Apa itu LDR?, Berikut Penjelasan & Tips Buat yang Lagi LDR-an


LDR adalah singkatan kalimat yang berasal dari bahasa inggris “Long-distance Relationship”, bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti “hubungan jarak jauh”, adalah hubungan antar individu, kelompok atau organisasi yang secara geografis terpisah oleh jarak dan waktu antara satu sama lain. Mitra LDR tersebut terpaksa harus menghadapi pemisahan karena alasan tertentu.

Nama lain dari LDR adalah “Long-distance Romantic Relationship”, disingkat LDRR, dalam bahasa indonesia berarti “hubungan romantis jarak jauh”, adalah hubungan intim antar mitra yang secara geografis terisolasi atau terpisah oleh jarak dan waktu antara satu dengan yang lainnya. LDRR lebih mengarah kepada laki-laki dengan perempuan yang sedang menjalani hubungan kasih atau sepasang kekasih yang telah menikah.

Penyebab umum terjadinya LDR antara lain:

1. Kepentingan pendidikan

Salah satu mitra LDR tersebut sedang menemuh sebuah jenjang pendidikan di lokasi yang berbeda dengan mitra yang lain. Hal ini memaksa mereka untuk berpisah dalam kurun waktu tertentu hingga mitra LDR tersebut berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan tersebut. Pada mitra LDR yang sedang menjalani hubungan kasih tanpa status dan ikatan pasti cenderung berakhir pada perpisahan. Hal ini sering terjadi pada golongan golongan remaja yang memang masih labil dalam hubungan.

2. Pekerjaan atau karir

Tuntutan pekerjaan atau karir memberi kepastian kepada mitra LDR untuk berpisah dalam kurun waktu tertentu. Hal ini sering terjadi pada mitra LDR yang menjalani hubungan dengan ikatan pasti “pernikahan”. Jarang terjadi perpisahan yang disebab oleh hal ini, karena memang mereka cenderung lebih dewasa dalam menghadapi permasalahan dan terikat pada hubungan yang pasti.

3. Pengaruh pihak ketiga

Pihak ketiga yang dimaksud adalah pihak diluar hubungan tersebut, misalnya hubungan suami-istri, maka pihak ketiganya adalah keluarga, kerabat, atau teman dekat. Pihak ketiga, secara sadar atau tidak sadar membuat mitra LDR tersebut berpisah karena alasan tertentu yang cenderung tidak setuju dengan hubungan tersebut.

Dampak positif LDR

1. Belajar menjadi lebih dewasa

LDR mengharuskan mitra untuk memiliki sifat sabar, belajar untuk saling percaya, belajar untuk setia, belajar menjaga kepercayaan, belajar untuk saling mengerti, belajar untuk ikhlas, belajar untuk menerima keadaan, dlln. Hal ini berlaku bagi mereka yang cenderung berpikir positif pada pasangannya, sehingga LDR memberi dampak positif terhadap proses pendewasaan diri.

2. Meningkatkan rasa kasih sayang

LDR dipercaya mampu meningkatkan rasa kasih sayang sehingga semakin kuat antar mitra LDR tersebut. Alasan pasti terjadinya hal ini adalah rasa rindu antar mitra yang telah lama tidak bertemu.

Dampak negatif LDR

1. Tali silaturrahmi terputus

biasanya, hubungan silaturahmi itu terputus bukan karena kemauan mereka melainkan karena alasan tertentu yang menyebabkan mereka harus melakukannya. Misalnya, ketika mitra LDR tersebut telah memiliki kesibukan tersendiri di tempat masing-masing, silaturahmi semakin lama semakin hilang, bahkan cenderung kehilangan kontak. Namun jika mereka bertemu kembali, hubungan itu akan kembali terjalin seperti sediakala dan kemungkinan menjadi lebih erat.

2. Perpisahan yang serius

Perpisahan yang serius dalam hal ini adalah perpisahan yang hanya memiliki sedikit kemungkinan untuk kembali menjalin hubungan tersebut. Kesalahpahaman yang berakhir pada pertengkaran seringkali menjadi penyebab perpisahan yang serius pada mitra LDR. Ini sering terjadi pada kalangan remaja yang masih belajar untuk dewasa dalam menjalankan hubungan. Contoh lain terjadi pada kalangan selebritis, acapkali bercerai dengan pasangannya.

Sekedar Tips untuk Menjaga Hubungan LDR

1. Bijaksana Dalam Menjalin Hubungan

Setiap orang memang perlu menjadi bijaksana dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam menjalin hubungan, mitra LDR harus selalu menggunakan akal pikiran, pengalaman dan pengetahuannya dalam mempertahankan hubungan. Dalam hal ini, mitra LDR diharapkan lebih profresional dalam hubungannya, tidak mengait-ngaitkan masalah, tidak mengungkit kesalahan dan segala sesuatu yang bersifat kekanak-kanakan.

2. Menjaga Kepercayaan

Kepercayaan adalah sesuatu yang mahal dan sulit didapatkan. Apabila telah mendapatkan kepercayaan seseorang, maka kamu perlu menjaga kepercayaan itu, walau apapun terjadi. Jika kamu merasa tidak sanggup untuk menjaga maka janganlah berjanji. Sebab janji adalah awal terbentuknya kepercayaan tersebut, sekaligus salah satu penyebab perpisahan.

3. Tetap Menjalin Komunikasi

Teknologi komunikasi bisa digunakan untuk menjalin komunikasi dengan pasangan. Lakukan komunikasi pada waktu tertentu secara terus menerus, namun tidak berlebihan atau cenderung membosankan.

4. Lebih Terbuka

Artinya, katakan apa yang sebenarnya terjadi, meskipun cenderung menyakiti orang lain. Sebab, kebohongan akan mengurangi rasa percaya orang lain terhadapmu.


Mungkin Anda juga menyukai

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*