[rekomendasi] 43 Lagu Reggae Indonesia!, Terbaik Sepanjang Masa!

Duduk santai, ditemani secangkir kopi hitam sambil mendengarkan musik reggae, Uuuh, Xialan, dunia serasa milik berdua. eh, sama siapa ya?. Engga, ini serius, disaat kamu lagi menikmati waktu sendirimu, pagi hari contohnya atau sore hari, alunan musik reggae bisa kamu tambahkan untuk mengisi kekosongan yang ada.

Secara, memang musik reggae memiliki kesan yang bersemangat alias engga lembek, ceria alis engga membosankan, terus terang alias engga plin-plan, jujur alias engga bermuka dua, apa adanya alias engga berpura-pura, jual karya alias engga jual tub*h, tetapi tetap santai dan tidak berisik. Itulah reggae, penikmat musik reggae pasti tahu dengan semua itu. Bagimu yang belum mengerti yang mereka maksud, karya-karya ini bisa membuatmu mengerti. Karena daftar ini bukan tangga lagu, mari kita bulatkan saja berdasarkan abjad.

Alphablopho | Awali Dengan Bismillah Akhiri Dengan Alhamdulillah

Alphablopho | Awali Dengan Bismillah Akhiri Dengan Alhamdulillah

Alphablopho via twitter.com/alphablopho

Awali dengan Bismillah akhiri dengan Alhamdulillah. Alphablopho dalam Reverbnation, mengungkapkan nama Alphablopho terdiri dari dua suku kata, Alpha diambil dari seorang bocah Gimbal yang berasal dari daratan tinggi Dieng, Wonosobo & Banjar Negara, Jawa Tengah, Indonesia. Sementara, Blopho berasal dari seorang musisi reggae bernama Alphablondy yang berasal dari Pantai Gading, Lahir di Seydou Kone di Dimbokro. Seorang musisi sangat kritis terhadap ketidakadilan, perbedaan ras, suku ataupun Agama. Kemudian kata “Pho” sebagai pewarna dan pemanis dari sebuah nama yang sehingga menjadi Alphablopho.

Alphablopho dipengaruhi oleh beberapa musisi reggae diantaranya, Bob Marley, Alphablondy, Tony Q, Mbah Surip, dlln. Kemudian aliran musik mereka juga dipengaruhi oleh musik bossa, jazz, country, dan blues, yang memunculkan ciri khas tersendiri dari Alphablopho. Mungkin kamu perlu mendengar beberapa karya, agar lebih menyimpulkan sendiri apa ciri khas yang mereka maksud.

Alphablopho | Bengawan Solo

Alphablopho | Bengawan Solo

Alphablopho via facebook.com/alphablopho

‘Bengawan solo’ merupakan lagu karya Gesang pada tahun 1940, yang menceritakan tentang aliran Sungai Bengawan Solo. Selain terkenal di Indonesia, lagu ini juga terkenal di seluruh Asia semenjak diperkenalkan oleh para tentara Jepang. Sejak saat itu, Bengawan Solo menjadi lagu favorit di Jepang yang dinyanyikan oleh banyak musisi Jepang.

‘Bengawan solo’ bahkan telah banyak diaransment oleh beberapa musisi nasional dengan gaya yang berbeda-beda. Termasuk Alphablopho, yang juga mencoba membawakan lagu ini dengan gaya khas mereka sendiri. Di kalangan penikmat musik reggae, lagu ini termasuk yang populer hingga saat ini.

Alphablopho | Hijau Kotaku

Alphablopho | Hijau Kotaku

Alphablopho via instagram.com/alphablopho_official

Sebuah lagu yang bertemakan kota yang asri tanpa asap dan polusi. Adalah salah satu lagu reggae favorit yang perlu kamu tambahkan dalam list-mu. Alphablopho dalam lagu ini berkata, “Yang ku lihat sungai sungai penuh sampah.. Yang ku lihat hutan hutan pun terbakar.. Yang ku lihat sawah ladang kini gersang. Yang ku lihat ikan karang kini hilang“. Penasaran ya dengan lagu ini?. Dengarkan sendiri nanti.

Alphablopho | Sunrise

Alphablopho | Sunrise

Alphablopho via twitter.com/alphablopho

Alphablopho ingin berbagi denganmu tentang keindahan Sunrise melalui lagu ini. Kamu mungkin harus mendengarkan cerita mereka. “Indah panorama sunrise, alam beri pesona bagi yang melihatnya, sunrise, alam kehidupan terang diiringi kicau burung kokok ayam bertebangan, sunrise“.

