Banyak pengguna yang mengatakan android sangat rentan terserang virus. Mungkin penyebabnya, karena kurangnya pengawasan terhadap aplikasi di play store atau mungkin hal lainnya.

Maka dengan demikian, hendaknya pengguna android lebih berhati-hati dalam instalasi aplikasi. Disarankan kepada anda untuk memperhatikan beberapa berikut:

1. perhatikan Ratting aplikasi

Hendak anda lebih memperhatikan ratting, jumlah pemakai, dan review dari pengguna lain tentang aplikasi tersebut. Installah aplikasi yang punya ratting yang bagus dari penggunanya.
Bahkan terkadang, aplikasi berbayar pun belum mampu memberi jaminan kemanan pada aplikasi itu sendiri.

2. hindari instal aplikasi di black market

Kebanyakan aplikasi black market menawarkan banyak aplikasi bajakan dengan fitur yang banyak pula yang seharusnya berbayar.
Kebanyakan aplikasi tersebut diselipi dengan virus didalamnya. Bahkan mungkin juga virus yang diselipi tersebut tidak dapat terbaca oleh antivirus yang sahabat gunakan.

3. install antivirus

Lebih baik berjaga-jaga dari pada file dan aplikasi sahabat terserang virus atau harus install ulang perangkat berkali-kali.  Langkah pertama, hendaknya menginstal antivirus , walau versi gratis, tidak masalah.

4. mengatur  adiministrator perangkat di pengaturan

Langkah-langkah yang harus dilakukan, masuk ke pengaturan, lalu pilih pengaman, dan cari pilihan menu administrator perangkat. Lalu centang/silang bagian jangan izinkan instalasi aplikasi dari sumber selain play store.
Terkadang ada beberapa aplikasi perusak yang dapat terinstal secara otomatis ketika sahabat berkunjung kesuatu situs ketika sedang browsing di internet.

5. perhatikan sumber aplikasi

Hal ini juga penting untuk diperhatikan. Biasanya, mereka yang sudah memiliki brand yang terkenal tidak akan pernah mengecewakan pelanggan dan tidak akan berlaku aneh-aneh. Berhati-hatilah terhadap instalasi aplikasi dari sumber yang tidak terkenal.

6. lihat dan pertimbangkan ulasan aplikasi

Setiap aplikasi di play store memberikan ulasan tentang aplikasi tersebut.
Ada baiknya, kita terlebih dahulu membacanya lalu mempertimbangkannya. Cobalah untuk mengukur kemungkinan tentang keunggulan yang ditawarkan aplikasi tersebut.

7. bacalah sekilas review dari pengguna lain di media lain

Pengalaman-pengalaman mereka akan dapat memberikan sahabat gambaran kebenaran tentang aplikasi tersebut. Jelas, ini akan sangat membantu sekali.