Sebagian dari pengguna smartphone terutama android, kurang puas dengan aplikasi kamera bawaan pabrik dengan fitur-fitur yang seadanya tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mereka melakukan instalasi aplikasi kamera dari pihak ketiga.

Mungkin benar jika fitur kamera itu masih kurang lengkap, terutama efek dan play editor. Biasanya ini dialami oleh pengguna smartphone kelas menengah ke bawah.

Jika sahabat memutuskan untuk menginstal aplikasi kamera dari pihak ketiga, disini ada beberapa rekomendasi. Aplikasi tersebut ada yang free (gratis) dan ada yang Premium (berbayar). Disini akan dibahas aplikasi kamera yang free (gratis) untuk android tersebut.

Aplikasi Kamera Gratis Smartphone Android

1. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi kamera gratis yang populer dikalangan pengguna android. Dengan fitur efek dan editor yang cukup lengkap, akan membantu sahabat untuk mendapatkan hasil jepretan yang berkualitas.
Keunggulannya, jika sahabat menyukai hasil yang lebih artistik, aplikasi ini dapat menjadi pilihannya. Untuk kelas kamera pocket ini sudah bagus.
Aplikasi ini layak dicoba untuk mengabadikan moment disekitar dan yang dialami sendiri.
Aplikasi Kamera Gratis Smartphone Android

2. Camera 360

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi gratis yang satu ini. Didalamnya terdapat berbagai fitur yang cukup lengkap untuk membantu sahabat mendapatkan hasil foto yang lebih baik.
Disana terdapat berbagai fitur efek yang menarik untuk digunakan.
Jika kebanyakan aplikasi gratis lainnya, terdapat iklan, camera360 tidak. Sahabat tidak akan menemukan iklan banner didalamnya.
Aplikasi Kamera Gratis Smartphone Android

3. Retrica

Retrica merupakan aplikasi kamera gratis yang berkualitas yang sepertinya juga layak untuk dicoba.
Sama seperti aplikasi kamera lain, retrica menyediakan fitur efek dan editor yang cukup lengkap untuk menunjang hasil jepretan.
Salah keunggulan yang ditonjolkan dari aplikasi ini adalah fitur filter gambar yang disedikannya.
Aplikasi Kamera Gratis Smartphone Android

4. BeautyPlus

Khusus bagi yang suka selfie, aplikasi ini mungkin cocok buat sahabat. terutama cewe, aplikasi ini akan membantu sahabat untuk mendapat hasil dengan efek yang bermacam. Misalnya, ingin terlihat lebih manis, lebih cantik, lebih putih dan sebagainya.
Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang akan membantu sahabat mendapatkan hasil selfie yang lebih baik dari kamera standar. Penggunaan aplikasi ini pun tidak terlalu rumit dan tampilannya pun sederhana.
Aplikasi Kamera Gratis Smartphone Android

5. B612 (line corporation)

Selain BeautyPlus, B612 merupakan aplikasi untuk selfie yang sederhana yang layak juga untuk dicoba. Didalam aplikasi tersebut terdapat 78 filter bervariasi untuk digunakan.
Aplikasi ini diciptakan khusus sahabat yang suka selfie-selfie bareng teman-teman. Kinerja aplikasi ini pun cepat dan ringan.
Pada dasarnya, aplikasi kamera dari pihak ketiga ini rata-rata hampir sama. Paling berbeda dari beberapa bagian saja.
Kelebihannya dari aplikasi bawaan pabrik hanyalah dari sisi fitur efek dan editor yang disediakan. Untuk hasil tetap sama saja. Sebab hasil yang baik tergantung pada ukuran kamera ponsel tersebut.
Jadi, jika sahabat membutuhkan fitur efek dan editor yang lebih lengkap, silahkan instal aplikasi dari pihak ketiga ini. Jika tidak, sebaiknya cukup menggunakan aplikasi bawaan saja.