Braves Boy | Cinta Itu Asuu

Braves Boy | Cinta Itu Asuu

Braves Boy

Bravesboy adalah grup musik dari Yogyakarta Indonesia yang menganut aliran SKA Reggae. Mereka adalah salah satu grup musik yang cukup populer di kalangan masyarakat, terutama di Yogyakarta. Rekomendasi untuk kamu, Cinta Itu Asuu, lagu yang paling fenomenal dan favorit dari album lainnya. “Sudah jalani saja nggak usah pake lebay, Kalo cinta ya sudahlah cinta saja, Sakit hati pun kan datang, pasti akan terasa”.

Braves Boy | Seperti Jogjakarta

Braves Boy | Seperti Jogjakarta

BravesBoy

Ini adalah lagu favorit kedua dari grup musik ini. Dalam lagu ini, Braves Boy mengatakan, kalau kamu itu cantik seperti Yogyakarta. Mengapa seperti Yogyakarta?. Mungkin karena Jogja adalah tempat yang indah, orangnya ramah-ramah, pemandangan yang menganggumkan, banyak peninggalan sejarah, terlebih lagi namanya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sebagainya. “Tiada sedikitpun rasa bosan, biarkan orang berkata beda kau tetap istimewa, kamu yang cantik yang istimewa seperti jogjakarta”.

Burgertime | Cinta Palsu

Burgertime | Cinta Palsu

Burgertime

Masih dari Yogyakarta, BurgerTime juga merupakan salah grup musik yang mengusung aliran Reggae, termasuk yang populer di kalangan masyarakat Yogyakarta. Diantara lagu-lagu mereka yang lain, Cinta Palsu adalah yang paling diminati. “Bila curiga telah dihati, Rasa percaya pun kan mati, Karena mungkin rasa telah terbagi. Mungkin telah coba engkau berikan, Seperti apa yang dia inginkan, Sampai menipu diri dan hati, Kamu sendiri.”

Coffee Reggae Stone | Kuingin

Coffee Reggae Stone | Kuingin

Coffee Reggae Stone

Coffee Reggae Stone adalah grup musik yang berasal dari Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, yang mengusung aliran Reggae. Mereka sudah berlayar sejak 29 Mei 2000 silam. Mereka mencoba memadukan reggae dengan gaya khas Indonesia kedalam musiknya, sehingga terbentuk musik reggae ala Indonesia sendiri, terlepas dari pengaruh Bob Marley, 311,Peter Tosh dan Alpha Blondy. Setiap lagu-lagu yang mereka ciptakan adalah murni dari personil Band ini. Nah, karena itu anda perlu mendengarkan lagu mereka. rekomendasinya adalah lagu yang paling populer ini. “Gadis kecil menari Terus menari dan menari, Ikuti nada dan irama hati, ‘Tuk hilangkan keraguan hati”.

Coffee Reggae Stone | Pasir Putih

Coffee Reggae Stone | Pasir Putih

Coffee Reggae Stone

Lirik lagunya Coffee Reggae Stone kebanyakan bertema issue sosial, keceriaan, cinta dan kehidupan masyarakat sehari-hari. Sampai saat ini mereka berhasil menarik animo para penikmat musik yang menginginkan Reggae yang berbeda, Reggae bukan hanya rambut gimbal, ganja dan merah kuning hijau. Ini adalah lagu favorit kedua dari Band ini. “Selamat pagi, di tepi pantai aku kan menyapa, Sambut mentari, di pasir putih aku berdiri.”

Cozy Republic | Aku Masih Punya Cinta

Cozy Republic | Aku Masih Punya Cinta

Cozy Republic

Cozy Republic adalah grup musik yang terbentuk sejak tahun 2016 silam. Mereka mengusung genre musik Reggae, Pop, Jazz, Funk, Blues, dan juga Rock. Perpaduan berbagai genre tersebut, melahirkan karya-karya bernuansa khas Cozy Republic sendiri. Seperti lagu andalan mereka yang satu ini, Aku Masih Punya Cinta, yang cukup populer di kalangan remaja. “Masihkah kau cinta padaku, Walau ku orang yang tak punya, Kini ku hanya punya cinta, Ku berikan untukmu semua.”

