komputer?

Jika iya, ini juga merupakan kemampuan yang lebih yang layak juga untuk dimanfaatkan. anda bisa mencoba beberapa jenis pekerjaan berikut:

1. (karyawan) toko

2. (karyawan) warnet

3. (karyawan) minimarket

Pekerjaan seperti diatas juga sangat dibutuhkan saat sekarang. Banyak pemiliki toko, minimarket, warnet yang membutuhkan karyawan untuk mengawasi dan mengelola usaha mereka. Upahnya pun lumayan besar bagi seorang pelajar.

Senang jualan? Punya kemampuan berkomunikasi yang baik? Bisa bikin makanan atau produk kecil-kecilan lainnya?

Jika iya, pekerjaan berikut layak untuk anda coba.

1. jualan makanan (ringan) di sekolah atau di kampus

2. reseller produk orang lain, misalnya jualan kaos, pakaian, atau lainnya

Jika sahabat mempunyai keahlian membuat produk tertentu,  seperti makanan misalnya gorengan, roti, atau lainnya, tidak ada salahnya untuk membuatnya lalu menjualnya. Sahabat bisa menitipkannya ke toko-toko, warung, kedai, atau jualan sendiri.

Namun jika anda tidak mempunyai kemampuan tersebut, anda bisa menjual produk orang lain. pandai-pandailah dalam bernegosiasi dengan produsen, biar pendapatan sahabat jadi besar. Ingat, jika anda ingin sekolah atau kuliah sambil kerja, anda juga harus mempertimbangankan faktor waktu. Jangan sampai akibat kerja, sekolah dan kuliahnya ketinggalan. Yang utama adalah sekolah atau kuliah, bekerja hanyalah sambilan. Jangan terbalik.

You may also like...