Cozy Republic | Hitam Putih

Cozy Republic | Hitam Putih

Cozy Republic

Sebuah lagu yang bertema kesombongan, ketika seorang pria memiliki dua perempuan yang cinta dan manja. “Yang hitam, pacarku yang pertama, Dia cantik dan kaya, Yang putih, pacarku yang kedua, Juga cantik dan kaya. Daripada bingung memikirkannyaAku pacari saja dua duanya”.

Cozy Republic | Jodoh Tak Lari Kemana

Cozy Republic | Jodoh Tak Lari Kemana

Cozy Republic

Masih bersama Cozy Republic, Jodoh Tak Lari Kemana, juga termasuk salah satu andalan grup musik ini. Pada masanya, lagu ini adalah yang favorit, selain karena perpaduan suara dengan musik yang santai, juga karena liriknya yang juga bagus. “kamu harus percaya, Kalau jodoh tak lari ke mana.”

D’Blow | Kurang Santai

D’Blow | Kurang Santai

D’Blow

Grup musik reggae berikutnya, D’Blow, yang juga telah mengeluarkan beberapa hits single seperti lagu yang satu ini, kurang santai. “Mungkin hanya kurang santai, seperti ada dipantai, nyanyikan lagu santai, mari berjoget gaya pantai, jangan terlalu maksain diri”. Selain itu, lagu-lagu seperti Tarian Reggae, Ga Feeling, Sunrise, Pelangi Di Jiwa, dan Tarian Reggae, juga cukup populer di kalangan pencinta musik reggae nasional.

D’Jmbe Lombok Island | Ga Pintar Reggae

D’Jmbe Lombok Island | Ga Pintar Reggae

D’Jmbe Lombok Island

Adalah grup musik Lombok yang mengusung aliran Reggae. Rekomendasi pertama adalah lagu yang bertitle Ga Pintar Reggae. Bisa dibilang paling populer dari lagu mereka yang lain. “Goyangkan badan eh ke kiri kekanan, Goyang reggae ala rastaman”.

D’Jmbe Lombok Island | Vespa Never Die

D’Jmbe Lombok Island | Vespa Never Die

D’Jmbe Lombok Island

Lagu kedua dari D’Jmbe Lombok Island yang juga populer yaitu Vespa Never Die. Nah bagi kamu yang suka vespa, lagu ini cocok untuk mengungkapkan perasaan itu. “Kau sahabat sejati, Menemani setiap langkahku, Menemani suka duka ku, Banyak cerita tlah tercipta, I love u vespa.”

Day Afternoon | Keroncong Perpisahan

Day Afternoon | Keroncong Perpisahan

Day Afternoon

Sebuah gurp musik reggae yang terbentuk di Jakarta pada 13 September 2006. Musik mereka dipengaruhi oleh musisi ternama seperti, Koes Plus, Tony Q Rastafara, Warkop DKI, The Rollies, Bob Marley dan The Wailers, Alpha Blondy, Doreen Shafer, The Skatalities, Jimi Hendrix, Eric Clapton, Billie Holiday, Louis Armstrong dan lainnya. Dengan adanya perpaduan antara jazz, blues, ska, pop, hingga keroncong membuat musik Day Afternoon sedikit berbeda dengan reggae kebanyakan. Keroncong Perpisahan adalah yang pertama direkomendasikan untuk kamu dengar. “Tiada tangis dan derita tapi tertawa bahagia, Karena pada akhirnya kita hidup bersama”.

Day Afternoon | Hari Setelah Senja

Day Afternoon | Hari Setelah Senja

Day Afternoon

Lagu kedua dari Day Afternoon yang paling populer adalah hari setelah senja. “Berbagi Cerita biar gak gila, Berbagi rasta biar tertawa”.

Day Afternoon | Sendiri

Day Afternoon | Sendiri

Day Afternoon

Yang ketiga adalah sendiri, “Temaram lampu kota temani langkah, Mencari yang tlah pergi, Jejak sajak tak mampu lagi ku temui, Tiada lagi yang berarti, Sendiri.”

Dhyo Haw | Ada Aku Disini

Dhyo Haw | Ada Aku Disini

Dhyo Haw

Nama lahir dari Dhyo Haw adalah Dhyo Haw, yang aktif sebagai penyanyi reggae sejak tahun 2012. Karirnya melenjit sejak membawakan lagu “Ada Aku Disini” yang terangkum dalam album “”Always Positive” pada tahun 2013. Setelah album tersebut, ia juga kemudian mengeluarkan 2 album lagi pada tahun 2015 dan tahun 2016 yang bertitle Ada aku disini. “Bukalah matamu selebar dunia ini dan rasakan banyak orang yang perduli, jangan ingat lagi, jangan kau sesali, ada aku disini”.

Dhyo Haw | Cantik Tapi Tak Menarik

Dhyo Haw | Cantik Tapi Tak Menarik

Dhyo Haw

Lagu kedua “Harus ku akui kau memang cantik seperti bidadari yaang turun dari langit. Pancaran matamu Menusuk hatiku, tapi sayang kelakuanmu menutup semua itu.”

Dhyo Haw | Cepu

Dhyo Haw | Cepu

Dhyo Haw

Dipikir-pikir gue sama elo gak pernah sedikit ada urusan gak pernah bikin loe sakit hati.” “ku tak menyangka kalau loe seburuk itu tak terlintas dalam benak gue tuk berpikir kalo loe seorang cepu.

Dhyo Haw | Gue Apa Adanya

Dhyo Haw | Dhyo Haw Gue Apa Adanya

Dhyo Haw

Gue ini berkarya, bukan cuma mau buang waktu saja, ini juga pekerjaan namanya .menghibur orang besar pahalanya.”

Dhyo Haw | Kecewa

Dhyo Haw | Kecewa

Dhyo Haw

Biarkan angin berhembus kencang dan tuangkan semua amarahku. berikan pertanda dan sampai kan padanya kekecewaanku atas semua perlakuanmu.”

Dhyo Haw | Lebih Baik Kau Diam

Dhyo Haw | Lebih Baik Kau Diam

Dhyo Haw

Kau bertindak seenak saja, tak berpikir gimana kau jadi aku. kau sebarkan berita yang tidak penting sama sekali tentangku.”

Dhyo Haw | Tetap Tersenyum Kawan

Dhyo Haw | Tetap Tersenyum Kawan

Dhyo Haw

Hidup ini adalah pilihan yang harus kamu pilih yang terbaik tuk jalanmu sendiri. Sekarang yg kau memilih jalanmu sendiri jadi kini kau yg harus jalani.”

Dhyo Haw & Republik 21 | I Love You So Much

Dhyo Haw & Republik 21 | I Love You So Much

Dhyo Haw

Sebuah lagu kolaborasi Dhyo Haw dan Republik 21, yang menjadi salah satu lagu favorit orang yang lagi jatuh cinta. “Ku ingin sekali mengucapkan sesuatu. Sesuatu yang dapat mengubah hidupku ini. Aku tak bisa bila hidup tanpamu.”

Gangstarasta | Reggae Disco

Buat kamu yang lagi nyari lagu reggae yang enak buat joget, ya salah satunya ini, reggae disco. Dengan musik yang begitu ngebit tetapi tetap santai dan tidak berisik, mungkin kamu akan suka. “Bersiap untuk lepas landas, ini musik yang tak kenal batas. Semua ikut rasakan, mari kita rayakan reggae music, hitting one more time.”

Gangstarasta | Kebebasan

Teriakan perdamaian dalam jiwamu teman dan tebarkan rasa cinta kepada semua insan. Bebas untuk memilih mana yang pantas dipilih. Menurut mereka benar belum tentu benar adanya. Setiap manusia pasti ingin merdeka. Punya banyak cinta, lalu bahagia selamanya.”

Gangstarasta | Seharusnya

Terlalu indah tuk di lupakan seakan tak terbendung kala bahagia. Bila masih ada cinta dapatkah kita kembali bersama .” “Seharusnya kita bisa saling dewasa menghadapinya. Duduk bersama menghargai perbedaan.”

Glenn Fredly & Ras Muhammad | Kugadaikan Cintaku

Tetapi mimpi apa aku semalam, kulihat engkau duduk berdua. Bercanda mesra dengan seorang pria, kau cubit kau peluk kau cium”. “Di radio aku dengar lagu kesayangan mu Kututupi telingaku dengan dua tanganku biarlah cepat berlalu dan kugadaikan cintaku.”

Imanez | Anak Pantai

Aku rebah di atas pasir memandang gadis-gadis cantik kulitnya merah terbakar. Gairahku memuncak waktu kan tiba kuambil gitar teriakkan isi hati. Mengundang orang-orang di sekitarku berbagi rasa bersama.”

Joni Agung | Mentari Pagi

Biru lautmu putihnya pasirnya. Nyanyian jiwa tersenyum ramah. Mentari pagi menyambutku, nikmati hari bersama kicauan burung dan indahnya nyiur melambai.”

Momonon | Kopi Hitam Kupu Kupu

Dan langkahku semakin ringan untuk berjalan. Selalu berpikir untuk maju kedepan. Tak lelah mesti tersesatkan. Semakin kencang karena ada dorongan.”

Monkey Boots | Tunggulah Tunggu

Lambaian tangan terakhirmu buatku kan selalu merindu, terbayang selalu akan wajahmu. Ku kan datang hanya untukmu. Tatapan matamu yang sendu seakan menembus langsung ke hatiku. Ku kan datang tuk menjemputmu karena kau memang tercipta untukku.”

Pas Band | Pantai Abis

Berlari telanjang kaki, laut biru tersenyum belaian riuh menepi, terbaring di pasir putih amati langit ini, kepak camar melambai.”

Peron Satoe | Berikan Aku Waktu

Namun sebelum kau ungkapkan semua, ku ingin kau mengerti berikan aku waktu untuk mengatakan betapa ku bahagia miliki dirimu. Tapi bila kau rasa adanya di hati, penuh dengan pebedaan, takkan ku salahkan. Baiknya kau katakan apa yang kau inginkan, tentang kita.”

Peron Satoe | Scooter Mania

Jaket levis dekil dan kumel, sepasang sarung tangan kusam. Walaupun kotor dan berkarat Vespaku tetap yang terhebat.”

Sejedewe | Cinta Di Pantai Bali

Cinta di pantai bali, kenangan indah yang telah terjadi. Cinta di pantai bali, membuatku ingin kesana lagi.”

Souljah | Bersamamu

Di setiap sudut kota kutemukan dirimu ada dan melambaikan tangan, menghantar kehangatan ke dalam hatimu, sayang. Kucoba tuk berikan sejuta kenyamanan dan tetaplah ada”.

Souljah | Lelaki Itu

Malam yang gelap, dirimu tak berucap, terbaring, tutup matamu erat terlelap seiring nada alunkan kesepian, dirimu terbang hilang menjelang keabadian.”

Souljah | Tak Selalu

Sesaat kau memberikan harapan, yang terjadi kau pergi dan tinggalkan. Semua yang ada di dalam hatiku menghilang dan kini semua tlah runtuh.

Steven And Coconut Treez | Bebas Merdeka

Banyak yang bertanya aku ini mau jadi apa?. Nggak kuliah juga nggak kerja, tapi kujawab inilah aku apa adanya. Tapi jangan kira aku gak berbuat apa-apa, aku berkarya dengan yang ku bisa dan yang penting aku bahagia. Yang penting aku gak nipu, gak bikin susah kalian, yang penting gak terlibat 3 7 8.”

Steven And Coconut Treez | Lagu Santai

Cinta yang sebenarnya indah sekali. Kadang menipu dan bikin sakit hati. Tapi lihatlah burung tetap bernyanyi. Terlalu indah untuk ditangisi. Cantik, mengejar sesuatu yang belum pasti. Kadang kau gagal lalu frustasi. Tapi hidup yang indah cuma sekali, terlalu singkat untuk ditangisi.”

Steven And Coconut Treez | Welcome To My Paradise

Welcome to my paradise, where the sky so blue, where the sunshine so bright. Welcome to my paradise, where you can be free, where the parties never ending.”

Sunset | And I Hope

Mungkin sekarang kau telah melupakanku dan mungkin sekarang kau bahagia disana. But here I miss you and I hope you came back again.”

Sunset | Janji

Gak usah banyak bicara kalau gak ada hasilnya. Gak perlu kebanyakan janji, percuma kalau gak ada bukti. Sekian lama kami berharap bukti dari semua janjimu, tapi apa yang ku dapatkan Hanya kecewa dan sakit hati.”

Sunset | Pacarku Yang Cantik

Kuragu untuk ungkapkannya aku hanyalah orang yang tak punya. Hanya sebuah cinta yang kupunya yang kuberikan tulus hanya untukmu.”

Tony Q Rastafara | Don’t Worry

Jalani semua dengan apa adanya. Biarlah waktu bicara bawa takdirnya. Yo kita lapangkan dada, Don’t worry . Buatlah hidup ini seindah mungkin. Gak perlu disesali, bikin saja happy, mengalir nikmati, jangan beban di hati. Yo kita nyanyi bersama.”

What do you think?

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*